Sukses

Eks PM Najib Razak Telah Lakukan Sumpah Laknat, Ini Faktanya

Eks Perdana Menteri Najib Razak telah melakukan 'sumpah laknat'. Ini fakta-fakta mengenai 'sumpah laknat'.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri Najib Razak telah melakukan 'sumpah laknat' usai ibadah sholat Jumat pada Jumat, 20 Desember 2019. Hal itu ia lakukan di atas tuduhan pembunuhan seorang model asal Monglia bernama Altantuya Shaariibuu.

'Sumpah laknat' telah diselenggarakan di Masjid Jamek, Kampung Baru. 

'Sumpah laknat' merupakan sebuah sumpah bagi umat Muslim kepada Tuhan, mereka meminta pembalasan ilahi dalam bentuk kutukan terhadap pihak lain jika yang dirinya berbohong. Demikian dilansir dari Malay Mail, Jumat (20/12/2019). 

Ini juga tidak diakui secara resmi dalam hukum Syariah Malaysia, yang dikelola secara terpisah oleh masing-masing negara.

Sumpah laknat berbeda dari sumpah yang dilakukan di pengadilan Syariah lainnya, biasanya dalam kasus perselisihan keluarga atau warisan - di mana seseorang bersumpah atas nama Tuhan atas pernyataan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Melakukan 'Sumpah Laknat'?

Sumpah laknat tidak hanya ada di Malaysia, dan lebih dikenal di tempat lain dengan istilah Arab "mubahalah". Tidak ada ritual standar karena tidak dikodifikasi dalam Islam sebagai bagian dari praktik keagamaan umum.

Sarjana agama Islam memiliki pendapat yang berbeda tentang bagaimana ritual mubahalah dilakukan. Tetapi dalam beberapa kasus, umat Islam di sini melakukannya dengan bersumpah atas nama Tuhan dan dengan memegang Quran.

Pada tahun 2017, Wilayah Federal Mufti Datuk Zulkifli Mohamad menulis di situs webnya bahwa bersumpah pada Al-Quran adalah "diizinkan", asalkan dilakukan atas nama Allah.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa mubahalah pertama kali dijelaskan dalam Alquran ayat 3:61, yang dapat diterjemahkan sebagai: "Lalu siapa pun yang berdebat dengan Anda tentang hal itu setelah [ini] pengetahuan datang kepada Anda - katakan, 'Ayo, mari kita panggil putra-putra kami dan putra-putramu, wanita kami dan wanita Anda, diri kita sendiri dan dirimu sendiri, kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh [bersama] dan memohon kutukan Allah atas para pembohong [di antara kita]. "

Dikatakan bahwa ayat itu datang kepada Nabi Muhammad setelah sebuah delegasi Kristen menolak ajaran Muhammad - antara lain bahwa Yesus, yang juga seorang nabi dalam Islam, adalah seorang utusan fana daripada Putra Allah.

Saat itulah Muhammad meminta muhabalah untuk menekankan bahwa dia mengatakan yang sebenarnya. Dikatakan bahwa diyakinkan oleh keyakinan Muhammad, orang-orang Kristen menolak untuk bergabung dengan ritual dan berdamai.

3 dari 4 halaman

Digunakan Sebagai Pilihan Terakhir

Banyak sarjana sepakat bahwa mubahalah hanya boleh digunakan sebagai upaya terakhir, setelah kedua belah pihak menemui jalan buntu setelah memberikan bukti nyata untuk membuktikan masing-masing posisi mereka.

Beberapa sarjana percaya bahwa mubahalah hanya dapat digunakan dalam hal kebenaran agama, dan tidak dapat digunakan untuk urusan duniawi.

Beberapa cendekiawan juga berpikir bahwa mubahalah, seperti sumpah bersama yang disumpah di pengadilan Syariah, seharusnya hanya dilakukan sebagai bagian dari proses hukum di pengadilan Syariah dan ditentukan oleh hakim Syariah.

Yang paling penting, mubahalah harus melibatkan dua pihak - penuduh dan terdakwa - dengan kedua belah pihak bersumpah kepada Tuhan bahwa pihak lain akan dikutuk jika mereka berbohong.

Namun, dalam kasus-kasus umum dan populer di sini, ancaman sumpah laknat telah digunakan oleh umat Islam sebagai cara untuk membuktikan keyakinan dan keberanian seseorang, dan sebagai penolakan tegas terhadap tuduhan.

Karena itu, banyak contoh populer di Malaysia, di mana sumpah laknat dinyatakan, melibatkan hanya satu sisi perselisihan dan tidak dibalas oleh pihak lain.

4 dari 4 halaman

Erat Kaitannya dengan Skandal Seks dan Politik

Di Malaysia, sumpah laknat telah digunakan di Malaysia sehubungan dengan skandal seks - baik untuk membuktikan bahwa seseorang tidak bersalah atau untuk membuktikan tuduhan seseorang itu benar.

Contoh terbaru terjadi tujuh bulan lalu pada bulan Juni ketika Datuk Seri Mohamed Azmin Ali dan penuduhnya Haziq Abdullah Abdul Aziz didesak - antara lain oleh Datuk Lokman Noor Adam dan selebriti Azwan Ali Umno - untuk mengambil sumpah untuk membuktikan atau menyangkal tuduhan skandal seks.

Pada tahun 2011, trio "Datuk T" terkenal dari Tan Sri Abdul Rahim Thamby Chik, Datuk Shazryl Eskay Abdullah dan Datuk Shuib Lazim mengatakan mereka siap untuk mengambil sumpah laknat, di mana saja dan kapan saja - bahkan di Mekah - untuk berdiri dengan pita seks. mereka disaring, diduga melibatkan Datuk Seri Anwar Ibrahim.

Pada bulan April tahun itu, Shazryl kemudian mengucapkan sumpah di sebuah masjid di Sentul setelah salat Jumat di acara yang banyak dipublikasikan, yang ketiganya hadiri dengan rompi anti peluru di bawah baju Melayu mereka.

Dalam acara yang sangat tertutup pada Agustus 2008, mantan ajudan Anwar, Saiful Bukhari Azlan, mengambil sumpah laknat di Masjid Wilayah Persekutuan di sini, di mana ia menggambarkan dengan gamblang apa yang konon terjadi pada dirinya.

Dalam konferensi pers pada bulan Mei 2013, Saiful mengatakan dia melakukan sumpah lagi di Mekah, salah satu situs paling suci bagi umat Islam. Dia mengklaim bahwa tidak ada yang terjadi padanya, yang diduga membuktikan dirinya tidak bersalah, tetapi muhabalahnya juga sepihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.