Sukses

Swedia Apresiasi Menlu RI yang Giat Dorong Peran Perempuan di Misi Perdamaian Dunia

Dalam kunjungannya ke Madrid, pihak Swedia mengapresiasi Menlu Retno Marsudi yang giat mendorong peran perempuan yang terlibat dalam misi perdamaian dunia.

Liputan6.com, Madrid - Swedia memberikan apresiasi luar biasa terhadap upaya Menlu RI mempromosikan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan Dunia.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Negara Urusan Luar Negeri untuk PM Swedia, Karin Wallensteen dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri RI di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri ke-14 Asia-Europe Meeting (ASEM) bertempat di Madrid, 16 Desember 2019.

"Indonesia baru saja mengadakan dialogue dengan para perempuan Afghanistan baik dari pedesaan dan perkotaan untuk meningkatkan kapasitas mereka.. dan ini akan terus dilanjutkan," tambah Menlu RI.

Gagasan Menlu Retno Marsudi terkait penekanan yang berbeda dalam pelatihan perempuan dari pedesaan dan perkotaan dari Afghanistan sangat disambut baik oleh Swedia.

Kedua negara sepakat untuk terus tingkatkan kerjasama dalam meningkatkan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan termasuk kemungkinan kolaborasi jaringan mediator perempuan antar kedua kawasan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Bilateral Swedia-Indonesia

Pada kesempatan pertemuan tersebut, pihak Indonesia dan Swedia juga setuju untuk memanfaatkan momentum perayaan 70 tahun hubungan bilateral RI-Swedia pada tahun 2020 guna meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Kedua negara mendiskusikan kemungkinan kunjungan Perdana Menteri Swedia ke Indonesia di waktu mendatang untuk memanfaatkan momentum baik tersebut.

Selain itu, kedua negara juga membahas kemungkinan kolaborasi penanggulangan isu terorisme pada saat Keketuaan Indonesia di Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2020 mendatang.

Tak ketinggalan, kedua Menteri Luar Negeri juga membahas mengenai peran perempuan dalam penciptaan perdamaian dunia.

Hingga saat ini, Swedia merupakan salah satu mitra terbesar Indonesia di Eropa dan di kawasan Nordik.

Peningkatan arus wisatawan dan kehadiran puluhan perusahaan Swedia di Indonesia telah berkontribusi dalam proses alih teknologi dan penciptaan lapangan kerja bagi ribuan tenaga trampil Indonesia.

Indonesia dan Swedia juga menjalin kerja sama multilateral yang erat, dengan komitmen kedua negara untuk saling mendukung di berbagai organisasi internasional, dan berkolaborasi dalam berbagai isu global, diantaranya non-proliferasi nuklir dan women, peace, and security.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.