Sukses

Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

Garuda tengah jadi sorotan dan menuai kontroversi akibat kasus penyelundupan motor mewah Harley Davidson, tetapi kemampuan operasional maskapai itu masih nomor satu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Tbk) baru saja menuai kontroversi akibat kasus penyelundupan Harley Davidson. Meski tersangkut masalah, operasional maskapai plat merah ini tetap unggul di level internasional. 

Berdasarkan laporan terbaru Official Aviation Guide (AOG), Garuda tercatat sebagai maskapai paling dengan performa tepat waktu (on-time performance) yang terbaik di dunia. Skor OTP Garuda ada di level 95.01 persen, mengungguli maskapai Singapura dan Jepang.

"Garuda Indonesia mengampil posisi atas secara global dan regional dengan OTP yang mengesankan yakni 95.01 persen," tulis laporan Punctuality League AOG yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/1/2019) 

Maskapai All Nippon Airways asal Jepang terpantau di peringkat 7 dengan skor OTP 85,92 persen. Sementara, maskapai Singapore Airlines ada di peringkat 9 dengan skor 85,32 persen. Etihad Airlines berada di nomor 17 dengan skor 83.40 persen.

Garuda Indonesia berada di peringkat satu untuk kategori maskapai Mainline, wilayah Asia, dan keseluruhan. Untuk maskapai Mega Airline yang paling tepat waktu diraih oleh Latam asal Chile dan maskapai Low Cost Carrier (LCC) yang paling tepat waktu adalah Skymark dari Jepang. 

AirAsia dan Citilink Indonesia juga masuk ke sepuluh besar pada kategori OTP maskapai LCC. Indonesia AirAsia ada di peringkat 6 dan Citilink di peringkat 7. Tingkat tepat waktu AirAsia di Indonesia juga lebih baik dari induknya, AirAsia, di peringkat 12.

Tahun lalu, Garuda Indonesia juga masuk ke maskapai tepat waktu versi AOG. Namun, hasilnya hanya menembus lima besar.

Lebih lanjut, pada laporan AOG bandara dengan tingkat OTP tertinggi adalah Bandara Minsk asal Finlandia (level kecil), Bandara Panama City (level menengah), Bandara Osaka Itami asal Jepang (level besar), Bandara Istanbul Sabiha Gochen asal Turki (level major).

Bandara level mega paling berasal dari Rusia, yakni Moscow Sheremetyevo, dan Bandara Changi tercatat paling tepat waktu di peringkat tiga pada level mega.  

Selengkapnnya, berikut 10 maskapai paling tepat waktu di dunia: 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Maskapai Paling Tepat Waktu

1. Garuda Indonesia (Indonesia)

2. Copa Airlines (Panama)

3. Skymark Airlines (Jepang)

4. Hawaiian Airlines (Amerika Serikat)

5. LATAM Airlines Group (Brasil)

6. Aeroflot (Rusia)

7. All Nippon Airways (Jepang)

8. Jetstar Asia (India)

9. Singapore Airlines (Singapura)

10. Thai AirAsia (Thailand)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.