Sukses

Kemah di Kuburan hingga Pecahkan Piring, 7 Tradisi Aneh Tahun Baru di Dunia

Berikut ini 7 ragam tradisi tahun baru dari berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam hitungan jam, beberapa negara dunia akan menyambut Tahun Baru 2020.

Menjelang Tahun Baru, semua orang sibuk mempersiapkan acara dan melakukan tradisi mereka untuk merayakan Tahun Baru. Dan tentunya setiap negara mempunyai cara atau tradisi tersendiri untuk merayakannya.

Mulai dari tradisi yang nomal seperti menyalakan kembang api hingga yang aneh seperti memecahkan piring bersama, rupanya tradisi tersebut memang ada di dunia.

Simak berikut 7 tradisi Tahun Baru dari berbagai negara menurut iNews UK:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Spanyol: Makan 12 Buah Anggur

Di Spanyol dan beberapa negara lain di sekitarnya, salah satu tradisi makan 12 buah anggur dengan masing-masing jam berdentang tengah malam.

Setiap anggur diyakini untuk mewakili satu bulan dalam setahun, dan mereka yang melahap juga dipercaya akan membawa keberuntungan selama 12 bulan.

3 dari 8 halaman

2. Filipina: Memakai Motif Polkadot

Motif polkadot diyakini mewakili kemakmuran di Filipina. Penduduk setempat sering memakai pakaian dengan motif polkadot pada Malam Tahun Baru.

Mereka mengisi kantong dengan koin dan makan buah-buahan bulat dalam upaya untuk menarik kekayaan di tahun yang akan datang.

4 dari 8 halaman

3. Hongaria: Makan Daging Babi

Di Hongaria, makan daging babi pada malam Tahun Baru melambangkan kekayaan dan kemakmuran untuk tahun yang akan datang.

Pada Hari Tahun Baru, bagaimanapun, ayam dan ikan harus dihindari. Hal ini dikarenakan takut keberuntungan akan terbang atau (pergi) berenang seperti burung atau ikan.

5 dari 8 halaman

4. Brazil dan Mexico: Memakai Pakaian Dalam Warna-Warni

Di beberapa negara Amerika Latin, seperti Brazil dan Meksiko, warna pakaian dalam diyakini memengaruhi kekayaan di tahun mendatang.

Sebuah pelaksana tradisi menyatakan bahwa pakaian dalam kuning akan membawa kemakmuran dan kesuksesan, merah akan membawa cinta, putih akan membawa kedamaian dan keharmonisan, sementara hijau akan menjamin kesehatan dan kesejahteraan.

6 dari 8 halaman

5. Chile: Berkemah di Kuburan

Jauh berbeda dengan kegiatan berkemah pada umumnya, di Chile, orang-orang berkemah di kuburan pada malam Tahun Baru.

Di Talca, Chili, walikota membuka pemakaman lokal setelah misa tengah malam untuk memungkinkan orang untuk merayakan Tahun Baru dengan teman dan kerabat mereka yang telah meninggal.

Saat ini, tradisi itu dilakukan ribuan orang yang duduk dikelilingi lilin sambil memainkan musik.

7 dari 8 halaman

6. Denmark: Memecahkan Piring

Memecahkan piring di depan pintu teman tidak akan membuat Anda terlihat seperti orang yang memiliki gangguan tingkah laku di Denmark. Hal itu akan membuat Anda sebagai seseorang yang cukup beruntung untuk mendapat manfaat dari lebih banyak teman dan keberuntungan di tahun mendatang.

Tradisi bersejarah ini telah tidak disukai dalam beberapa tahun terakhir, tetapi diyakini bahwa beberapa orang Denmark tetap melakukannya sampai hari ini.

8 dari 8 halaman

7. Ekuador: Berjalan dengan Koper Kosong

Para penduduk Ekuador diketahui berjalan dan berlarian di sepanjang jalan dengan koper kosong, sekaligus memegang harapan bahwa tahun depan akan memberikan peluang perjalanan yang besar.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.