Sukses

Wabah Campak Terbesar Dunia, 6.000 Orang Tewas di RD Kongo

Penyakit campak telah menewaskan 6.000 orang di Republik Demokratik (RD) Kongo. Besarnya dampak kejadian ini menyebut bahwa wabah tersebut menjadi wabah campak terbesar di dunia.

Liputan6.com, Kongo - Organisasi Kesehatan Dunia WHO melaporkan bahwa wabah campak telah menewaskan lebih dari 6.000 orang di Democratic Republic of the Congo (RDC) atau Republik Demokratik (RD) Kongo.

Dalam sebuah pernyataan, organisasi itu meminta mitra dan lembaga internasional untuk meningkatkan sumber daya guna memerangi apa yang disebutnya "epidemi campak terburuk di dunia."

Menurut laporan CNN, Kamis (9/1/2020), sekitar 310.000 kasus campak yang dicurigai telah dilaporkan di DRC sejak tahun lalu dan kekurangan dana tetap menjadi "penghalang besar" bagi upaya untuk mencegah penyebaran wabah, kata WHO.

WHO mengatakan meskipun badan tersebut dan mitra internasionalnya telah melakukan vaksinasi terhadap 18 juta anak-anak Kongo di bawah usia 5 tahun terhadap penyakit ini, cakupan imunisasi rutin masih rendah di seluruh wilayah negara tersebut.

Dikatakan bahwa 25% dari kasus yang dilaporkan di negara itu terjadi pada anak di bawah 5 tahun, yang paling rentan terhadap penyakit yang sebetulnya dapat dicegah dengan vaksin.

Campak telah merenggut nyawa masyarakat Afrika dua kali lipat lebih banyak dari Ebola.

Organisasi itu mengatakan bahwa meskipun telah memobilisasi $ 27,6 juta, dibutuhkan $ 40 juta lagi untuk memastikan anak-anak yang berusia antara 6 dan 14 tahun menerima program vaksinasi sambil juga meningkatkan respons kesehatan lainnya terhadap wabah tersebut.

"Kami melakukan yang terbaik untuk mengendalikan epidemi ini. Namun untuk benar-benar berhasil, kami harus memastikan bahwa tidak ada anak yang menghadapi risiko kematian yang tidak perlu akibat penyakit yang mudah dicegah dengan vaksin. Kami mendesak mitra donor kami untuk segera meningkatkan bantuan mereka, "Dr. Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika, mengatakan dalam pernyataan itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebaran Campak

Lebih dari 140.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat campak tahun lalu, kebanyakan dari mereka berusia di bawah 5 tahun.

Campak, virus yang sangat menular, menyebar melalui batuk dan bersin dan dapat hidup di udara setelah orang yang terinfeksi batuk atau bersin hingga dua jam.

Ketika seseorang tanpa kekebalan yang cukup menghirup udara yang terkontaminasi atau menyentuh permukaan yang terinfeksi, mereka dapat tertular virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Amédée Prosper Djiguimdé, petugas yang bertanggung jawab atas kantor WHO di DRC, mengatakan bahwa sementara agensi mengakui kontribusi pemerintah dan donor dalam mengakhiri wabah mematikan, diperlukan lebih banyak upaya.

"Ribuan keluarga Kongo membutuhkan bantuan kami untuk mengangkat beban epidemi yang berkepanjangan ini dari mereka. Kami tidak dapat mencapai ini tanpa keuangan yang memadai," kata Djiguimde dalam pernyataan itu.

3 dari 3 halaman

Kongo Hadapi Wabah Campak dan Ebola

Republik Demokratik Kongo berjuang melawan campak dan epidemi Ebola yang mematikan bagi negara tersebut. Keduanya merupakan wabah penyakit terbesar kedua sejarah - yang dimulai pada Agustus 2018.

Ketidakpercayaan sistem kesehatan dan konflik milisi yang meluas di beberapa provinsi di Kongo adalah di antara banyak kendala yang dihadapi lembaga kesehatan yang bekerja untuk mengakhiri epidemi kembar di negara ini.

Seperti dalam kasus Ebola, WHO mengatakan sulit untuk mendapatkan akses ke komunitas rentan karena wabah penyakit lain dan situasi keamanan di beberapa daerah.

Pada November, empat petugas kesehatan yang menanggapi wabah Ebola tewas di Kongo timur.

Seorang dokter Kamerun ditembak mati pada bulan April di sebuah rumah sakit di Butembo, tempat ia merawat pasien Ebola.

WHO mengatakan 60 petugas kesehatan yang dilatih pada bulan Desember akan dikerahkan di seluruh negeri minggu ini untuk membantu badan tersebut dan juga melibatkan masyarakat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.