Menguak 6 Aktivitas Receh yang Biasa Dilakukan Miliarder Dunia Setiap Hari

Oleh Tanti Yulianingsih pada 24 Des 2019, 20:40 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 20:40 WIB
Ilustrasi orang kaya
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang miliarder seperti Warren Buffett dan Elon Musk tidaklah mudah. Banyak proses yang harus dilewati, bahkan tak sedikit perjuangan untuk menduduki posisi tersebut.

Mereka telah membuktikan bahwa jika Anda tidak meluangkan waktu untuk melakukan enam hal kecil ini setiap hari, niscaya Anda bisa saja tidak akan pernah berhasil.

Sukses tidak mudah - dan tentu saja itu tidak terjadi dalam semalam, tetapi ada hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mencapai tujuan. Para pemimpin dunia paling legendaris, dari Elon Musk dan Oprah Winfrey hingga CEO di Google dan Facebook, semua sukses didapat dengan upaya sendiri.

Meski demikian, kuncinya adalah tetap sabar dan berkomitmen.

Berikut ini mungkin adalah enam hal receh yang perlu Anda lakukan setiap hari jika Anda ingin sukses dalam hidup seperti para miliarder di atas, dikutip dari NBC News, Selasa (24/12/2019):

2 dari 7 halaman

1. Baca Buku yang Tak Terkait Karier Anda

Ilustrasi Anak Jenius (iStockphoto)
Perbesar
Untuk Menjadikan Anak Jenius Tidak Cukup Hanya dengan Perbanyak Baca Buku, tapi Juga Melakukan Hal yang Lain (Ilustrasi/iStockphoto)

Membaca adalah salah satu cara termudah untuk mengalami kehidupan dari perspektif lain dan mengembangkan empati yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Selain itu juga penting untuk memperluas pengetahuan Anda di luar keahlian Anda.

Ada alasan mengapa Elon Musk memasukkan fiksi ilmiah dan karya biografi sebagai beberapa hal penting dalam daftar bacaannya.

"Saya dibesarkan oleh buku. Buku, dan kemudian orangtua saya," kata Musk dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

3 dari 7 halaman

2. Berkeringat

Ilustrasi orang bahagia
Perbesar
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: pexels.com/Andre Furtado.

Ini bukan soal sauna atau melakukan hot yoga.

Mengembangkan keberanian untuk melakukan sesuatu di luar zona nyaman Anda adalah tanda bahwa Anda naik level. Jika tidak, Anda tidak akan tertinggal jauh.

Jika Anda benci berbicara di depan umum, jadilah yang pertama berbicara di rapat tim Anda berikutnya. Meskipun Anda mungkin merasa sangat gugup sehingga meninggalkan jejak noda keringat di bawah ketiak, lakukan saja. Nanti juga terasa lebih mudah.

Mark Zuckerberg menghabiskan bertahun-tahun mempelajari bahasa Mandarin. Dan coba tebak? Dia melakukan pekerjaan yang cukup bagus untuk menguasainya. Ketakutan dan pertumbuhan tidak bisa ada dalam ruang yang sama. Salah satunya harus pergi agar yang lain bisa berkembang.

4 dari 7 halaman

3. Olahraga

Olahraga
Perbesar
Simak tren olahraga ap saja yang akan booming di tahun 2020 mendatang. (Foto: Unsplash.com)

Dalam lima tahun penelitiannya tentang orang kaya, penulis Tom Corley menemukan bahwa berolahraga adalah sesuatu yang mereka semua bagikan.

"Mereka yang terbiasa olahraga aerobik memiliki keunggulan kompetitif yang luar biasa dibandingkan dengan mereka yang tidak," tulisnya dalam blog.

Menurut Tom Corley, manfaatnya termasuk IQ (kecerdasan quotient) yang lebih tinggi, kemauan keras, kepercayaan diri, dan energi hingga 20 persen lebih banyak.

Sejumlah miliarder termasuk Oprah Winfrey, Sheryl Sanberg dan Richard Branson, memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian mereka. Penelitian bahkan menemukan bahwa sedikit berolahraga setiap hari dapat secara signifikan membantu memperpanjang masa hidup Anda.

5 dari 7 halaman

4. Memberi Bantuan

Ilustrasi dermawan
Perbesar
Ilustrasi dermawan (istimewa)

Orang-orang sukses memahami pentingnya memberi kembali atau berderma, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Pada tahun 2010, Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett mulai berjanji untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan mereka bagi pengentasan kemiskinan dan kesehatan global.

Tak melulu soal uang. Bisa juga sesederhana menawarkan bantuan untuk rekan kerja atau orang tua dengan belanjaan berat.

Jika Anda terlalu sibuk untuk memberi bantuan atau membalas budi, maka Anda terlalu sibuk untuk berhasil.

6 dari 7 halaman

5. Luangkan Waktu Sejenak Mengingat Persaingan Hidup

Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis. Kredit: Freepik

Michael Jordan pernah berkata, "Saya bermain untuk menang, baik selama latihan atau dalam pertandingan nyata. Dan saya tidak akan membiarkan apa pun menghalangi saya dan antusiasme kompetitif saya untuk menang."

Pemain bola basket profesional ini mengingat bagaimana ia dikeluarkan dari tim bola basket sekolah menengah atas, lalu berhasil di enam kejuaraan dan menjadi bagian dari salah satu brand atletik paling berharga di sejarah Amerika.

Kegagalan untuk memaafkan dan menyimpan dendam dapat membebani Anda, tetapi mengakui persaingan dan keraguan Anda (misalnya, pembenci) dapat menjadi bentuk motivasi yang kuat. Hal ini mendorong Anda untuk melakukan segala daya Anda untuk berhasil dan membuktikan mereka salah.

7 dari 7 halaman

6. Keluar dan Berpikir

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Perbesar
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Kini lumrah bagi khalayak menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan ponsel. Cobalah menjauh dari perangkat itu, keluar, berjalan, dan berpikir.

Sebuah studi dari American Psychology Association menemukan bahwa jalan-jalan di luar ruangan dapat meningkatkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah.

"Ketika ada keuntungan dalam menghasilkan ide-ide baru di hari kerja, itu pasti manfaat dari jalan-jalan bersama," tulis para peneliti.

Mark Zuckerberg, Richard Branson dan CEO di Google dan LinkedIn juga suka mengadakan pertemuan dengan berjalan kaki karena hal itu membantu dengan bertukar pikiran konsep baru.

"Saya menemukan ini sebagai cara yang jauh lebih cepat untuk memulai bisnis, membuat keputusan dan kesepakatan," tulis Branson dalam blog-nya.

"Ditambah lagi, ini cara yang bagus untuk memiliki sedikit olahraga dan tetap fokus pada hari yang sibuk."

Lanjutkan Membaca ↓