Sukses

China Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit ke Orbit, Buka Jalan Misi ke Mars

China mengumumkan peluncuran Long March 5 yang sukses itu pada Jumat 27 Oktober 2019.

Liputan6.com, Beijing - China berhasil meluncurkan roket Long March 5. Upaya itu membuka jalan untuk proyek ruang angkasa negara itu yang lebih ambisius.

Seperti dilaporkan CNN, Sabtu (28/12/2019), China mengumumkan peluncuran yang sukses itu pada Jumat 27 Oktober waktu setempat. Menyebutkan telah mengirimkan satelit komunikasi ke High Earth orbit atau Orbit Bumi tinggi menurut media pemerintah China CCTV.

Peluncuran roket yang baru sukses pada upaya ketiga ini dapat membuka jalan bagi proyek ruang angkasa yang lebih ambisius seperti misi ke Bulan dan Mars, termasuk dengan stasiun ruang angkasa berawak.

China mengembangkan roket yang kuat, yang dirancang untuk membawa 25 ton muatan ke orbit rendah, dengan tujuan meluncurkan wahana penyelidikan Mars pada tahun 2020.

Proyek Long March 5, awalnya diumumkan pada tahun 2001, namun mengalami penundaan yang lama karena terkendala pendanaan dan kesulitan dalam mengembangkan teknologi baru bagi kendaraan peluncur pertama China yang sepenuhnya menggunakan propelan cair. Tes kedua roket gagal pada 2017, dan mengancam untuk menunda upaya negara untuk menjadi kekuatan ruang angkasa terkemuka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambisi Ruang Angkasa

Awal tahun ini, China menyelesaikan uji publik pertamanya tentang pendaratan ke Mars. Hal itu menjaga Tiongkok pada jalur misi eksplorasi tak berawak ke planet merah tahun depan.

Negara itu terlambat dalam soal antariksa - belum mengirim satelit pertamanya ke luar angkasa sampai tahun 1970, tepat setelah Amerika Serikat menempatkan manusia pertama di Bulan. Tetapi dalam beberapa dekade sejak itu, China telah memompa miliaran dolar dan sumber daya lainnya ke dalam penelitian dan pelatihan.

Selain misi Mars, China telah secara aktif mengejar eksplorasi bulan.

Kendaraan angkasa Chang'e-4 berhasil mendarat di sisi jauh bulan pada bulan Januari, prestasi bersejarah pertama dan utama untuk program luar angkasa Tiongkok. Lalu pada tahun 2020, misi bulan berikutnya direncanakan akan mendarat di bulan, mengumpulkan sampel dan kembali ke Bumi, sementara rencana awal sedang berlangsung untuk misi bulan berawak di tahun 2030-an.

Jika berhasil, China hanya akan menjadi negara kedua, setelah Amerika Serikat, yang menempatkan warga negaranya di bulan. Meski demikian, China juga berencana untuk meluncurkan stasiun ruang angkasa seberat 20 ribu kg sekitar tahun 2022.

3 dari 3 halaman

Long March 5, Roket Terkuat China

Mengutip Spaceflightnow, Long March 5 adalah roket setinggi 187 kaki (57 meter), yang paling kuat di armada China. Lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Pulau Hainan di China Selatan pada pukul 12.45 GMT (07:45 EST; 20:45 waktu Beijing) ) Jumat.

Streaming video langsung di televisi pemerintah China menunjukkan roket Long 5 Maret menembus langit berawan di atas landasan peluncuran pantai di provinsi paling selatan Tiongkok.

Sepuluh mesin mendorong Long March 5 ke angkasa dengan daya dorong hampir 2,4 juta pon, membawa satelit komunikasi eksperimental bernama Shijian 20 ke luar angkasa.

Peluncuran pada hari Jumat menandai penerbangan pertama dari roket Long March 5 sejak misi kedua peluncur pada Juli 2017 berakhir dengan kegagalan, mendorong upaya pendaratan dan desain ulang selama dua setengah tahun.

Keberhasilan kembali terbang dari roket Long 5 Maret hari Jumat membuka jalan bagi China untuk bergerak maju dengan rencana untuk meluncurkan sepasang misi luar angkasa robotik ambisius menggunakan roket Long March 5 pada tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.