Top 3: Siaran Langsung Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Jadi Sorotan

Oleh Liputan6.com pada 26 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 23:13 WIB
Gerhana Matahari Cincin.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dipastikan bisa melihat gerhana matahari cincin pada Kamis siang, 26 Desember 2019. Sangat disayangkan jika fenomena ini dilewatkan, karena Indonesia baru bisa melihat gerhana lagi pada 2023 mendatang. 

Meskipun demikian, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat gerhana dengan jelas. Untungnya, ada beberapa kanal di YouTube yang menyediakan layanan live streaming gerhana matahari cincin.

Informasi ini menjadi yang paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Artikel menarik lainnya datang mengenai Imam Besar Al-Azhar Ahmed El-Tayyeb mengucapkan selamat Natal yang tulus kepada pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus. Ucapan yang sama juga ia sampaikan untuk semua umat Kristiani di seluruh dunia.

Informasi tak kalah menarik lainnya kembali mengenai gerhana matahari yang bisa terlihat tidak hanya di Indonesia. Gerhana matahari terakhir pada 2019 akan terlihat pada Kamis 26 Desember 2019 besok. Gerhana matahari cincin itu juga bisa dinikmati di negara-negara Arab, India, hingga Asia Tenggara selain Indonesia.

Simak ketiga artikel menarik yang menjadi sorotan di kanal Global Liputan6.com edisi Kamis, 26 Desember 2019:

2 dari 4 halaman

1. Siaran Langsung Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Ini Cara Nontonnya

Banner Infografis Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019.
Banner Infografis Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019. (Liputan6.com/Abdillah)

Indonesia dipastikan bisa melihat gerhana matahari cincin pada Kamis siang, 26 Desember 2019. Fenomena ini sayang dilewatkan sebab Indonesia baru bisa melihat gerhana lagi pada 2023 mendatang. 

Namun, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat gerhana dengan jelas. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hanya ada beberapa wilayah yang bisa dengan jelas menyaksikan gerhana matahari cincin.

Untungnya, ada beberapa kanal di YouTube yang menyediakan layanan streaming gerhana matahari cincin. Serunya lagi, di antara kanal-kanal tersebut, bahkan ada juga yang punya layanan menonton aurora.

Simak selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Imam Besar Al-Azhar Ucap Selamat Natal ke Paus Fransiskus dan Umat Kristiani Dunia

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus bertemu dengan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb di Vatikan, Selasa (7/11). Keduanya melakukan pertemuan secara pribadi dan tertutup di kantor Paus Fransiskus.
Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus bertemu dengan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb di Vatikan, Selasa (7/11). Keduanya melakukan pertemuan secara pribadi dan tertutup di kantor Paus Fransiskus. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

 Imam Besar Al-Azhar Ahmed El-Tayyeb mengucapkan selamat Natal yang tulus kepada pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus. Ucapan yang sama juga ia sampaikan untuk semua umat Kristiani di seluruh dunia.

Pada momen Natal ini, seperti dilansir kantor berita Mesir, Ahram, Rabu (25/12/2019), El-Tayyeb menyoroti ikatan yang kuat antara dunia Muslim dan Kristen.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Al-Azhar, hal itu sejalan dengan upaya yang dilakukan Paus Fransiskus dan Imam Besar untuk mendorong dialog di antara para pengikut berbagai agama dan budaya.

Simak selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Selain Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Terakhir Pada 2019 Juga Terlihat di Negara Ini

THUMBNAIL GERHANA MATAHARI CINCIN.
THUMBNAIL GERHANA MATAHARI CINCIN.

Gerhana matahari terakhir pada 2019 akan terlihat pada Kamis 26 Desember 2019 besok. Gerhana matahari cincin itu juga bisa dinikmati di negara-negara Arab, India, hingga Asia Tenggara selain Indonesia.

Melansir Forbes, Rabu (25/12/2019), gerhana matahari cincin ini juga bisa terlihat di Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, bagian selatan India, bagian utara Sri Lanka, Samudera Hindia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Pulau Guam.

Gerhana matahari cincin di Indonesia diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB. Namun, tidak semua daerah bisa melihat dengan jelas.

Simak selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓