Sukses

Patung Raksasa Raja Horus Ditemukan di Luxor

Patung besar Raja Horus dari zaman Mesir kuno ditemukan di tepi barat Provinsi Luxor.

Liputan6.com, Jakarta - Patung besar Raja Horus dari zaman Mesir kuno ditemukan di tepi barat Provinsi Luxor. Patung itu ditemuan dalam misi arkeologis misi Mesir-Jerman.

"Misi tersebut menemukan bagian besar patung itu dalam penggalian di Kuil Jutaan Tahun Amenhotep III (Temple of Millions of Years of Amenhotep III) di situs Kom El-Hitan," tutur Fathi Yassin, Direktur Jenderal Kepurbakalaan Tepi Barat di Luxor.

Patung sepanjang 1,85 meter itu terbuat dari granit hitam, menampilkan sosok Raja Horus yang berdiri dalam bentuk elang tanpa kaki dengan lengan yang patah.

Kepala misi arkeologis tersebut, Sourouzian menyatakan patung yang baru ditemukan itu berada dalam kondisi baik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Arkeologis Luar Biasa

"Benda itu memiliki nilai artistik, ilmiah, dan arkeologis yang luar biasa, yang akan berkontribusi untuk menunjukkan gambaran lengkap mengenai Kuil Raja Amenhotep III setelah hancur akibat gempa bumi pada abad ke-28 SM," ungkap Sourouzian, seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (22/12/2019).

Mesir telah mencatatkan sejumlah penemuan arkeologis besar pada 2019 di berbagai wilayah negara itu, termasuk makam Firaun, patung, peti mati, dan mumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.