Sukses

Pemilu Taiwan Usai, Tiongkok Ajak Dunia Tetap Patuhi Prinsip Satu China

Pemilihan umum (Pemilu) di Taiwan dimenangkan calon presiden petahana Tsai Ing-wen.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan umum (Pemilu) di Taiwan dimenangkan calon presiden petahana Tsai Ing-wen. Kementerian Luar Negeri China pun mengajak masyarakat internasional untuk tetap mematuhi prinsip "Satu China", di mana Taiwan dinyatakan sebagai bagian dari Tiongkok.

"Saya berharap dan merasa yakin bahwa masyarakat internasional akan tetap mematuhi prinsip 'Satu China', memahami dan mendukung rakyat China untuk menentang aktivitas kelompok separatis yang mendukung kemerdekaan Taiwan dan turut merealisasikan reunifikasi nasional," kata jubir Kemlu China Geng Shuang dalam pernyataan tertulis di Beijing, Minggu (12/1/2020).

Tsai, kandidat dari Partai Progresif Demokrat (DPP) yang berpasangan dengan Lai Ching Te, memenangkan pemilu pada Sabtu 11 Januari, sebagaimana diumumkan Komisi Pemilihan Umum setempat.

"Pertanyaan tentang Taiwan merupakan urusan dalam negeri China," tegas Geng.

Ia tidak mempermasalahkan apa pun yang terjadi di Taiwan karena kenyataannya di dunia hanya ada Satu China dan Taiwan bagian dari China sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Pemerintah China tidak akan mengubah situasi itu dan akan memegang teguh prinsip 'Satu China' serta menentang 'Kemerdekaan Taiwan', 'Dua China', dan 'Satu China, Satu Taiwan'," ujarnya menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenangan Tsai Ing-wen

Tsai Ing-wen yang berasal dari partai independen itu menang dengan selisih delapan juta suara dari rival utamanya, Han Kuo Yu. Han dicalonkan oleh Partai Kuomintang.

Sejumlah pengamat politik di China berpendapat bahwa kemenangan Tsai dicapai berkat dukungan dari kawula muda.

"Beberapa bulan aksi massal di Hong Kong turut memengaruhi situasi di pulau itu," kata Li Xiaobing, pakar Hong Kong, Makau, dan Taiwan dari Nankai Uninversity, Tianjin, seperti dikutip dari Global Times.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.