Sukses

Pertemuan Menhan RI-Filipina Bawa Misi Peningkatan Kerjasama Pertahanan

Menteri pertahanan RI, Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Filipina, Delfin N. Lorenzana untuk membahas peningkatan kerjasama di bidang pertahanan.

Liputan6.com, Manila - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melawat ke Filipina, bertemu dengan Menteri Pertahanan Filipina Delfin N. Lorenzana. Pertemuan ini diadakan pada Jumat 27 Desember 2019 di Villamor Air Base Manila.

Hubungan antara Indonesia dan Filipina di bidang pertahanan serta keamanan akhir-akhir ini dipererat dengan adanya proses pemulangan WNI yang menjadi sanderaan kelompok Militan Abu Sayyaf di Filipina. 

Maka dari itu, dalam pertemuan tersebut Menhan RI secara khusus meneruskan pesan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih terkait dua WNI yang sudah berhasil pulang dan kembali ke Tanah Air.

Namun, dalam proses tersebut pun, salah satu tentara Filipina harus menjadi korban. Seperti Menlu Retno, Menhan RI juga menyampaikan belasungkawa terhadap jatuhnya korban jiwa di pihak tentara Filipina dalam operasi tersebut.

Menhan RI, Prabowo Subianto bersama dengan Menhan Filipina Delfin N. Lorenzana. (Source: KBRI Manila)

Kedua Menteri juga membahas berbagai upaya peningkatan kerjasama pertahanan dalam kerangka bilateral maupun sub-regional. Mereka sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam menghadapi situasi keamanan di perairan Sulu.

Pertemuan berlangsung dalam suasana yang bersahabat.

Dalam pertemuan ini, Menhan didampingi oleh Wakil Kepala Perwakilan RI di Manila Widya Rahmanto, serta beberapa pejabat Kemhan RI dan Mabes TNI.

Sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto telah melakukan lawatan ke sejumlah negara seperti Malaysia, Turki, China dan Rusia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.