Galang Dana untuk Tunawisma, Ribuan Orang di Kota Besar Dunia Tidur di Jalanan

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 09 Des 2019, 09:03 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 09:03 WIB
World's Big Sleep Out di New York.
Perbesar
World's Big Sleep Out di New York. Hal ini merupakan kampanye mereka dalam menggalang dana bagi kaum tuna wisma. (Source: Instagram/ @worldsbigsleepout)

Liputan6.com, New York - Ribuan orang mengadakan kemah semalaman sebagai bentuk aksi mereka menggalang dana bagi kaum tunawisma.

Tak ketinggalan, sejumlah selebritas pun ikut ambil bagian dalam acara yang bertajuk "World's Big Sleep Out" di beberapa kota termasuk London, Edinburgh, dan Cardiff.

Dilansir dari BBC, Minggu (8/12/2019), pihak penyelenggara mengharapkan partisipasi lebih dari 50 ribu orang, termasuk dalam acara yang juga dilakukan di New York, Brisbane dan Dublin. 

World's Big Sleep Out di New York. Hal ini merupakan kampanye mereka dalam menggalang dana bagi kaum tuna wisma. (Source: Instagram/ @worldsbigsleepout)

Aksi ini berharap dapat mengumpulkan dana senilai $50 juta atau sekitar Rp 700 M. 

Di London's Trafalgar Square, para penggalang dana yang tidur di jalanan, harus berhadapan dengan suhu dingin serta hujan deras. Hal itu disebutkan menjadi makanan sehari-hari bagi para tunawisma. 

Dame Louise Casey, mantan kepala pemerintahan yang mengurusi divisi tunawisma mengatakan harapannya bahwa acara ini bisa menjadi simbol.

World's Big Sleep Out di New York. Hal ini merupakan kampanye mereka dalam menggalang dana bagi kaum tuna wisma. (Source: Instagram/ @worldsbigsleepout)

"Hujannya sangat deras, tapi kami melakukan ini karena pada dasarnya dunia ini memiliki masalah tunawisma. Masalah itu membuat masalah lain yaitu pengungsi atau gelandangan," ujar Dame Lousie. 

"Orang-orang yang ada di sini malam ini merasakan rasanya jadi tunawisma. Kami merasakan satu hal hanya untuk satu menit, kami merasakan hal yang dialami orang lain bertahun-tahun," tambahnya.

Partisipasi Selebritas

Will Smith ikut berpartisipasi dalam acara World's Big Sleep Out.
Perbesar
Will Smith ikut berpartisipasi dalam acara World's Big Sleep Out. (Source: Instagram/ @willsmith)

Nyatanya, aksi ini pun turut menggerakkan hati sejumlah tokoh ternama.

Aktris Dame Helen Mirren turut memeriahkan acara dengan membacakan dongeng sebelum tidur di sana, selagi band Travis juga mengisi acara. 

Seorang presenter Julie Etchingham, juga ikut merasakan rasanya menjadi tunawisma. 

Di Edinburgh, mantan aktor Brian Cox membacakan sebuah pidato di West Prince Street Gardens. 

Juga Will Smith ikut berbicara di depan peserta kemah di New York. 

World's Big Sleep Out

12 Foto Mengagumkan Hasil Jepretan Para Tunawisma di London
Perbesar
Mengagumkan, foto-foto ini merupakan hasil jepretan para tuna wisma di London.

World's Big Sleep Out diinisiasi oleh Josh Littlejohn, salah satu pendiri pencari dana amal dan toko roti sandwich Skotlandia, Social Bite.

Badan amal itu menjadi tuan rumah kunjungan dari sejumlah selebritas, termasuk George Clooney dan Leonardo DiCaprio.

Littlejohn mengatakan dia ingin mengirim pesan kepada para pemimpin politik dunia untuk memberlakukan kebijakan yang penuh belas kasih dan menemukan solusi bagi tunawisma di tingkat lokal. Tak hanya itu, krisis pengungsi global dinilai juga mempengaruhi banyak pihak. 

Kantor Statistik Nasional mengatakan perkiraan untuk jumlah tunawisma mengalami peningkatan di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓