Dalam Pesan Natal, Ratu Elizabeth II Mengakui Tahun 2019 Tidak Mulus

Oleh Tommy Kurnia pada 24 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 15:00 WIB
Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II (Leon Neal / POOL / AFP)

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II dari Britania Raya mengatakan dalam pesan Natal bahwa 2019 ini adalah masa sulit. Tahun ini, berbagai drama terjadi di negara sang ratu, mulai dari potensi Brexit, kasus Pangeran Andrew yang berteman dengan pedofil, hingga hubungan Pangeran William dan Harry.

Dilaporkan AP News, Selasa (24/12/2019), Ratu Elizabeth II berharap tindakan yang kecil bisa membuat perbedaan besar terkait apa yang telah terjadi.

"Jalannya tentu tidak selalu mulus, dan pada tahun ini banyak saat-saat yang bergelombang, tetapi langkah-langkah kecil bisa membuat perbedaan yang amat besar," ucap Ratu Elizabeth II dalam pesan Natalnya.

Adik Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew, harus menerima kecaman publik karena memiliki kedekatan dengan pelaku pedofil Jeffrey Epstein. Masalah makin runyam karena Pangeran Andrew membela persahabatnnya dengan Epstein pada sebuah wawancara TV.

Pangeran Andrew pun terpaksa mundur dari perannya resminya sebagai patron di berbagai organisasi seperti British Science Association, Royal Philharmonic Orchestra, Royal Society for Asian Affairs, dan Helicopter Club of Great Britain.

Hubungan antara Pangeran William dan Pangeran Harry juga sedang renggang. Pangeran Harry memilih pergi ke Kanada bersama Meghan dan putra mereka Archie ketimbang pergi ke Sandringham Estate yang merupakan agenda wajib keluarga kerajaan saat natal.

Harry dan Meghan juga mengeluhkan kehadiran media yang menganggu kehidupan mereka bersama Archie yang masih berusia tujuh bulan.

Terakhir, suami Ratu Elizabeth II yaitu Pangeran Philip juga sedang sakit. Pangeran Philip yang berusia 98 tahun sedang dirawat di London, namun pihak kerajaan tidak mengungkap apa penyakitnya.

Akibat kondisinya, Pangeran Philip diperkirakan tak bisa datang ke Sandringham pada natal mendatang. Ketika ditanya kesehatan bapaknya, Pangeran Charles mengakui ada keterkaitan faktor umur.

"Ketika umurmu mencapai usia tersebut, kondisimu tidak akan berfungsi begitu baik," ujar Pangeran Charles.

2 dari 4 halaman

Meghan Markle dan Pangeran Harry Absen Makan Siang Natal Bareng Ratu Elizabeth II

Bayi Meghan Markle
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menamai putra mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Terlihat Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip bertemu dengan cicit mereka, bersama dengan ibu Meghan, Doria Ragland. ( Chris Allerton, Sussex Royal)

Anggota keluarga kerajaan Inggris menuju Istana Buckingham pada Rabu, 18 Desember 2019, waktu setempat. Momen ini jadi pertemuan liburan tahunan mereka, sebelum Ratu Elizabeth II menghabiskan Natal di Sandringham.

Dilansir People,  dalam momen tersebut, Meghan Markle dan Pangeran Harry tak tampak hadir. Pasangan ini dan putra mereka, Archie kini tengah rehat enam minggu dari tugas kerajaan.

Mereka dilaporkan bepergian ke luar negeri. Meghan dan Pangeran Harry mengungkapkan mereka akan mengambil cuti menjelang akhir tahun di tengah kekhawatiran pengawasan ketat yang mereka hadapi.

"Duke dan Duchess memiliki jadwal keterlibatan dan komitmen penuh hingga pertengahan November, setelah itu mereka akan menghabiskan waktu keluarga yang sangat dibutuhkan." kata seorang sumber kerajaan kepada People.

Meghan Markle pertama kali menghadiri makan siang Natal yang digelar Ratu Elizabeth II pada 2017 ketika masih menjadi tunangan Harry. Sedangkan tahun lalu, mereka tengah menanti kehadiran Archie.

Dalam potret di jamuan makan siang, Meghan mengenakan atasan hitam dengan garis leher tinggi. Sedangkan Harry memakai jas yang kala itu berada di balik kemudi.

3 dari 4 halaman

Liburan dengan Ibu Meghan

Pangeran Harry, Meghan Markle
Perbesar
Bukan pinjaman dari Ratu Elizabeth II, Meghan Markle rupanya akan dibuatkan tiara khusus (AP Photo)

Meghan Markle dan Pangeran Harry sebelumnya mengumumkan mereka juga melewatkan perayaan liburan tahunan di Sandringham pekan depan. Meghan pertama kali merayakan Natal dengan keluarga kerajaan pada 2017.

Momen perayaan itu setelah pertunangan keduanya diumumkan, dan berlanjut pada 2018 setelah Meghan dan Harry resmi mengikat janji suci pernikahan.

"Duke dan Duchess of Sussex berharap untuk memperpanjang waktu keluarga menjelang akhir bulan ini," bunyi pernyataan Istana Buckingham.

"Setelah menghabiskan dua Natal terakhir di Sandringham, Yang Mulia akan menghabiskan liburan tahun ini sebagai keluarga baru dengan ibu Duchess, Doria Ragland. Keputusan ini sejalan dengan preseden yang ditetapkan sebelumnya oleh anggota lain dari keluarga kerajaan dan dapat dukungan dari Yang Mulia Ratu," lanjut pernyataan itu.

Saat Meghan dan Harry absen, terlihat banyak anggota keluarga kerajaan yang hadir. Pangeran William tampak tiba di acara bersama Pangeran George di sampingnya di kursi depan.

Kate Middleton yang mengenakan busana kotak-kotak merah melempat senyum ketika tiba. Datang terpisah dengan William, ia tiba dengan Putri Charlotte dan putranya, Pangeran Louis di kursi belakang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓