Sukses

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Bagikan 9 Juta Dolar ke Follower Twitter

Seorang miliarder Jepang bernama Yusaku Maezawa bagi-bagi duit untuk follower di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta Yusaku Maezawa, seorang pendiri bisnis fashion online terbesar di Jepang, Zozotown pada 2004 tengah jadi perbincangan, gara-gara dirinya membagikan sejumlah uang kepada follower alias pengikutnya di Twutter. Jumlah yang digelontorkan untuk eksperimen itu tak sedikit malah terbilang fantastis, yakni 9 juta dolar AS atau sekitar Rp 123 miliar.

Mengutip laporan NBC News, Kamis (9/1/2020), miliarder asal Jepang tersebut tengah dalam eksperimen sosial menguji pepatah lama "Uang tidak bisa membeli kebahagiaan". Ia memberikan 1 juta yen kepada 1.000 follower, dengan kata lain setiap orang mendapat sekitar US$ 9.000 per orang (berkisar Rp 123 juta). 

Mereka yang beruntung akan dipilih secara acak dengan melakukan retweet pada postingannya. Melalui survei reguler, penggunaan uang akan dilacak.

Yusaku Maezawa juga mengungkapkan di YouTube bahwa "Ini eksperimen sosial yang serius," ditambahkan dengan harapannya agar dapat menarik minat akademisi dan ekonom.

Nama pria berpenghasilan sebesar $ 2,7 miliar itu, menurut Forbes, sebelumnya jadi sorotan karena terdaftar sebagai penumpang pribadi pertama yang terbang di sekitar bulan dengan SpaceX milik Elon Musk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Dari 4 Juta Orang Ikut Serta

Mengutip dari CNN, dengan hanya mempunyai akun Twitter  dan me-retweet pesan pengumuman tersebut, para pengguna Twitter  dapat melakukan hal tersebut sebelum tengah malam pada 7 Januari. 

Saat ekperimen itu diberlakukan, ada lebih dari 4 juta orang mengindahkan panggilannya dan me-retweet. Pemenang akan ditentukan oleh lotre, hingga dalam dua sampai tiga hari Yusaku Maezawa akan memberikan pemberitahuan secara pribadi melalui pesan.

Seorang pemenang yang terpilih, juga akan dihubungi oleh Yusaku Maezawa dengan tujuan untuk menganalisis hasil eksperimennya.

3 dari 3 halaman

Sempat Memecahkan Rekor Januari 2019 Lalu

Mengutip dari CNN, Pada Januari 2019 lalu Yusaku Maezawa sudah pernah melalukan aksi yang sama. Dengan menjanjikan 100 juta yen, sekitar $914.000 yang ia bagikan di antara 100 pengguna Twitter. Jumlah yang didapatkan pun berakhir dengan lebih dari $ 9.000.

Twit pada Januari 2019 yang ia buat saat itu mendapat 4,68 juta retweet, dan memecahkan rekor menjadi pesan yang paling di-retweet pada saat itu.

Twit milik Yusaku Maezawa tersebut juga mengalahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh kampanye remaja Nevada pada 2017 lalu, untuk mengamankan pasokan nugget ayam setahun juga selfie selebritas Ellen DeGeneres di Oscar yang terkenal pada 2014 lalu, seperti dikutip dari The Guardian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini