Sukses

Donald Trump Sedang Makan Es Krim Ketika Serangan AS Tewaskan Qasem Soleimani

Donald Trump sedang makan es krim ketika Jenderal Qasem Soleimani ditembak drone.

Liputan6.com, Washington D.C. - Serangan drone Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Jenderal Qasem Soleimani membuat murka Iran. Soleimani sendiri merupakan sosok populer dan penting di kalangan proksi militer Iran di wilayah Timur Tengah.

Soleimani sedang berada di dalam mobil yang ia tumpangi di bandara Baghdad, Irak. Ia baru tiba dari Lebanon ketika drone menyerang. Mobil Soleimani habis terbakar dan jasadnya hanya teridentifikasi pada cincin yang ia pakai.

Ketika mendapat kabar kematian Soleimani, Presiden Donald Trump ternyata sedang makan es krim di kediamannya. Usai menghabiskan es krimnya, Presiden langsung memposting foto bendera AS di Twitter, demikian laporan The Telegraph, Minggu (5/1/2020). 

Drone yang menghabisi nyawa Soleimani adalah drone pemburu MQ-9 Reaper yang dikendalikan dari jarak jauh. Harga drone itu mencapai USD 64 juta (Rp 889 miliar).

Menurut laporan Arab News, drone itu berangkat dari markas AS yang berlokasi di Qatar, yaitu pangkalan udara dan militer Al Udeid. Misil yang dipakai adalah Hellfire R9X Ninja.

Begitu kabar ada peran Qatar, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani pun telah bertolak ke Tehran untuk bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menlu Mohammad Javad Zarif.

Drone Reaper itu memiliki jangkauan 1.850 km dan bisa terbang di ketinggian 15 ribu meter. Drone ini cocok digunakan untuk melancarkan serangan, koordinasi, dan pengintaian terhadap target yang bergerak.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Sekutu AS di Irak, Inggris Tak Tahu Soal Serangan Terhadap Qasem Soleimani

Boris Johnson mengatakan dirinya tidak menerima peringatan apapun tentang serangan udara AS di Irak yang menewaskan seorang jenderal top Iran, menurut kutipan dari BBC. 

Inggris memiliki 400 tentara yang berbasis di Timur Tengah dan bekerja bersama dengan pasukan AS di wilayah tersebut.

Namun, Presiden Donald Trump tidak memberi tahu PM Inggris tentang serangan yang ia perintahkan hingga membunuh Qasem Soleimani pada Jumat 3 Januari 2020.

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn telah meminta Johnson untuk mengkonfirmasi apa yang Inggris ketahui sebelum serangan udara itu terjadi.

Dalam sebuah surat kepada perdana menteri, ia bertanya apakah, jika telah diinformasikan sebelumnya, pemerintah telah menyatakan penentangannya terhadap serangan itu.

Dia juga meminta pertemuan mendesak dewan juri untuk membahas konsekuensi serangan udara, dan bertanya apa yang dilakukan pemerintah untuk memastikan keselamatan warga negara Inggris.

Sementara itu anggota parlemen Tory Tom Tugendhat mengatakan ada "pola" dari Gedung Putih saat ini untuk tidak membagikan rincian informasi dengan sekutunya, yang merupakan "masalah yang memprihatinkan".

Mantan Ketua Komite Urusan Luar Negeri Commons menambahkan: "Saya telah lama percaya bahwa tujuan kita memiliki sekutu adalah agar kita dapat mengejutkan musuh-musuh kita, bukan satu sama lain."

Kematian Soleimani "tentu akan menjadi pukulan besar bagi rezim Iran", tetapi "pasti akan memiliki konsekuensi" di tempat lain, Tugendhat mengatakan kepada BBC News.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab memang berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Jumat, meskipun waktu panggilan tidak diketahui.

3 dari 3 halaman

Serangan Agresif

Pompeo menulis di akun Twitternya bahwa dia "bersyukur bahwa sekutu kita mengakui ancaman agresif yang terus berlanjut yang dilakukan oleh Pasukan Quds Iran".

Raab juga mengeluarkan pernyataan yang mendesak "semua pihak untuk mengurangi tensi " setelah pembunuhan Soleimani.

Dia mengatakan Inggris "mengakui ancaman agresif" yang ditimbulkan Jenderal Soleimani, tetapi "konflik lebih lanjut tidak menjadi kepentingan kita".

The Foreign and Commonwealth Office telah memperingatkan warga negara Inggris untuk menghindari aksi unjuk rasa, pawai, atau prosesi di Iran selama tiga hari berkabung nasional atas tewasnya Jenderal Soleimani.

Selain pasukan, ada sekitar 400 personel Inggris yang berbasis di Irak - tempat serangan itu terjadi.

Pasukan yang ada di sana bertugas untuk melatih pasukan Irak mengatasi pemberontakan Negara Islam.

Koresponden keamanan BBC Frank Gardner sebelumnya mengatakan dia tidak berpikir siapa pun di Inggris diberi indikasi pemogokan udara akan terjadi, menambahkan: "Saya rasa ini mengejutkan pemerintah Inggris."

Pembunuhan Soleimani menandai peningkatan besar dalam ketegangan antara Washington dan Teheran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan "balas dendam berat menunggu para penjahat" di balik serangan itu, tetapi sebuah pernyataan dari Pentagon mengatakan Jenderal Soleimani "secara aktif mengembangkan rencana untuk menyerang para diplomat Amerika dan anggota layanan di Irak dan di seluruh wilayah".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.