Sukses

India Siap Jalankan Misi Bulan Ketiga di 2020

India berencana akan melakukan misi perjalanan ke bulan yang ketiga di tahun 2020.

Liputan6.com, New Delhi - India telah mengumumkan rencana untuk misi perjalanan bulan yang ketiga. Rencana ini diumukan berbulan-bulan setelah kecelakaan terakhirnya terjadi di permukaan Bulan.

Ketua badan antariksa India, K Sivan, mengatakan pekerjaan berjalan "lancar" pada perjalanan tak berawak Chandrayaan-3.

Dilansir dari BBC, Kamis (2/1/2020), ia mengatakan negara itu bertujuan untuk meluncurkan misi tersebut pada tahun 2020 tetapi bahwa pihaknya "mungkin akan mundur" ke tahun 2021.

Jika berhasil, itu akan menjadikan India sebagai negara keempat yang mencapai pendaratan lunak di Bulan, dan meningkatkan kepercayaannya sebagai kekuatan luar angkasa berbiaya rendah.

Sejauh ini, hanya Rusia, AS, dan China yang berhasil menempatkan misi di permukaan Bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Rencana India?

Sivan, ketua Organisasi Penelitian Antariksa India (Isro), mengatakan kepada wartawan bahwa Chandrayaan-3 akan memiliki "konfigurasi yang sama" dengan misi sebelumnya.

Chandrayaan-2 adalah misi paling rumit yang pernah dicoba oleh badan antariksa India.

Chandrayaan-2 bertujuan untuk mendarat di kutub selatan Bulan - di tempat yang tidak pernah dicapai oleh pendaratan lain - untuk melakukan tugas termasuk mencari air dan mineral, dan mengukur gempa bulan.

Tetapi misi itu gagal pada bulan September, ketika modul crash mendarat.

Sivan mengatakan misi baru ini akan mendarat di daerah yang sama, dan akan "memiliki modul pendarat, penjelajah dan penggerak seperti pendahulunya". Peralatan baru diatur dengan biaya sekitar $ 35 juta (£ 26 juta), sementara biaya penuh dari misi ditetapkan menjadi lebih signifikan.

Jitendra Singh, menteri junior untuk departemen ruang angkasa, mengatakan bahwa misi baru itu akan "cukup ekonomis".

"Pengorbit sudah ada di sana. Jadi kita akan memangkas biaya," katanya kepada Times of India.

Rencana untuk misi tak berawak ke Bulan hanyalah bagian dari ambisi India yang lebih luas untuk menjadi kekuatan luar angkasa berbiaya rendah.

Sivan mengatakan India berencana untuk meluncurkan setidaknya 25 misi luar angkasa pada tahun 2020.

Dia mengatakan Isro juga membuat "kemajuan yang baik" dengan rencana untuk misi berawak pertamanya ke orbit. Empat astronot telah dipilih untuk pelatihan, yang akan dimulai di Rusia akhir bulan ini.

Hingga tiga astronot diperkirakan akan mengambil bagian dalam misi, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.