Asap Kebakaran Hutan Australia Terlihat dari Chile dan Argentina

Oleh Liputan6.com pada 07 Jan 2020, 13:33 WIB
Diperbarui 07 Jan 2020, 19:16 WIB
Gambar warna alami satelit yang dirilis oleh Maxar Technologies

Liputan6.com, Australia - Asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan yang hebat di Australia telah terlihat lebih dari 12.000 km hingga Chile dan Argentina.

Hal tersebut dinyatakan oleh badan otoritas cuaca di negara-negara Amerika Selatan pada Senin 6 Januari 2020, dilansir CNA (7/1/2020).

"Pada dini hari efeknya terlihat di matahari melalui corak merah. Efek ini dihasilkan oleh awan asap yang berasal dari kebakaran," kata Kepala Meteorologi Chile, Patricio Urra, kepada AFP.

Hal ini tidak menimbulkan ancaman bagi Chile.

2 dari 4 halaman

Telah Naik Menjadi 6.000 Meter

Asap dari kebakaran hutan Australia telah melayang 2.000 kilometer melintasi Laut Tasman, dan menyelimuti Selandia Baru
Asap dari kebakaran hutan Australia telah melayang 2.000 kilometer melintasi Laut Tasman, dan menyelimuti Selandia Baru. Asap terlihat bepergian ke utara Selandia Baru dalam citra satelit NASA. (Liputan6/Daily Mail/NASA)

Kepala Meteorologi Chile, Patricio Urra, mengatakan awan itu telah naik menjadi 6.000 meter di atas permukaan laut, dan tidak ada alasan untuk turun kembali ke Bumi.

Layanan Meteorologi Argentina menerbitkan gambar-gambar satelit penampakan awan yang dikatakan telah “diangkut oleh sistem frontal—sistem yang terjadi karena bentrokan massa udara hangat dan dingin yang berlawanan—yang bergerak dari barat ke timur”.

Namun, ia menambahkan bahwa semua yang terlihat akan berupa “matahari yang sedikit lebih merah”.

3 dari 4 halaman

Dapat Mencapai Negara Bagian di Brasil

Kebakaran Hutan di Australia Kian Membara
Langit sore bersinar kemerahan akibat kebakaran hutan di daerah sekitar kota Nowra, negara bagian New South Wales, Australia, Selasa (31/12/2019). Akibat kebakaran ini, ribuan wisatawan dan penduduk lokal mengungsi ke wilayah pantai di Australia tenggara. (AFP/Saeed Khan)

Perusahaan Meteorologi Regional Metsul mengatakan awan itu bahkan dapat mencapai negara bagian Rio Grande del Sur di Brasil.

Bencana kebakaran hutan telah mengubah bagian-bagian Australia kian membara dan bersuhu rendah, serta pemandangan yang menghitam dan menghancurkan area seluas pulau Irlandia, menurut angka resmi.

Kebakaran telah menewaskan 25 orang dan pihak berwenang memperingatkan bahwa bencana itu masih akan berjalan selama berminggu-minggu atau bulan.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓