Kaleidoskop Global 2019: Jangkrik Hitam di Makkah hingga Budak Seks Jepang

Oleh Liputan6.com pada 20 Des 2019, 11:03 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 01:13 WIB
Kaleidoskop Global 2019

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2019 banyak peristiwa menarik yang terjadi di dunia. Untuk mempermudah pembaca, Liputan6.com merangkumnya dalam Kaleidoskop 2019.

Sejumlah peristiwa sempat menjadi sorotan warga dunia. Salah satu berita yang sempat menarik lebih dari 1 juta pembaca datang dari berita di bulan Mei. Berita itu mengenai lima tempat terlarang yang harus Anda buang jauh-jauh dari daftar destinasi wisata, salah satunya The Red Zone, Prancis.

Mundur ke bulan April, artikel sains yang membahas tentang anggota tubuh sempat menarik perhatian masyarakat Global di tahun 2019. Selama ini orang yang berkacamata dianggap sangat pintar. Mereka yang berkacamata dinilai punya tingkat kecerdasan lebih. Padahal menurut sebuah penelitian dari University of Edinburgh, tak hanya orang berkacamata yang menggambarkan kecerdasan.

Berita menarik lainnya juga datang dari kabar mengenai ucapan bos taksi di Malaysia yang menolak kehadiran Gojek dengan menyebut Indonesia sebagai negara miskin yang kini tengah jadi sorotan. Berita ini dibaca lebih dari 1,2 juta pembaca pada bulan Agustus.

Lalu berita menarik lainnya mengenai kabar dari pemeran tayangan telenovela yang banyak diminati di Indonesia pada era 1990-an dan awal 2000-an. Banyak sinetron dari Meksiko, Kolombia, atau Venezuela yang menghiasi layar kaca tanah air. Cerita telenovela yang penuh drama dan para pemerannya yang cantik serta ganteng membuat pemirsa jatuh hati.

Dalam artikel kaleidoskop berikut, kanal Global Liputan6.com mengajak para pembaca untuk menengok kembali beberapa peristiwa signifikan yang terjadi sepanjang tahun 2019, di bawah ini:

2 dari 13 halaman

Januari

Ilustrasi jangkrik hitam dari famili Gryllidae atau true crickets.
Ilustrasi jangkrik hitam dari famili Gryllidae atau true crickets (Wikimedia / Creative Commons)

Segerombolan jangkrik hitam mengerubungi Makkah dan Masjidil Haram, memicu wabah hama di seluruh kota dan membuat warga bingung dengan fenomena tersebut.

Foto dan video jangkrik dari famili true crickets (Gryllidae) yang tampak bertebaran berkat badai yang melanda kota itu, beredar di media sosial pada awal pekan ini. Beberapa gambar dan video menunjukkan ribuan serangga di sekolah, rumah dan Masjidil Haram, demikian seperti dikutip dari The National, Jumat (11/1/2019).

Simak selengkapnya...

3 dari 13 halaman

Februari

Ilustrasi golongan darah.
Ilustrasi golongan darah. (US Navy/Public Domain)

Kabar dirawatnya mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Rumah Sakit National Unniversity Singapura tengah menjadi sorotan, termasuk soal kanker darah yang diidapnya. 

Istri dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu berobat di Negeri Singa sejak 2 Februari 2019, dan masih harus menjalani berbagai perawatan kesehatan hingga sekarang.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan kanker darah.

Berikut ulasannya…

4 dari 13 halaman

Maret

Ilustrasi Gempa Bumi.
Ilustrasi Gempa Bumi. (iStockphoto)

Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang Peru bagian selatan, 67 kilometer bagian utara-barat laut Juliaca pada kedalaman 258 kilometer. Hal itu dilaporkan oleh Badan Geologi Amerika Serikat, United States Geological Survey (USGS).

Gempa itu terekam pada pukul 04.50 waktu setempat, dan dapat dirasakan hingga di negara tetangga. Sejumlah negara yang dimaksud adalah Brasil, Chile, dan Bolivia, sebagaimana dikutip dari laman Express.co.uk pada Jumat (1/3/2019).

Baca selengkapnya…

5 dari 13 halaman

April

Seorang Gadis di Bali Memiliki Mata Biru yang Indah.
Seorang Gadis di Bali Memiliki Mata Biru yang Indah. (Sumber Foto: instagram @adi_py)

Selama ini orang yang berkacamata dianggap sangat pintar. Ini adalah stereotip yang berkembang di masyarakat.

Mereka yang berkacamata dinilai punya tingkat kecerdasan lebih dibandingkan mereka yang tidak menggunakan. Hal tersebut terjadi karena mereka dinilai sering membaca.

Menurut sebuah penelitian dari University of Edinburgh, mungkin ada beberapa yang benar soal ini.

Namun, para peneliti d universitas itu juga menemukan bahwa anggota dan kondisi tubuh seseorang juga mampu menggambarkan tingkat kecerdasaan.

Selengkapnya di sini...

6 dari 13 halaman

Mei

The Red Zone di Prancis.
The Red Zone di Prancis. (Wikimedia Commons)

Banyak orang terbiasa berwisata untuk menghilangkan penat, atau sekedar untuk mengisi waktu luang. Tempat tujuan wisata dapat bermacam-macam, mulai dari pantai, pegunungan, maupun objek wisata buatan.

Beberapa di antara mereka sering memilih untuk mengadakan turisme ke luar negeri. Misalnya berwisata ke negeri empat musim saat semi, atau merasakan salju di musim dingin. Sejumlah pelancong juga ingin mengunjungi tempat-tempat tidak biasa namun indah. Misalnya, berwisata di daerah gurun dengan menunggang unta, atau menikmati pemandangan Sphinx di Negeri Piramida.

Melansir situs List Verse pada Selasa (14/5/2019), berikut lima tempat terlarang yang harus Anda buang jauh-jauh dari daftar destinasi wisata.

Simak selengkapnya…

7 dari 13 halaman

Juni

Ilustrasi Gempa Bumi.
Ilustrasi Gempa Bumi. (iStockphoto)

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter dilaporkan menghantam Selandia Baru, tepatnya di wilayah perairan dekat Pulau Kermadec di utara negara itu.

Gempa yang menghantam kawasan konservasi tersebut sempat mendapat peringatan tsunami, meski kemudian dinyatakan aman beberapa saat setelahnya.

Dikutip dari The Straits Times pada Minggu (16/6/2019), gempa terjadi pada pukul 10.55 pagi waktu setempat.

Berikut ulasannya… 

8 dari 13 halaman

Juli

Jika biasanya wajah Sia selalu tertutup wig, kali ini ia memperlihatkan wajah aslinya.
Jika biasanya wajah Sia selalu tertutup wig, kali ini ia memperlihatkan wajah aslinya. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Awalnya beberapa selebritas ini menyembunyikan wajahnya. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari maupun di atas panggung saat bernyanyi dan bermain musik. Itu semua mereka lakukan dengan berbagai alasan.

Salah satunya untuk menyemangati diri sendiri sehingga terus rajin berkarya. Dengan pilihan ini, tentu banyak penggemar yang penasaran dengan wajah asli mereka.

Namun, lambat laun identitas dan wajah para selebritas ditunjukkan. Bahkan ada yang bertahun-tahun baru menunjukkan wajahnya ke publik.

Baca selengkapnya…

9 dari 13 halaman

Agustus

ilustrasi Malaysia.
ilustrasi Malaysia. (AFP)

Ucapan bos taksi di Malaysia yang menolak kehadiran Gojek dengan menyebut Indonesia sebagai negara miskin kini tengah jadi sorotan.

Dalam video viral yang membuat gelombang kemarahan orang Indonesia, Pendiri Big Blue Taxi Datuk Shamsubahrin Ismail menyatakan Malaysia adalah negara yang kaya, di mana para pemuda tidak miskin seperti rekan-rekan mereka di Indonesia.

Shamsubahrin juga mengatakan, Gojek bisa berkembang di Indonesia karena jalan rayanya yang terlalu sempit untuk kendaraan.

Selengkapnya di sini…

10 dari 13 halaman

September

Emoji.
Emoji. (sumber: emojipedia)

Di era modern ini, layanan berkirim pesan sudah tak lagi memanfaatkan surat atau, dalam kasus yang amat kuno, burung merpati. Terlebih sejak hadirnya ponsel pintar. Salah satu aplikasi berkirim pesan yang diunduh banyak penduduk dunia adalah WhatsApp.

Fitur yang disediakan oleh anak perusahaan Facebook ini memungkinkan kita untuk berkirim pesan lintas platform tanpa dikenakan biaya reguler seperti SMS, karena pemakai WhatsApp hanya membutuhkan paket data internet atau jaringan Wi-Fi untuk berkirim teks, foto, video, dokumen, kontak, lokasi, hingga pesan suara.

Kenali arti dari 9 emoji WhatsApp berikut agar obrolan kita lebih bermanfaat dan kita bisa memahami lawan bicara kita dengan benar, seperti dikutip dari Bright Side, Sabtu (28/9/2019).

Simak selengkapnya di sini…  

11 dari 13 halaman

Oktober

Bintang-bintang lawas telenova.
Bintang-bintang lawas telenova. (Instagram/Televisa/Pinterest)

Tayangan telenovela berjaya di Indonesia pada era 1990-an dan awal 2000-an. Banyak sinetron dari Meksiko, Kolombia, atau Venezuela yang menghiasi layar kaca tanah air.

Cerita telenovela yang penuh drama dan para pemerannya yang cantik serta ganteng membuat pemirsa jatuh hati. Misalnya Marimar, Betty La Fea, dan Carita de Angel.

Lalu, bagaimana kabar para bintangnya saat ini? Seperti apa penampilan aktris telenovela idola seperti Maria Mercedes dan Esmeralda?

Berikut ulasannya…

12 dari 13 halaman

November

ilustrasi bumi.
ilustrasi bumi. (NASA)

Anda mungkin merasa sudah mengetahui segala hal saat ini. Buku, internet dan laman berita menjadi sumber informasi yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Namun, jangan mengaku kalau Anda sudah tahu segalanya jika belum mengetahui beberapa fakta unik di bawah ini.

Dilansir dari sebuah akun Instagram @factourism melalui Brightside, Sabtu (2/11/2019), berikut adalah fakta-fakta unik nan receh --mungkin bagi sebagian orang-- yang ternyata terjadi di tengah-tengah kita:

Baca selengkapnya di sini…

13 dari 13 halaman

Desember

Bukti Perdana Video 'Budak Seks' Jepang di Korea Ditemukan.
Bukti Perdana Video 'Budak Seks' Jepang di Korea Ditemukan. (US NATIONAL ARCHIVES/BBC)

Tentara Kekaisaran Jepang era Perang Dunia ke-2 terungkap pernah meminta pemerintahnya menyediakan budak seks (jugun ianfu). 

Fakta ini terkuak oleh kantor berita Kyodo di Jepang setelah memeriksa dokumen-dokumen zaman perang. Hal ini memperkuat dugaan bahwa fenomena budak seks memang diketahui pemerintah Jepang.

Masalah budak seks telah menjadi sumber perselisihan yang menyakitkan antara Korea Selatan dan Jepang. Para wanita itu tak hanya dari Korea, tapi juga Taiwan dan Australia, Filipina serta Jepang.

Pada 1993, Sekretaris Kabinet yang saat itu menjabat, Yohei Kono, juru bicara pemerintah, meminta maaf atas sistem 'wanita penghibur' dan mengakui keterlibatan militer Jepang dalam mengambil perempuan di luar kehendak mereka.

Selengkapnya di sini…

 

Reporter: Jihan Fairuzzia dan Deslita Krissanta Sibuea

Lanjutkan Membaca ↓