Sukses

Suhu Udara Dingin Bantu Kendalikan Kebakaran Hutan di Australia

Suhu dingin yang saat ini dirasakan oleh Australia ternyata dapat membantu mengendalikan kebakaran hutan hebat yang terjadi di sana.

Liputan6.com, Bodalla - Kebakaran hutan di Australia semakin terkendali berkat suhu lebih dingin dan angin yang tak terlalu kencang dan stabil, menurut para pejabat dinas kebakaran.

Tim-tim dekat kota Bodalla di New South Wales, negara bagian yang paling terkena dampak kebakaran hutan berminggu-minggu, mengatakan pada Minggu 12 Januari 2020, bahwa mereka berhasil mengubah strategi dari "bertahan" menjadi "menyerang," dan berupaya memastikan agar kebakaran tidak mencapai jalan raya utama, kata laporan Associated Press.

Dilaporkan oleh VOA Indonesia, Senin (13/1/2020), Kebakaran Gospers Mountain di barat laut Sydney, yang telah terbakar sejak Oktober, akhirnya terkendali pada Minggu (12/1/2020) berkat hujan intensitas ringan, kata laporan harian Sydney Morning Herald, Minggu (12/1/2020).

Pada Minggu malam, 111 kebakaran masih membara di seluruh negara bagian New South Wales. Empat puluh diantaranya masih tak terkendali, menurut Dinas Kebakaran NSW.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Hebat Masih Melanda

Kebakaran hutan dan semak yang dahsyat Australia Selatan kemungkinan dapat berlanjut. Menurut prediksi jangka panjang yang dirilis oleh Badan Meteorologi Australia (Bureau of Meteorology), sebagian besar wilayah Australia Selatan diperkirakan mengalami  cuaca panas di atas rata-rata dan curah hujan di bawah rata-rata selama beberapa bulan.

"Suhu siang hari pada Januari hingga Maret 2020 kemungkinan akan lebih hangat dibandingkan suhu rata-rata di hampir seluruh wilayah Australia," ungkap badan tersebut.

Di sini selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.