Sukses

Berselisih dengan AS, Kim Jong-Un Ancam Kembali Uji Nuklir

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un mengancam bahwa negaranya akan segera kembali melakukan uji nuklir.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un mengatakan dia akan mengakhiri penangguhan uji coba nuklir dan rudal jarak jauh yang dia lakukan selama pembicaraan dengan AS.

Kim juga mengatakan negaranya akan segera memperkenalkan "senjata strategis baru".

Tetapi dia membiarkan pintu terbuka untuk adanya dialog, sambil mengatakan bahwa ruang lingkup pengujian akan tergantung pada sikap AS.

Dikutip dari BBC, Rabu (1/1/2020), pembicaraan antara AS dan Korea Utara telah terhenti ketika pihak Washington menolak untuk mencabut sanksi sampai Pyongyang benar-benar meninggalkan program nuklirnya.

Korea Utara melakukan beberapa uji coba senjata yang lebih kecil di akhir 2019. Hal tersebut dilihat sebagai upaya untuk menekan AS agar membuat konsesi.

Tetapi moratorium yang dinyatakan sendiri atas uji coba nuklir dan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dapat mencapai daratan AS telah menjadi salah satu dasar negosiasi dengan Washington.

Pyongyang belum melakukan tes semacam itu sejak 2017. Setiap pengujian lebih lanjut kemungkinan akan membuat Presiden Donald Trump marah, karena AS akan memasuki tahun pemilihan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang Dikatakan Kim Jong-Un?

Berbicara pada pertemuan partai yang jarang pada 1 Januari, Kim Jong-un mengatakan Korea Utara tidak lagi terikat oleh moratorium yang dideklarasikan sendiri, ketika AS melanjutkan latihan militer bersama dengan Korea Selatan dan telah meningkatkan sanksi mereka.

"Di bawah kondisi seperti itu, tidak ada dasar bagi kita untuk terikat secara sepihak dengan komitmen, komitmen di mana tidak ada pihak yang berseberangan, dan ini mencemaskan upaya kita untuk pelucutan dan non-proliferasi nuklir di seluruh dunia," kantor berita negara melaporkan. KCNA mengutip ucapan Presiden Kim.

Dia juga mengancam bahwa "dunia akan menyaksikan senjata strategis baru" oleh Utara "dalam waktu dekat", namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dia berbicara pada pertemuan para pemimpin partai selama beberapa hari di Pyongyang, yang tidak biasa untuk tahun ini. Biasanya Kim akan memberikan pidato Hari Tahun Baru, tetapi dia tampaknya tidak melakukannya tahun ini.

Menanggapi ancaman terbaru pemimpin Korea Utara, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia dan Kim "memang menandatangani kontrak, berbicara tentang denuklirisasi".

"Kurasa dia orang yang memegang kata-katanya," katanya, ketika dia menuju ke acara Tahun Baru di Florida.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan dia berharap Korea Utara akan memilih perdamaian daripada perang.

"Jika Kim telah mengingkari komitmen yang dia buat kepada Presiden Trump, itu sangat mengecewakan," kata Pompeo kepada penyiar AS CBS.

"Dia membuat komitmen itu kepada Presiden Trump dengan imbalan Presiden Trump setuju untuk tidak melakukan latihan militer berskala besar. Kami telah memenuhi komitmen kami. Kami terus mengulurkan harapan bahwa ia akan hidup sesuai dengan komitmennya juga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.