Sukses

Cantik dan Ganteng 14 Politikus Muda Dunia, Nomor 11 Dari Asia

Inilah beberapa politikus termuda di dunia, salah satunya dari Asia. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Dari Eropa ke Amerika Serikat ke Afrika, belakangan ini banyak orang muda terlibat aktif dalam politik dan bahkan menjadi pejabat terpilih. Yang terkini dari Finlandia, Sanna Marin. Di usia 34 tahun ia menjadi perdana menteri termuda dunia sejak awal Desember lalu.

Mereka kemudian jadi sorotan, mulai dari usia, karena paras yang cantik atau ganteng hingga sisi prestasinya.

Beberapa tahun terakhir memang terjadi peningkatan yang nyata pada orang muda yang terlibat dalam politik dan mencalonkan diri untuk jabatan di seluruh dunia.

Siklus pemilu Amerika terakhir bahkan mencatat jumlah milenium meningkat lebih dari 300% di Kongres AS, dengan sekitar 700 millenial mencalonkan diri untuk kursi legislatif negara bagian di seluruh penjuru negeri.

Dan di Eropa, lebih banyak pemimpin di bawah usia 40 tahun seperti Sanna Marin Finlandia, Emmanuel Macron Prancis, dan Leo Varadkar Irlandia berkuasa. Anggota parlemen di negara-negara seperti Prancis dan Spanyol pun semakin muda dan kian beragam.

Di Afrika, Asia, Australia, dan Selandia Baru, kaum muda bangkit melalui jajaran pemerintahan, dan membuat sejarah.

Inilah beberapa politikus termuda di dunia yang mungkin jadi sorotan salah satunya karena memiliki paras cantik serta ganteng, satu di antaranya dari Asia, seperti dikutip dari Bussiness Insider, Sabtu (28//12/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Politikus Cantik dan Ganteng dari Finlandia hingga Kenya

1. Pada usia 34, Sanna Marin menjadi perdana menteri termuda di Finlandia, dan perdana menteri perempuan ketiga di negara itu.

2. Pada 2017, mantan Kanselir Austria Sebastian Kurz adalah pemimpin dunia melayani termuda. Dia terpilih pada usia 30.

Sebastian Kurz, politikus muda berusia 31 tahun yang digadang-gadang akan memimpin Austria (AP Photo/Matthias Schrader)

3. Pada November 2018, Alexandria Ocasio-Cortez, 29, dan Abby Finkenauer, 30, membuat sejarah sebagai wanita termuda dan termuda kedua yang terpilih untuk Kongres Amerika Serikat.

Calon anggota kongres Amerika Serikat (AS) Alexandria Ocasio-Cortez berbicara kepada para pendukungnya di Distrik Queens, New York, Selasa (6/11). Ocasio-Cortez terpilih sebagai anggota kongres AS mewakili Distrik 14 New York. (AP Photo/Stephen Groves)

4. Di Italia, Luigi DiMaio menjadi bintang kebangkitan gerakan Five Star yang populis. Di usia 33 tahun ia menjabat sebagai menteri luar negeri. Sebelum itu, ia adalah wakil perdana menteri pada usia 31.

Luigi DiMaio. (AFP)

5. Mark Okoye adalah komisaris termuda di Nigeria, sebagai Komisaris Perencanaan Ekonomi dan Anggaran untuk Negara Bagian Anambara. Dia dilantik pada usia 30.

Mark Okoye

6. Mhairi Black, anggota parlemen Inggris dari Skotlandia, pertama kali terpilih pada usia 20 tahun 2015 - menjadikannya anggota parlemen termuda sejak 1667.

Mhairi Black, parlemen termuda Inggris (twitter: @MhairiBlack)

7. Anggota Majelis Nasional Kenya dan mantan jurnalis Naisula Lesuuda, 34, adalah anggota termuda yang bertugas di Senat Kenya pada usia 29 tahun 2013.

3 dari 3 halaman

Politikus Cantik dan Ganteng dari Prancis hingga Spanyol

8. Pada tahun 2017, mahasiswa hukum Typhanie Degois menjadi anggota termuda dari parlemen Prancis pada usia 24 tahun. Ia adalah salah satu dari beberapa anggota parlemen baru yang dipilih dari Partai En Marche Emmanuel Macron.

Typhanie Degois. (AFP)

9. Edison Broce, 29, adalah anggota parlemen termuda di majelis nasional Panama. Dia juga memegang gelar master dalam kebijakan publik dari Blavatnik School of Government Universitas Oxford.

10. Senator Jordon Steele-John, yang dipilih pada 2017 pada usia 22, saat ini adalah anggota termuda dari parlemen Australia. Dia juga yang pertama penyandang cacat.

Jordon Steele-John. (Parlemen Australia)

11. Pada usia 25, menteri Pemuda & Olahraga Malaysia Syed Saddiq adalah orang termuda yang pernah bertugas di pemerintahan kabinet Malaysia. Sekarang dia berusia 27 tahun.

Syed Saddiq jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menteri Belia dan Sukan) diusianya yang masih sangat muda. (Sumber: Instagram/@syedsaddiq)

12. Ebba Hermansson dari Swedia juga terpilih sebagai anggota parlemen negaranya pada usia 22 tahun pada tahun 2018.

Ebba Hermansson. (Screen Grab Expressen TV)

13. Begitu pula anggota parlemen Selandia Baru Chloe Swarbrick, yang terkenal karena viral "oke boomer" -nya, awal tahun ini. Dia terpilih sebagai anggota parlemen saat berusia 23 tahun - yang termuda di negara itu dalam 42 tahun.

14. Politisi keturunan Mesir-Spanyol, Nagua Alba terpilih menjadi anggota parlemen Spanyol pada usia 25 tahun 2015. Dia menjadi tidak hanya anggota parlemen termuda, tetapi juga anggota pertama keturunan Arab.

 

Nagua Alba. (AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.