Sukses

Berselimut Asap Kebakaran Hutan, Pesta Kembang Api Tetap Digelar di Sydney

Setelah sebelumnya sempat mendapat tentangan perihal pesta kembang api, namun pesta kembang api di sejumlah kota besar Australia tetap akan digelar.

Liputan6.com, Sydney - Pesta Kembang Api tetap dilangsungkan di Sydney, Melbourne, dan Brisbane. Padahal kota tersebut tengah diselimuti asap kebakaran hutan.

Walau sempat dilanda ketidakpastian, pesta kembang api tetap akan dilangsungkan di kota besar Australia, termasuk Sydney, Melbourne dan Brisbane.

Di Sydney, yang akan menjadi kota besar di bumi bagian selatan yang memasuki tahun baru 2020, sekitar 1 juta orang diperkirakan akan memadati kawasan Sydney Harbour guna menyaksikan pesta kembang api tersebut.

Dilansir dari ABC Indonesia, Selasa (31/12/2019), tahun ini kembang api ini akan menggunakan bahan seberat 8,5 ton dan menampilkan pertunjukkan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Akan ditampilkan pertunjukkan yang mengikuti lagu dari Aretha Franklin yang meninggal bulan Agustus lalu yaitu (You Make Me Feel Like) A Natural Woman.

Di Melbourne, kembang api akan diluncurkan dari beberapa lokasi, dan sekitar 400 ribu warga akan memadati kota tersebut.

Sementara di kota ketiga terbesar di Australia Brisbane, sekitar 85 ribu orang diperkirakan akan hadir menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari lima tongkang yang berada di Brisbane River.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Lain Berjuang Atasi Kebakaran

Di beberapa lokasi, di tengah suhu panas yang sudah terjadi beberapa hari, kebakaran tidak bisa dikuasai sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyakn korban baik manusia maupun benda.

Di negara bagian Victoria, belasan properti sudah terbakar dengan ribuan orang terperangkap di kota tepi pantai Mallacoota, sekitar 514 km dari Melbourne, dengan api semakin mendekat ke kota yang dipenuhi turis selama masa liburan akhir tahun.

Sekitra 4 ribu orang di Mallacoota di kawasan East Gippsland ini sekarang berlindung di tepi pantai dan bersiap terjun ke laut untuk menghindari api yang terus bergerak ke arah kota kecil tersebut.

Di kota Melbourne sendiri, di kawasan pemukiman Mill Park, Bandoora, dan Plenty yang hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Melbourne, beberapa rumah mengalami kerusakan karena kebakaran semak.

Di negara bagian Victoria, masih ada 8 kebakaran yang dianggap darurat, tujuh diantaranya di kawasaan East Gippsland dan satu di sebelaah timur kota Albury, dekat perbatasan antara NSW dan Victoria.

Kebakaran semak ini sudah memakan korban satu relawan pemadam kebakaran, Samuel McPaul yang berusia 28 tahun, yang meninggal dalam insiden di Green Valley, sekitatr 70 km sebelah timur Albury.

Dinas Kebakaran NSW (RFS) mengatakan bahwa truk pemadam kebakaran yang membawa McPaul mengalami kecelakaan ketika hendak menuju ke lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.