Swedia Apresiasi Menlu RI yang Giat Dorong Peran Perempuan di Misi Perdamaian Dunia

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 17 Des 2019, 09:55 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 17:16 WIB
Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Sekretaris Negara Urusan Luar Negeri untuk PM Swedia.

Liputan6.com, Madrid - Swedia memberikan apresiasi luar biasa terhadap upaya Menlu RI mempromosikan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan Dunia.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Negara Urusan Luar Negeri untuk PM Swedia, Karin Wallensteen dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri RI di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri ke-14 Asia-Europe Meeting (ASEM) bertempat di Madrid, 16 Desember 2019.

"Indonesia baru saja mengadakan dialogue dengan para perempuan Afghanistan baik dari pedesaan dan perkotaan untuk meningkatkan kapasitas mereka.. dan ini akan terus dilanjutkan," tambah Menlu RI.

Gagasan Menlu Retno Marsudi terkait penekanan yang berbeda dalam pelatihan perempuan dari pedesaan dan perkotaan dari Afghanistan sangat disambut baik oleh Swedia.

Kedua negara sepakat untuk terus tingkatkan kerjasama dalam meningkatkan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan termasuk kemungkinan kolaborasi jaringan mediator perempuan antar kedua kawasan.

2 of 3

Hubungan Bilateral Swedia-Indonesia

20170522-Jokowi Sambut Raja Swedia di Istana Bogor-Angga
Presiden Jokowi memberikan penghargaan Bintang Republik Indonesia kepada Raja Swedia Carl XVI saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Senin (22/5). Ini merupakan kunjungan kenegaraan Raja Swedia pertama kalinya ke Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada kesempatan pertemuan tersebut, pihak Indonesia dan Swedia juga setuju untuk memanfaatkan momentum perayaan 70 tahun hubungan bilateral RI-Swedia pada tahun 2020 guna meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Kedua negara mendiskusikan kemungkinan kunjungan Perdana Menteri Swedia ke Indonesia di waktu mendatang untuk memanfaatkan momentum baik tersebut.

Selain itu, kedua negara juga membahas kemungkinan kolaborasi penanggulangan isu terorisme pada saat Keketuaan Indonesia di Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2020 mendatang.

Tak ketinggalan, kedua Menteri Luar Negeri juga membahas mengenai peran perempuan dalam penciptaan perdamaian dunia.

Hingga saat ini, Swedia merupakan salah satu mitra terbesar Indonesia di Eropa dan di kawasan Nordik.

Peningkatan arus wisatawan dan kehadiran puluhan perusahaan Swedia di Indonesia telah berkontribusi dalam proses alih teknologi dan penciptaan lapangan kerja bagi ribuan tenaga trampil Indonesia.

Indonesia dan Swedia juga menjalin kerja sama multilateral yang erat, dengan komitmen kedua negara untuk saling mendukung di berbagai organisasi internasional, dan berkolaborasi dalam berbagai isu global, diantaranya non-proliferasi nuklir dan women, peace, and security.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓