Sukses

Kebakaran Tak Kunjung Henti, Australia Keluarkan Travel Warning Bagi Wisatawan

Kebakaran hutan yang terus menghanguskan wilayah Australia membuat pihak berwenang harus mengeluarkan peringatan bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Liputan6.com, Sydney - Peringatan kebakaran katastropik diberlakukan di seluruh negara bagian New South Wales (NSW) Australia, di mana petugas pemadam kebakaran menangani lebih dari 100 titik api.

Pihak berwenang telah mendesak para pelancong Natal untuk menunda perjalanan mereka karena kondisi yang mengancam untuk mengintensifkan krisis kebakaran hutan. Demikian dikutip dari BBC, Sabtu (21/12/2019).

Naiknya suhu dan angin kencang diperkirakan akan memperburuk kebakaran di tiga negara bagian pada hari Sabtu, 21 Desember 2019.

"Kami meminta semua orang untuk tidak melakukan perjalanan di jalan dekat titik kebakaran yang aktif kecuali Anda benar-benar harus melakukannya," kata Gladys Berejiklian, pejabat berwenang NSW pada sebuah konferensi pers.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diminta Waspada

Negara bagian NSW dan Australia Selatan menjadi fokus utama dari peringatan perjalanan wisatawan tersebut.

Di NSW, beberapa jalan utama dan jalan raya telah ditutup, termasuk bagian dari Prince Highway.

Pada pukul 16.30 (05:12 GMT), 24 jalan dan jalan raya di NSW terkena dampak kebakaran, menurut situs web pemerintah.

Jalanan juga telah ditutup di Australia Selatan, dan penduduk diminta untuk memantau situs web lalu lintas pemerintah untuk pembaruan.

"Jika anggota masyarakat mencoba memasuki daerah itu, mereka akan ditolak, terlepas mereka merupakan pemilik properti atau pemilik bisnis, karena alasan keamanan tertentu," kata seorang pejabat kepolisian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.