Sukses

Konvoi Milisi Iran Diserang Jelang Pemakaman Sang Jenderal, Ulah AS Lagi?

Serangan udara baru terhadap konvoi pro-Iran di Irak menjelang pemakaman jenderal top Qasem Soleimani.

Liputan6.com, Baghdad - Sebuah serangan udara baru menghantam pasukan pro-Iran di Irak pada Sabtu 4 Januari 2020 pagi. Insiden itu terjadi di tengah kekhawatiran perang proksi meletus antara Washington dan Teheran, sehari setelah serangan pesawat tak berawak Amerika menewaskan seorang jenderal top Iran.

Serangan itu terjadi beberapa jam sebelum pawai berkabung, jelang pemakaman komandan Pasukan Quds Iran Qasem Soleimani dan paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak presisi oleh AS di Baghdad pada hari Jumat.

Pembunuhan itu merupakan eskalasi paling dramatis, namun dalam ketegangan yang meningkat antara Iran dan AS, yang berjanji untuk mengirim lebih banyak pasukan ke wilayah itu, bahkan ketika Presiden AS Donald Trump bersikeras dia tidak menginginkan perang.

Pembunuhan itu merupakan peningkatan yang paling dramatis, namun dalam ketegangan yang meningkat antara AS dan Iran, yang bisa ditakuti oleh Irak di tanah air mereka.

"Hampir tepat 24 jam kemudian, sebuah serangan baru menargetkan konvoi Hash al-Shaabi, sebuah jaringan paramiliter Irak faksi mayoritas Syiah yang memiliki hubungan dekat dengan Iran," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP, Sabtu (4/1/2020).

Sejauh ini televisi pemerintah Irak melaporkan itu adalah serangan udara AS.

Sebuah sumber kepolisian mengatakan kepada AFP bahwa pemboman di utara Baghdad menyebabkan sejumlah orang mati dan terluka, tanpa memberikan jumlah pasti korban. Tak ada pula komentar langsung dari AS.

Pembunuhan Soleimani, yang telah memimpin cabang operasi luar negeri Korps Pengawal Revolusi Islam dan merupakan pemimpin Iran di Irak, mengguncang wilayah tersebut.

Para pejabat AS mengatakan pria berusia 62 tahun itu, yang telah dimasukkan daftar hitam oleh AS, tewas ketika sebuah drone menghantam kendaraannya di dekat bandara internasional Baghdad.

Sebanyak lima Pengawal Revolusi dan lima anggota Hash tewas dalam serangan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prosesi Berkabung yang Rumit

Jenazah korban melalui prosesi berkabung yang rumit pada hari Sabtu, dimulai dengan pemakaman kenegaraan di Baghdad dan berakhir di kota suci Najaf.

Jasad para prajurit kemudian akan dikirim ke Iran, yang telah menyatakan tiga hari berkabung untuk Soleimani. Teheran telah menunjuk wakil Soleimani, Esmail Qaani, untuk menggantikannya.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah berjanji untuk balas dendam atas serangan tersebut. Sementara puluhan ribu pemrotes di Teheran membakar bendera AS dan meneriakkan "kematian bagi Amerika."

Di lain sisi, Presiden AS Donald Trump justru memuji operasi serangan terhadap jenderal top Iran. Ia mengatakan dia memutuskan untuk "menghentikan" Soleimani setelah mengungkap dia sedang mempersiapkan serangan "segera" terhadap diplomat dan pasukan AS.

Dia menegaskan Washington tidak mencari konflik yang lebih luas, dengan mengatakan: "Kami mengambil tindakan tadi malam untuk menghentikan perang. Kami tidak mengambil tindakan untuk memulai perang."

Namun Pentagon mengatakan beberapa jam kemudian bahwa 3.000 hingga 3.500 tentara dari Pasukan Tanggap Global Divisi Lintas Udara ke-82 akan dikirim ke Kuwait.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada AFP bahwa beberapa dari 750 tentara yang sudah dikirim dari unit itu telah tiba di Baghdad dan akan memperkuat keamanan di kedutaan AS di sana.

Sekitar 14.000 tentara lainnya telah dikerahkan sebagai bala bantuan ke Timur Tengah tahun ini, yang mencerminkan meningkatnya ketegangan dengan Iran.

Ada sekitar 5.200 tentara AS yang dikerahkan di seluruh Irak untuk membantu pasukan lokal memastikan kekalahan para jihadis yang kekal.

Faksi pro-Iran di Irak telah memanfaatkan kematian Soleimani untuk mendorong parlemen untuk mencabut perjanjian keamanan yang memungkinkan penempatan mereka di tanah Irak.

Anggota parlemen akan bertemu pada hari Minggu untuk sesi darurat tentang pemogokan dan diharapkan untuk memberikan suara.

3 dari 3 halaman

Serangan Terbaru

Tokoh paramiliter di Irak termasuk Qais al-Khazaali yang masuk daftar hitam AS dan milisi yang berubah menjadi politikus Moqtada Sadr meminta para pejuang mereka untuk "bersiap" setelah serangan pada hari Jumat.

Dan gerakan Syiah Lebanon yang didukung Teheran, Hizbullah, memperingatkan "hukuman bagi pembunuh kriminal ini."

Soleimani telah lama dianggap sebagai musuh mematikan oleh anggota parlemen dan presiden AS, dengan Trump mengatakan dia seharusnya dibunuh "bertahun-tahun lalu."

Sebelumnya, gerombolan pro-Iran menyerang kedutaan besar AS di Baghdad pada pekan ini, di mana demonstran membakar pintu masuk ke kompleks dan mengepung diplomat di dalamnya.

Menyusul serangan pada hari Jumat, kedutaan mendesak semua warga Amerika untuk segera meninggalkan Irak dan warga negara AS yang bekerja di ladang minyak selatan sedang dievakuasi.

Analis mengatakan serangan itu membuat harga minyak dunia melonjak.

"Trump mengubah aturan - dia ingin (Soleimani) dihilangkan," kata Ramzy Mardini, seorang peneliti di Institut Perdamaian AS.

Phillip Smyth, seorang spesialis yang berbasis di AS pada kelompok-kelompok bersenjata Syiah, menggambarkan pembunuhan itu sebagai "serangan pemenggalan kepala yang paling besar yang pernah dilakukan AS."

Dia mengharapkan konsekuensi "lebih besar" dari operasi 2011 yang menewaskan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden dan serangan 2019 yang menewaskan bos ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Tetapi banyak juga yang khawatir bahwa serangan itu bisa meluas ke konflik penuh antara AS dan Iran di Irak.

Hubungan antara AS dan Iran telah memburuk sejak Washington meninggalkan kesepakatan nuklir penting dengan Teheran pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan.

Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi memperingatkan serangan itu akan "memicu perang yang menghancurkan di Irak", ketika Presiden Barham Saleh memohon "suara-suara alasan" untuk menang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.