Sukses

Pakai Rontgen, Cara Unik Warga Asia Lihat Gerhana Matahari Cincin

Fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi pada Kamis, 26 Desember 2019 membuat masyarakat dunia tak ingin kehilangan momennya. Mereka pun mencari cara untuk ikut menyaksikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di seluruh Asia menyaksikan gerhana matahari berbentuk lingkaran, yang juga dikenal sebagai "cincin api".

Kerumunan orang berkumpul untuk menyaksikan fenomena alam itu di sejumlah negara, termasuk Sri Lanka, Indonesia, India, dan Arab Saudi.

Dilansir dari BBC, Kamis (26/12/2019), dalam gerhana matahari cincin, bulan menutupi pusat Matahari, sehingga memberikan penampilan seperti cincin dengan cahaya yang cerah.

Biasanya ada dua gerhana matahari di Bumi setiap tahun, dan itu terjadi hanya ketika Bumi sepenuhnya atau sebagian dalam bayangan Bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Unik Masyarakat Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin

Tak ingin ketinggalan, masyarakat di sejumlah negara Asia pun mencari cara demi bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin tersebut.

Mulai dari mengenakan kacamata hitam khusus hingga menggunakan rontgen. Seperti dalam potret berikut. 

Anak-anak di Wan Twin, Myanmmar menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari cincin.  (Source: AFP)Seorang perempuan menggunakan foto rontgen X-ray untuk menyaksikan gerhana matahari cincin di Islamabad, Pakistan. (Source: AFP)

Gerhana matahari sebelumnya terjadi pada 2 Juli dan terlihat hampir secara eksklusif di Amerika Selatan. Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada 14 Desember 2020, dan akan terlihat di beberapa bagian selatan Chile dan Argentina, serta Afrika barat daya dan Antartika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.