Sukses

5-1-1933: Lahirnya Golden Gate Bridge, Jembatan Landmark di Amerika

Golden Gate Bridge, jembatan ini dengan cepat menjadi landmark Amerika yang terkenal, dan simbol San Francisco.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini 86 tahun lalu, lahirlah Golden Gate Bridge atau Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Tepat pada 5 Januari 1933, konstruksi dimulai, para pekerja mulai menggali 3,25 juta kaki kubik tanah untuk jangkar struktur yang sangat besar.

Setelah periode Gold Rush atau perburuan emas besar-besaran dimulai pada tahun 1849, spekulan menyadari bahwa tanah di utara Teluk San Francisco akan meningkat nilainya terkait aksesibilitasnya ke kota. Segera, sebuah rencana ditetapkan untuk membangun sebuah jembatan yang akan membentang Golden Gate, sebuah selat kecil sedalam 400 kaki yang merupakan muara Teluk San Francisco, penghubung Semenanjung San Francisco dengan ujung selatan Marin County.

Meskipun ide awalnya tercetus 1869, proposal pembangunannya baru mengemuka pada tahun 1916.

Mantan mahasiswa teknik, James Wilkins, yang bekerja sebagai jurnalis di San Francisco Bulletin, menyerukan jembatan gantung dengan rentang tengah 3.000 kaki, hampir dua kali lipat. Lebih panjang dari yang pernah ada.

Gagasan Wilkins diperkirakan menelan biaya $ 100 juta. Jadi, insinyur kota San Francisco, Michael M. O'haughnessy (ia juga dikreditkan menyumbang nama Jembatan Golden Gate), mengajukan tawaran kepada insinyur jembatan apakah mereka bisa membangunnya dengan biaya lebih murah.

Insinyur dan penyair Joseph Strauss, seorang pria kelahiran Chicago yang tinggal di Cincinnati menyanggupi permintaan O'haughnessy.

Akhirnya, O'Shaughnessy dan Strauss menyimpulkan bahwa mereka dapat membangun jembatan gantung murni dalam kisaran $ 25-30 juta, dengan rentang utama setidaknya 4.000 kaki. Rencana pembangunan masih menghadapi tentangan, termasuk litigasi, dari banyak sumber.

Pada saat sebagian besar hambatan telah diatasi, The Great Depression terjadi tahun 1929, membatasi pilihan pendanaan, sehingga para pejabat meyakinkan para pemilih untuk mendukung $ 35 juta dalam bentuk hutang berikat, mengaitkan pekerjaan fenomenal pada proyek tersebut.

Namun, obligasi tersebut tidak dapat dijual hingga tahun 1932, ketika Bank of America yang berbasis di San Francisco setuju untuk membeli seluruh proyek untuk membantu ekonomi lokal.

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmi Dibuka

Jembatan Golden Gate resmi dibuka pada 27 Mei 1937, rentang jembatan terpanjang di dunia saat itu. Penyeberangan umum pertama terjadi sehari sebelumnya, ketika 200.000 orang berjalan, berlari, dan bahkan meluncur di atas jembatan yang baru.

Dengan menara tinggi dan warna cat ternama international orange, jembatan itu dengan cepat menjadi landmark Amerika yang terkenal, dan simbol San Francisco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.