Sukses

Korban Tewas Topan Phanfone Filipina Bertambah Jadi 50

Korban tewas dari bencana alam topan Phanfone Filipina kini bertambah jadi 50 orang.

Liputan6.com, Manila - Jumlah orang yang menjadi korban dari bencana alam topan Phanfone yang menghantam Filipina saat Natal telah meningkat menjadi 50, kata pihak berwenang pada Selasa 31 Desember 2019.

Hal itu menjadikannya badai paling mematikan di negara itu pada 2019.

Topan Phanfone dan hujan lebat yang merobohkan rumah-rumah serta menghancurkan bangunan komersial terutama di pulau Visayas, Filipina berdampak bagi lebih dari dua juta orang.

Setidaknya 80.000 warga masih berada di tempat penampungan darurat dan mungkin harus tinggal sampai Tahun Baru, mengingat skala kehancuran yang cukup parah.

"Kami sedih bahwa beberapa warga negara kami masih berada di pusat-pusat evakuasi, tetapi kami meyakinkan mereka bahwa mereka akan terus menerima dukungan sampai mereka bangkit kembali," kata juru bicara badan bencana nasional Mark Timbal kepada AFP.

Lima orang masih hilang setelah badai melanda, yang juga menyebabkan 143 orang terluka.

Topan Phanfone, yang secara lokal disebut Ursula, adalah topan ke-21 tahun ini yang melanda Filipina yang rawan badai.

Berbagai insiden badai berdampak kepada panen, rumah dan infrastruktur. Akibatnya, hal itu membuat jutaan orang berada dalam kemiskinan abadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.