Sukses

10-1-1964: The Beatles Rilis Album Pertamanya

Tepat 55 tahun yang lalu, pada 10 Januari 1964, the beatles berhasil mengeluarkan album pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 55 tahun yang lalu, pada 10 Januari 1964, The Beatles berhasil mengeluarkan album pertamanya.

Meskipun awalnya dijadwalkan rilis pada 22 Juli 1963, label musik AS, Vee-Jay akhirnya menetapkan untuk merilis sekaligus memperkenalkan The Beatles pada tanggal ini.

Dilansir Beatles Bible, album berjudul “Please Please Me” tersebut muncul hanya 10 hari sebelum munculnya album “Meet The Beatles!” yang dikeluarkan oleh Capitol Records.

Niat Vee-Jay untuk mengeluarkan album pada tahun 1963 dibatalkan dengan alasan adanya pergantian manajemen di perusahaan, sehingga perilisannya dibatalkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promosi Besar untuk The Beatles

Rencana itu dihidupkan kembali setelah dilaporkan bahwa Capitol merencanakan kampanye promosi besar untuk The Beatles.

Direktur Vee-Jay mengubah rencana mereka, dan terpaksa bertindak karena masalah keuangan label.

Album edisi pertama dihentikan setelah Vee-Jay menerima perintah penahanan dari Beechwood Music, Inc, yang memiliki hak penerbitan AS untuk Love Me Do dan PS I Love You.

Meskipun sekitar 80.000 salinan album telah terjual, album ini diterbitkan kembali tanpa kedua lagu itu pada awal Februari.

3 dari 3 halaman

Duduk di Posisi Dua Billboard

Terlepas dari masalah-masalah tersebut, memperkenalkan The Beatles ternyata menghabiskan waktu sembilan minggu.

Dalam 2 bulan 1 minggu tersebut, The Beatles berhasil duduk di nomor dua tangga lagu Billboard. Mereka duduk di nomor dua dengan album “Meet The Beatles!”

Vee-Jay terus menekan LP sampai 15 Oktober 1964, di mana pada tanggal tersebut perjanjian lisensi dengan Capitol telah berakhir.

Pada saat itu album The Beatles telah terjual sekitar 1.300.000 salinan.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.