Sukses

Jumlah Napi Bunuh Diri di Penjara California Tertinggi dalam 30 Tahun Terakhir

Jumlah narapidana bunuh diri dalam penjara-penjara di California mencatatkan angka tertinggi dalam 30 tahun terakhir.

Liputan6.com, California - Jumlah narapidana bunuh diri dalam penjara-penjara di California mencatatkan angka tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Jumlah tersebut jauh di atas angka rata-rata nasional di seluruh Amerika Serikat (AS).

Tingkat bunuh diri narapidana di negara bagian itu melonjak ke rekor 28,7 kasus per 100.000 narapidana pada 2019, naik dari 26,3 kasus pada tahun sebelumnya, dan total 36 narapidana melakukan bunuh diri di sejumlah penjara yang dikelola oleh Departemen Pemulihan dan Rehabilitasi California (California Department of Corrections and Rehabilitation), tulis surat kabar San Francisco Chronicle.

Koran itu mengungkapkan, jumlah narapidana yang melakukan bunuh diri di sel terus meningkat dalam lima tahun terakhir, dan angka kematian tahanan akibat bunuh diri telah melampaui rata-rata nasional tahun ini yang mencapai 20 kasus bunuh diri per 100.000 narapidana.

Angka bunuh diri itu juga tercatat dua kali lipat lebih tinggi dari jumlah yang ada di kalangan masyarakat umum AS, kata surat kabar yang berbasis di San Francisco tersebut, seraya mengaitkan tingkat kematian itu dengan kurangnya perawatan kesehatan mental yang tepat untuk para tahanan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Beri Bantuan

Sistem penjara di California gagal memberikan bantuan yang sesuai bagi para narapidana yang mengalami gangguan kejiwaan, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (30/12/2019).

Surat kabar itu juga mengutip pendapat para ahli yang mengungkapkan berbagai masalah yang ada di penjara-penjara California, termasuk waktu tunggu yang lama untuk perawatan kesehatan mental, jumlah psikiater penjara yang tidak memadai, dan kegagalan mengawasi para narapidana yang rentan melakukan aksi bunuh diri.

Meski penjara-penjara di California lebih sesak 20 tahun silam, namun angka bunuh diri saat itu hanya mencapai 15,6 kasus per 100.000 narapidana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.