Penikaman Massal di Rumah Rabbi Yahudi New York, 2 Orang Kritis

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 29 Des 2019, 13:36 WIB
Diperbarui 29 Des 2019, 14:15 WIB
Ilustrasi Penusukan

Liputan6.com, Jakarta Kota New York digegerkan dengan kasus penikaman yang terjadi di sebuah tempat saat umat Yahudi beribadah. Akibat insiden yang terjadi di New York bagian utara, Sabtu 28 Desember malam ini, lima orang mengalami luka tusuk.

"Pada jam 21.50 malam ini, ada informasi tentang penikaman massal di rumah seorang Rabbi Yahudi Hasid. 5 korban dengan luka tusuk, semuanya Yahudi Hasid, diangkut ke rumah sakit setempat," ujar Dewan Urusan Publik Yahudi Ortodoks (OJPAC), seperti dilansir AFP, Minggu (29/12/2019).

"Dua orang dilaporkan dalam kondisi kritis," tambah OJPAC.

CBS New York melaporkan, seorang pria yang mengacungkan parang pergi ke rumah Rabbi Yahudi di Monsey --sebuah daerah dengan populasi Yahudi yang besar-- selama perayaan Hanukkah dan menusuk setidaknya tiga orang sebelum melarikan diri.

 

2 dari 3 halaman

Serangan Yahudi di AS Meningkat

Ilustrasi Korban Penusukan
Ilustrasi Korban Penusukan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Yossi Gestetner, salah satu pendiri OJPAC untuk wilayah Lembah Hudson mengatakan kepada New York Times, salah satu korban adalah putra Rabbi Yahudi. Rabbi merupakan sebutan bagi pemuka agama Yahudi.

"Rumah itu terdapat banyak lusinan orang di sana," kata Gestetner. "Itu adalah perayaan Hanukkah."

Polisi di AS telah berjuang melawan serangan terhadap Yahudi yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Penikaman ini menyusul penembakan awal bulan ini di sebuah toko halal di pinggiran kota New York yang menurut pihak berwenang sebagian didorong oleh gerakan anti-Semitisme. Enam orang tewas dalam serangan di Jersey City itu, termasuk dua tersangka.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓