Sukses

Tak Ada Misa Natal di Notre Dame, Ibadah Pindah ke Gereja Lain

Katedral Notre Dame di Paris, Prancis meniadakan Misa Natal.

Liputan6.com, Paris - Untuk pertama kalinya sejak Revolusi Prancis, Katedral Notre Dame meniadakan Misa Natal. Tak diselenggarakannya ibadah itu karena kerusakan di salah satu bangunan terkenal di Paris itu sangat parah akibat kebakaran tahun ini.

VOA Indonesia yang dikutip Rabu (25/12/2019) melaporkan, para imam, paduan suara dan jemaat gereja itu merayakannya di gereja Gothik lainnya di dekat Museum Louvre.

Misa Malam Natal dan Natal rencananya diselenggarakan di gereja Saint-Germain l'Auxerrois, yang pernah digunakan keluarga bangsawan Prancis.

Kebakaran pada April lalu melalap atap bangunan dari abad pertengahan itu dan meruntuhkan bagian puncak menaranya. Rekonstruksi diperkirakan berlangsung selama beberapa tahun. Menurut para pejabat, bangunan itu terlalu rapuh untuk dimasuki pengunjung, dan masih ada risiko keracunan akibat berton-ton debu timbel akibat kebakaran itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renovasi 5 Tahun

Presiden Emmanuel Macron telah menetapkan jadwal lima tahun untuk benar-benar memperbaiki struktur bangunan berusia delapan abad ini, yang masih diselimuti perancah dengan derek besar yang menjulang di atasnya.

Jaksa penuntut Paris mencurigai kelalaian kriminal dan membuka penyelidikan pada Juni 2019, menyatakan bahwa ada rokok yang tersesat atau kesalahan listrik bisa menjadi penyebabnya.

Kementerian kebudayaan mengatakan pada Oktober, hampir 1 miliar euro atau sekitar Rp 15 triliun telah dijanjikan untuk rekonstruksi.

3 dari 3 halaman

5 Fakta Katedral Notre Dame

Kebakaran di Katedral Notre Dame de Paris, Prancis terjadi hanya beberapa hari sebelum Paskah. Tentu saja insiden itu bikin khawatir warga Paris dan wisatawan, yang terbiasa berkunjung ke sana di tengah momentum itu. 

Bangunan kuno ini merupakan salah satu simbol dari kota Paris. Notre Dame menyimpan banyak sejarah. Seperti dikutip dari laman Discoverwalks.com, Selasa 16 April 2019, berikut 5 fakta soal Notre Dame Paris, Prancis:

1. Lokasi yang Paling Banyak Dikunjungi

2. Dibangun di Atas Lokasi yang Sakral

3. Kerangka Atap dari Kayu

4. Rumah Bagi Mahkota Kristus

5. Sejarah Lonceng Katedral

Selengkapnya di tautan berikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini