Sukses

Galang Dana untuk Tunawisma, Ribuan Orang di Kota Besar Dunia Tidur di Jalanan

Dalam rangka acara penggalangan dana bagi para tunawisma, ribuan orang rela tidur di jalanan.

Liputan6.com, New York - Ribuan orang mengadakan kemah semalaman sebagai bentuk aksi mereka menggalang dana bagi kaum tunawisma.

Tak ketinggalan, sejumlah selebritas pun ikut ambil bagian dalam acara yang bertajuk "World's Big Sleep Out" di beberapa kota termasuk London, Edinburgh, dan Cardiff.

Dilansir dari BBC, Minggu (8/12/2019), pihak penyelenggara mengharapkan partisipasi lebih dari 50 ribu orang, termasuk dalam acara yang juga dilakukan di New York, Brisbane dan Dublin. 

World's Big Sleep Out di New York. Hal ini merupakan kampanye mereka dalam menggalang dana bagi kaum tuna wisma. (Source: Instagram/ @worldsbigsleepout)

Aksi ini berharap dapat mengumpulkan dana senilai $50 juta atau sekitar Rp 700 M. 

Di London's Trafalgar Square, para penggalang dana yang tidur di jalanan, harus berhadapan dengan suhu dingin serta hujan deras. Hal itu disebutkan menjadi makanan sehari-hari bagi para tunawisma. 

Dame Louise Casey, mantan kepala pemerintahan yang mengurusi divisi tunawisma mengatakan harapannya bahwa acara ini bisa menjadi simbol.

World's Big Sleep Out di New York. Hal ini merupakan kampanye mereka dalam menggalang dana bagi kaum tuna wisma. (Source: Instagram/ @worldsbigsleepout)

"Hujannya sangat deras, tapi kami melakukan ini karena pada dasarnya dunia ini memiliki masalah tunawisma. Masalah itu membuat masalah lain yaitu pengungsi atau gelandangan," ujar Dame Lousie. 

"Orang-orang yang ada di sini malam ini merasakan rasanya jadi tunawisma. Kami merasakan satu hal hanya untuk satu menit, kami merasakan hal yang dialami orang lain bertahun-tahun," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Partisipasi Selebritas

Nyatanya, aksi ini pun turut menggerakkan hati sejumlah tokoh ternama.

Aktris Dame Helen Mirren turut memeriahkan acara dengan membacakan dongeng sebelum tidur di sana, selagi band Travis juga mengisi acara. 

Seorang presenter Julie Etchingham, juga ikut merasakan rasanya menjadi tunawisma. 

Di Edinburgh, mantan aktor Brian Cox membacakan sebuah pidato di West Prince Street Gardens. 

Juga Will Smith ikut berbicara di depan peserta kemah di New York. 

3 dari 3 halaman

World's Big Sleep Out

World's Big Sleep Out diinisiasi oleh Josh Littlejohn, salah satu pendiri pencari dana amal dan toko roti sandwich Skotlandia, Social Bite.

Badan amal itu menjadi tuan rumah kunjungan dari sejumlah selebritas, termasuk George Clooney dan Leonardo DiCaprio.

Littlejohn mengatakan dia ingin mengirim pesan kepada para pemimpin politik dunia untuk memberlakukan kebijakan yang penuh belas kasih dan menemukan solusi bagi tunawisma di tingkat lokal. Tak hanya itu, krisis pengungsi global dinilai juga mempengaruhi banyak pihak. 

Kantor Statistik Nasional mengatakan perkiraan untuk jumlah tunawisma mengalami peningkatan di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.