Sukses

14-1-1690: Alat Musik Klarinet Pertama Kali Ditemukan

Pada 14 Januari 1960, yakni tepat 60 tahun yang lalu, klarinet ditemukan di Nuremberg. Klarinet ditemukan oleh Johann Christoph Denner.

Liputan6.com, Jerman - Klarinet adalah alat musik dalam keluarga woodwind—alat musik di mana suara diproduksi dengan meniup melalui corong, dan di mana pitch bervariasi dengan membuka atau menutup lubang di tubuh alat musik. Seseorang yang memainkan klarinet disebut klarinetis.

Dilansir Kids Encyclopedia, pada 14 Januari 1960, yakni tepat 60 tahun yang lalu, klarinet ditemukan di Nuremberg. Klarinet ditemukan oleh Johann Christoph Denner.

Klarinet mulai hidup sebagai instrumen kecil yang disebut chalumeau. Tidak banyak yang mengetahui alat music satu ini. Chalumeau sama-sama terbuat dari bambu berkayu dan menghasilkan suara yang sama seperti klarinet.

Klarinet sama-sama memiliki delapan lubang jari, dan biasanya memiliki satu atau dua kunci untuk catatan tambahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Penemuan

Awalnya, alat musik klarinet hidup sebagai chalumeau pada awal diciptakan pada 14 Januari 1690.

Kemudian, pada sekitar 1700, salah satu pemusik asal Jerman bernama Johann Christoph Denner,  menambahkan kunci baru ke alat musik chalumeau dan menghasilkan klarinet pertama di dunia.

Instrumen ini dimainkan dengan baik dengan nada nyaring yang keras, sehingga diberi nama “terompet kecil” atau klarinet.

Klarinet awalnya tidak mampu bermain dengan baik di nada yang lebih rendah, sehingga chalumeau terus dibuat untuk memainkan not rendah dan not ini dikenal sebagai ‘register chalumeau’.

Ketika klarinet membaik, chalumeau mulai tidak digunakan.

3 dari 3 halaman

Tentang Klarinet

Klarinet adalah bagian dari orkestra normal. Mereka umum dimainkan dalam music jazz dan wind.

Klarinet biasanya bernada di kunci B flat atau A, meski ada klarinet harmoni lain yang bermain di kunci C, Eb, D, dan Ab.

Selain itu, ada juga instrumen yang dikenal sebagai basset horns di F, klarinet bass bernada satu oktaf di bawah Bb soprano, klarinet Alto di Eb, klarinet contra-alto di EEb (satu oktaf di bawah klarinet alto), dan klarinet contrabass besar di BBb (satu oktaf di bawah klarinet bass).

Beberapa pemain klarinet yang cukup terkenal pada masanya yakni, Benny Goodman, Pete Fountain, dan Larry Combs.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.