Sukses

Kim Jong-un Akan Perkenalkan Senjata Strategis Baru Korut dalam Waktu Dekat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan memperkenalkan suatu "senjata strategis baru" dalam waktu dekat ini.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyatakan akan terus mengembangkan program nuklir. Korut juga akan memperkenalkan suatu "senjata strategis baru" dalam waktu dekat ini.

Pernyataan itu dikeluarkan Kim setelah Amerika Serikat tidak menepati tenggat akhir tahun yang ditetapkannya untuk memulai kembali perundingan pelucutan senjata nuklir (denuklirisasi), seperti dilaporkan media pemerintah Korut, KCNA, Rabu (1/1/2019).

Kim sejak Sabtu 28 Desember menggelar rapat komite pembuat kebijakan Partai Buruh selama empat hari karena Amerika Serikat belum menanggapi permintaannya untuk melunakkan sikap dalam membuka kembali putaran perundingan. AS menganggap batas waktu itu sebagai ketentuan yang tidak alami.

Kim sebelumnya memperingatkan, ia kemungkinan akan mengambil "jalur baru" jika Washington tidak memenuhi harapannya.

Beberapa komandan militer AS mengatakan tindakan-tindakan yang kemungkinan dilakukan Pyongyang akan termasuk uji coba rudal balistik antarkawasan (ICBM), yang dihentikan sejak 2017, serta hulu ledak nuklir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagai Gangster

"Tidak ada dasar bagi Korea Utara untuk mengikatkan diri lagi dengan penangguhan uji coba nuklir dan ICBM karena Amerika Serikat terus melakukan latihan perang bersama Korea Selatan. Mereka menggunakan persenjataan canggih dan menerapkan sanksi sambil melancarkan 'tuntutan bagai gangster'," kata Kim.

Kim menyatakan tekad akan terus mengembangkan nuklir Korea Utara untuk pencegahan, namun tetap membuka pintu bagi dialog.

Ia mengatakan "cakupan dan kedalaman" nuklir pencegah tersebut akan "dikoordinasikan dengan baik tergantung pada" sikap Amerika Serikat.

"Dunia akan menyaksikan sebuah senjata strategis baru yang dimiliki DPRK dalam waktu dekat," kata Kim, yang menyebut Korea Utara dengan nama resminya, Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.