Top 3: Donald Trump Resmi Dimakzulkan Hingga Proses Selanjutnya yang Akan Ia Hadapi

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 20 Des 2019, 09:26 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 09:13 WIB
Banner Infografis Pemakzulan Donald Trump Berlanjut Pelengseran?

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump, sang Presiden AS yang sangat kontroversial telah resmi dimakzulkan oleh DPR setempat. Berita ini tak hanya membuat kehebohan di negara adidaya tersebut, namun juga di seluruh dunia. Dengan dimakzulkannya Trump, ia menjadi presiden AS ketiga yang melewati proses pemakzulan. Berita ini menjadi yang paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Jumat, 20 Desember 2019.

Berita selanjutnya mengenai pendidikan Finlandia yang dinilai terdepan. Isu mengenai UN yang akan dihapus di Indonesia membuat sistem pendidikan di negara ini harus melihat bagaimana Finlandia bisa melakukannya dengan baik. Ternyata, Finlandia memiliki beberapa rahasia dan caranya sendiri dalam memberi pendidikan bagi warganya.

Kembali mengenai Donald Trump yang dimakzulkan, ternyata kejadian tersebut tak langsung membuatnya lengser dari jabatan. Proses pemakzulan harus melewati berbagai rangkaian jalan sebelum akhirnya seorang presiden bisa diturunkan dari posisinya. 

Simak ketiga artikel paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Jumat, 20 Desember 2019:

2 dari 4 halaman

1. Presiden Donald Trump Dimakzulkan DPR AS

Presiden AS Donald Trump berpidato dengan didampingi oleh Ketua DPR Nancy Pelosi (kanan) dan Wapres Mike Pence (krii) di Washington DC (AFP/Doug Mills)
Presiden AS Donald Trump berpidato dengan didampingi oleh Ketua DPR Nancy Pelosi (kanan) dan Wapres Mike Pence (krii) di Washington DC (AFP/Doug Mills)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi dimakzulkan oleh DPR AS yang dikuasai Partai Demokrat. Keputusan diambil pada Rabu sore waktu AS (Kamis pagi waktu Jakarta). 

Laporan AFP, Kamis (19/12/2019), voting pemakzulan dimenangkan pro-pemakzulan dengan perolehan suara 230-197. Dengan ini, Trump resmi menjadi presiden ketiga AS yang dimakzulkan. 

Dua lainnya adalah Andrew Johnson dan Bill Clinton.

Baca Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Pendidikan Finlandia Jadi Nomor 1 Dunia, Ini Rahasianya

Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)

Kabar mengenai Program Menteri Pendidikan Nadiem Makarim untuk menghapus Ujian Nasional (UN) belakangan ini ramai dibicarakan publik. Pasalnya, langkah tersebut mendapat dukungan dari Finlandia, negara yang dikenal memiliki pendidikan terbaik di dunia. 

Finlandia menjadi pesaing utama pada setiap program untuk survei penilaian siswa internasional. Hal ini dibuktikan dengan Finlandia mengungguli Amerika Serikat dalam bidang membaca, sains, dan matematika. Dan negara itu berada di posisi teratas sejak program pertama untuk program PISA pada tahun 2000.

Baca Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pemakzulan Tak Langsung Lengserkan Presiden AS, Ini yang Dihadapi Donald Trump

Donald Trump Resmi Dimakzulkan DPR AS
Ketua DPR AS, Nancy Pelosi memimpin voting untuk memakzulkan Presiden Donald Trump di US Capitol, Washington, Rabu (18/12/2019). Voting untuk dakwaan menghalangi Kongres juga dimuluskan oleh DPR AS, dengan perolehan 229 suara mendukung dan 198 suara menolak. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Pemakzulan Donald Trump resmi dikabulkan oleh DPR AS yang dikuasai Partai Demokrat. Keputusan diambil pada Rabu sore waktu AS (Kamis pagi waktu Jakarta). 

Laporan AFP yang dikutip Kamis (19/12/2019) menyebutkan bahwa voting pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS)  dimenangkan pro-pemakzulan dengan perolehan suara 230-197. 

Baca Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓