Sukses

Roket Long March-5 Milik China Siap Meluncur ke Antariksa

Roket pengangkut terbesar China, Long March-5 ketiga siap diluncurkan.

Liputan6.com, Hainan - Roket pengangkut terbesar China, Long March-5 ketiga siap diluncurkan. Roket tersebut telah dipindahkan dalam posisi vertikal ke area peluncuran di Pusat Peluncuran Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, pada Sabtu 21 Desember.

Roket pengangkut dengan kode Long March-5 Y3 ini rencananya akan diluncurkan pada akhir Desember, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China.

Sejumlah insinyur antariksa telah melakukan perakitan umum dan uji coba pada roket tersebut setelah diangkut ke Wenchang pada akhir Oktober lalu.

Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk memindahkan roket besar itu dalam posisi vertikal ke area pusat peluncuran. Beberapa insinyur antariksa akan melakukan pemeriksaan dan uji coba akhir pada roket tersebut sebelum diluncurkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untukn Luncurkan Wahana Penjelajah Mars

Penerbangan roket Long March-5 ini dianggap sebagai puncak dari sektor antariksa China pada 2019.

Roket besar itu merupakan kunci dari misi antariksa China di masa depan.

Jika penerbangan ini berhasil, roket pengangkut itu akan ditugaskan meluncurkan wahana penjelajah Mars pertama China dan mengirimkan wahana Chang'e-5 ke Bulan untuk membawa pulang beberapa sampel ke Bumi.

Selain itu, versi modifikasi dari roket tersebut, Long March-5B, akan digunakan untuk membangun stasiun antariksa China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.