Sukses

Kebakaran Makin Parah, Ribuan Warga Australia Diminta Menepi ke Pantai

Kebakaran yang melanda Australia saat ini semakin parah dan meluas. Warga Victoria diminta mendekat ke wilayah air guna menyelamatkan diri.

Liputan6.com, Victoria - Ribuan orang telah melarikan diri ke wilayah perairan, tepi pantai Australia untuk mencari perlindungan dari kebakaran besar-besaran yang menimpa daerah tersebut.

Penduduk mengatakan kobaran api telah meluas ke kota Victoria di Mallacoota pada Selasa pagi. Dampaknya, bara api telah menimpa rumah warga. Demikian dilaporkan oleh BBC, Selasa (31/12/2019). 

Melalui media sosial, orang-orang melaporkan "kobaran" api dan memposting gambar langit yang berwarna hitam dan juga merah tua.

Kebakaran hutan di Australia kian meluas. (Source: Twitter/ @justgemmal)

Beberapa tempat liburan populer di sepanjang pantai antara Sydney dan Melbourne saat ini berada di bawah ancaman kebakaran hutan.

Kebakaran yang sudah dinyatakan dalam "tingkat darurat" berada di sepanjang 500 km (310 mil) dari Teluk Batemans di New South Wales (NSW) ke Bairnsdale di Victoria.

Penduduk di beberapa komunitas tepi pantai NSW, termasuk Bermagui dan Teluk Batemans, juga telah dievakuasi ke pantai.

Kebakaran hutan di Australia kian meluas. (Source: Twitter/ @justgemmal)

Pihak berwenang telah mengatakan kepada orang-orang di daerah ini, yang kebanyakan merupakan turis, untuk tetap tinggal karena sudah terlambat dan berbahaya untuk dievakuasi.

Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews mengatakan pihak berwenang menaruh perhatian pada empat orang yang hilang di wilayah tersebut.

"Kami benar-benar mengkhawatirkan keselamatan mereka. Mereka berada di lingkungan kebakaran aktif dan kami tidak dapat mengatasinya," katanya kepada wartawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.