Sukses

Alasan Lonely Planet Jadikan NTT Destinasi Wisata Nomor 1 Dunia pada 2020

Sejalan dengan usaha Pemerintah Indonesia untuk menjual destinasi wisata selain Bali, NTT terpilih sebagai Tempat Terbaik Sesuai Kantong Anda Untuk Dikunjungi Tahun 2020 versi Lonely Planet.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih sebagai salah satu tempat yang pantas dikunjungi di tahun 2020 oleh Lonely Planet, perusahaan yang menerbitkan buku-buku panduan wisata. Hal itu sejalan dengan usaha Pemerintah Indonesia untuk menjual destinasi wisata selain Bali.

Lonely Planet semakin dikenal dengan pendapat mengenai wilayah mana saja di dunia ini yang pantas dikunjungi.

Dalam artikel berjudul 10 best value places to visit in 2020 atau Tempat Terbaik Sesuai Kantong Anda Untuk Dikunjungi Tahun 2020, Lonely Planet menempatkan Nusa Tenggara Timur di peringkat pertama daerah yang wajib dikunjungi.

Di tempat kedua adalah ibu kota Hungaria Budapest, disusul negara bagian Madya Pradesh di India, dan Kota Buffalo (New York) di Amerika Serikat.

Dalam salah satu artikelnya, Lonely Planet menulis alasan Mengapa Anda Harus Nengunjungi Nusa Tenggara Timur pada 2020.

"Pulau-pulau cantik ini menawarkan pantai mempesona, dan eksplorasi kawasan terbuka dengan biaya lebih murah dari yang Anda bayangkan," tulis Lonely Planet seperti dikutip dari ABC Indonesia, Selasa (17/12/2019).

Dikatakan, kawasan yang sebelumnya seringkali tidak mendapat perhatian turis ini tidak akan mengecewakan bagi mereka yang sudah pernah ke Bali dan kemudian melanjutkan perjalanan lebih ke Timur lagi.

"Beberapa pulau di sana memuiliki pantai yang masih alami, dan lebih sepi dibandingkan pantai di Bali. Anda juga akan menemukan salah satu tempat penyelaman terbaik Indonesia di Kepulauan Alor."

Menurut Lonely Planet, di Alor, turis akan merasa seperti petualang yang baru mendatangi sebuah kawasan sebagai orang pertama.

"Yang jelas Anda akan melihat turis yang lebih sedikit dibandigkan Bali, Lombok atau Pantai Gili."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turis di Pulau Komodo Berkurang

Menurut Lonely Planet, turis juga akan berkurang di Pulau Komodo menyusul diberlakukannya pengetatan kunjungan turis untuk menjaga lingkungan dan melindungi komodo yang ada di sana.

Turis internasional mulai tahun 2020 akan dibatasi jumlahnya untuk bisa mengunjungi pulau tersebut, dan harus membayar lebih tinggi dari sebelumnya.

"Namun mereka yang memiliki dana terbatas, bisa mengunjungi pulau lain seperti Pulau Rinca untuk melihat komodo," tulis Lonely Planet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.