16 Pulau Indah di Dunia Versi Situs Travel AS, Nomor 7 dari Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 06 Des 2019, 20:40 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 20:40 WIB
Bali, Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pulau di dunia ini banyak disebut seperti surga. Sebab Anda dapat bersantai di bawah langit cerah sambil menatap laut biru yang tenang.

Namun tidak semua pulau diciptakan sama. Beberapa pulau keindahannya ditentukan oleh laut yang mengelilinginya, sehingga dapat memikat para pecintanya. Ada pula pulau-pulau yang menampilkan hutan lebat dan puncak berbukit sebagai daya tariknya.

Dilansir situs travel AS planetware.com, Jumat (6/12/2019), berikut 16 pulau yang berhasil memikat hati dengan kejernihan air dan kekayaan alam bawah lautnya. Salah satunya dari Indonesia.

2 dari 18 halaman

1. Maladewa

Maldives adalah pulau yang paling menggairahkan di dunia.
Maldives adalah pulau yang paling menggairahkan di dunia. (Liputan6/CNN/Victor Romero)

Maldives adalah pulau yang paling menggairahkan di dunia. Lautnya benar-benar membuat pulau-pulau ini bersinar.

Perairan aquamarine bercahaya di atas pantai putih. Di bawah air yang memesona, terumbu karang tumbuh subur hingga memikat penyelam dan perenang snorkeling dari seluruh dunia.

Peselancar juga berduyun-duyun di sini. Kembali ke daratan, resor mewah memberikan titik pemandangan yang sempurna untuk liburan yang berfokus pada laut.

 

3 dari 18 halaman

2. Bora Bora, French Polynesia

Bora Bora, French Polynesia
Bora Bora, French Polynesia. (Liputan6/CNN/Philippe Bacchet)

Pulau yang berbentuk seperti sombrero raksasa, membintangi fantasi Pasifik Selatan yang tak terhitung jumlahnya. Titik fokus keindahan tropis ini adalah lagunanya yang memikat dalam warna biru kehijauan.

Ikan, kura-kura, hiu, dan pari berenang di perairan jernih ini. Pulau-pulau kecil menghiasi laguna.

Tentu saja, Bora Bora sangat khas Prancis. Menyelam dan snorkeling sangat baik di sekitar terumbu karang dan jalur hiking juga sangat indah melalui hutan bertabur pohon palem.

Tak hanya itu, di pulau Bora Bora, hidangan yang ada juga tak kalah lezat.

 

4 dari 18 halaman

3. Palawan, Philippines

Pulau Palawan, Filipina
Pulau Palawan, Filipina. (Liputan6/CNN/Istockphoto/R.M. Nunes)

Palawan adalah surganya Filipina. Provinsi pulau ini membentang dari barat daya ke Kalimantan dengan puncak batu kapur yang subur,

Di pulau ini, Anda bisa saja melihat ekspresi pada ikan dari atas permukaan. Pasir putih berkilau di pulau berbalut hutan ini. Sementara di bawah air, terumbu karang tumbuh subur dengan keanekaragaman ikan tropis yang mengesankan.

Dari sini, Anda dapat menjelajahi pulau di sekitar kepulauan Bacuit yang spektakuler. Salah satu daya tarik utama Palawan adalah Taman Nasional Sungai Puerto Princesa Subterranean yang terdaftar sebagai Warisan Dunia.

Terdapat gua batu kapur yang mengesankan dengan sungai bawah tanah yang panjang.

5 dari 18 halaman

4. Seychelles

Seychelles patut dikunjungi
Seychelles patut dikunjungi. (Liputan6/CNN/SeyVillas)

Indah dan sempurna untuk gambar, Seychelles patut dikunjungi. Di sebelah timur Kenya, kepulauan yang terdiri dari 115 pulau karang dan granit yang relatif masih alami ini menampilkan hutan-hutan yang terdaftar di UNESCO.

Terdapat terumbu karang yang berkembang pesat dan pantai-pantai berbatu palem yang diapit oleh batu-batu raksasa. Hampir setengah luas daratan pulau-pulau khatulistiwa ini dilindungi, dan banyak pulau terletak di dalam cagar alam laut yang kaya akan ikan serta penyelam dan snorkeling yang luar biasa.

Seychelles juga memberikan beberapa tempat memancing terkaya di planet ini, sehingga tempat ini menjadi tujuan utama bagi pemancing. Tambahkan beberapa masakan Créole, serta resor mewah seperti Mahé, Praslin, dan La Digue, yang menjadi daya pikat Seychelles.

6 dari 18 halaman

5. Santorini, Yunani

Santorini mencetak poin teratas untuk kecantikan pulaunya.
Santorini mencetak poin teratas untuk kecantikan pulaunya. (Liputan6/CNN/Pixabay)

Mengitari kaldera yang dipenuhi laut, Santorini mencetak poin teratas untuk kecantikan yang spektakuler. Vila-vila putih berjatuhan dari tebing-tebing gunung berapi.

Gereja-gereja berkubah biru melawan lautan yang berkilauan, dan semprotan bougainvillea yang cerah menambah pemandangan yang menakjubkan.

Bertengger di atas tebing lava hitam, pemukiman Firá dan Oia adalah pulau yang paling indah, dan mahal.

Sorotan lain dari pulau ini adalah Thira Kuno, pantai pasir hitam Perissa, dan tentu saja, matahari terbenam yang indah. Berlayar ke kaldera, dikelilingi oleh tebing-tebing laut yang membentang membuat Anda memiliki kesan pertama yang tak terlupakan.

7 dari 18 halaman

6. Cook Islands

The Cook Islands
The Cook Islands. (Liputan6/CNN)

Jika Anda pernah bermimpi terbuang di Pasifik Selatan, Kepulauan Cook cocok untuk Anda. Terbentang di antara Polinesia Prancis dan Samoa dengan ikatan yang kuat dengan Selandia Baru, 15 pulau di kepulauan ini dikenal dengan laguna aquamarine yang memikat, pantai yang dikelilingi pohon palem, dan puncak gunung berapi.

Yang terbaik dari semuanya, penduduk setempat di pulau ini termasuk yang paling ramah di Pasifik Selatan. Rarotonga adalah pusat wisata utama, dengan banyak resor, puncak subur, dan pantai yang berlimpah.

Desa-desa yang berbatasan dengan bunga kembang sepatu, meringkuk di lereng bukit, dan di sepanjang laguna surgawi terdapat 21 motus atau pulau-pulau kecil. Banyak di antaranya berada dalam jarak dekat dari resor.

8 dari 18 halaman

7. Bali, Indonesia

Bali, Indonesia
Bali, Indonesia. (Liputan6/CNA)

Tenggelam dalam budaya, pulau Bali adalah jawabannya. Dupa berembus dari kuil Hindu, sawah bercahaya, serta makanan yang menyentak selera menjadi daya tarik pulau Bali.

Berselancar, berenang, berbelanja, dan berjemur adalah kegiatan utama di pulau eksotis ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di pedesaan yang subur. Menikmati sisi spiritual Bali di Ubud, pergi ke Seminyak, dan menuju ke Sanur yang ramah keluarga, bisa menjadi opsi berjalan-jalan.

Selain Bali, Anda bisa menjelajahi objek wisata di pulau vulkanik Lombok yang berdekatan dengan pulau ini. Pesona Bali akan menyapu Anda ke gelombang tropis yang hangat.

9 dari 18 halaman

8. The Dalmatian Islands, Kroasia

Kepulauan Dalmatian merupakan perpaduan yang mempesona antara pesona santai dan sejarah yang kaya.
Kepulauan Dalmatian merupakan perpaduan yang mempesona antara pesona santai dan sejarah yang kaya. (Liputan6/Croatia Week)

Di laut Adriatik di lepas pantai Kroasia, Kepulauan Dalmatian merupakan perpaduan yang mempesona antara pesona santai dan sejarah yang kaya.

Desa-desa kuno, hotel butik, dan restoran menyuguhkan pulau-pulau cantik ini, dikelilingi oleh lautan yang berkilau. Yang teratas dalam daftar adalah Brač dengan strip pantai Zlatni Rat (Golden Horn) yang terkenal.

Hvar juga cantik dengan gereja-gereja Gothicnya, kota tua bebas mobil, dan pelabuhan nelayan yang indah. Dari sini, Anda dapat menyeberang ke Kepulauan Pakleni yang indah, yang dikenal karena airnya yang jernih dan teluk-teluk kecil terpencil.

Pulau-pulau Dalmatian lainnya harus dikunjungi termasuk Korčula dengan bangunan-bangunan putih-merah yang beratap.

10 dari 18 halaman

9. Fiji

Fiji menandai semua kotak pulau
Fiji menandai semua kotak pulau. (Liputan6/CNN)

Sebagai salah satu pelarian tropis ke Australia, Fiji menandai semua kotak pulau. Pantai berpasir putih, perairan biru kehijauan, dan terumbu karang yang penuh semuanya berlimpah dan dapat ditemukan di sini.

Orang-orang Fiji menyambut pengunjung dengan senyum hangat dan ramah. Menyelam, snorkeling, memancing, dan menyelinap ke laut yang hangat dan lembut juga bisa memberi manfaat yang baik.

Orang-orang Fiji sepertinya menyukai anak-anak, sehingga tempat ini bisa jadi tujuan yang luar biasa bagi keluarga yang ingin bersantai.

11 dari 18 halaman

10. Kaua’i

Kaua’i, Hawai
Kaua’i, Hawai. (Liputan6/Pinterest)

Kauaʻi disebut "Pulau Taman" karena Hutan hujan menutupi sebagian besar bagian dalamnya.

Air terjun jatuh dari tebing lava, dan aroma mekar tropis yang memabukkan menggantung berat di udara yang gerah. Namun keindahan pulau itu tidak hanya terletak pada flora yang lebat dan hujan lebat, garis pantainya yang spektakuler juga akan membuat Anda takjub.

Lava menjulang dari dasar samudera untuk membentuk punggung beludru-beludru dan tebing-tebing curam yang dikelilingi oleh pantai-pantai yang indah. Di bawah lautnya yang berwarna biru kobalt, kura-kura dan ikan tropis berenang di sepanjang terumbu karang.

Dibandingkan dengan pulau-pulau saudara yang populer, Maui dan Oahu, Kauaʻi memancarkan getaran rendah dan cenderung bergerak dengan kecepatan yang lebih santai.

12 dari 18 halaman

11. St. Lucia

St. Lucia
St. Lucia. (Liputan6/stlucia.org)

St. Lucia memancarkan keindahan yang gelap dan sendu.

Pasir keemasan membuat mereka populer di kalangan orang yang berkunjung. Pulau itu sendiri bermandikan drama topografi. Piton yang menjulang tinggi, puncak gunung berapi kembar, memberikan latar belakang yang menakjubkan ke pemandangan.

Hutan rimbun dari pohon kelapa, air terjun, desa nelayan kuno, terumbu karang, jalur alam, dan mata air panas penyembuhan adalah beberapa pemandangan yang dapat dijelajahi di sini.

Namun yang paling utama ialah Teluk Pretty Marigot dan Taman Laut Anse Chastanet. Pengaruh Prancis di pulau itu juga menambah daya tariknya yang eksotis.

 

13 dari 18 halaman

12. Capri, Italia

Capri, Italy
Capri, Italy. (Liputan6/Capri)

Capri adalah pulau yang glamor, dan berjarak sekitar 20 kilometer di lepas Pantai Amalfi.

Tumpukan laut dan tebing-tebing yang menjulang muncul dari Laut Tyrrhenian hijau muda yang dibingkai oleh semprotan bunga berwarna-warni.

Objek wisata populernya adalah gua biru, gua laut bercahaya, dan tempat penduduk setempat yang mendayung wisatawan di atas perahu kecil sambil menyanyikan opera untuk menunjukkan penampilan akustik.

Begitu Anda tiba di pelabuhan Marina Grande, dan naik kereta gantung ke kota utama Capri, Anda akan terasa seperti di dalam film.

Ketika Anda berada di sini, pastikan untuk juga mengunjungi kota tertinggi, Anacapri, dan naik lift ke Monte Solaro untuk melihat pemandangan spektakuler seluruh pulau dan laut.

14 dari 18 halaman

13. Ko Phi Phi, Thailand

Ko Phi Phi, sebuah kepulauan kecil di Provinsi Krabi, Thailand
Ko Phi Phi, sebuah kepulauan kecil di Provinsi Krabi, Thailand. (Liputan6/Pinterest)

Di Ko Phi Phi, sebuah kepulauan kecil di Provinsi Krabi, Thailand, puncak-puncak batu kapur yang rimbun muncul dari laut tropis, dan perairan hangat mengitari pantai-pantai bergula yang ditumbuhi pohon kelapa.

Setelah dibanting oleh tsunami pada 2004, Ko Phi Phi kini telah pulih. Keindahan alaminya masih mengingat mimpi pulau tropis yang ditimbulkan dalam film Leonardo DiCaprio yang terkenal, The Beach, yang difilmkan di sini di Pantai Maya di pulau tetangga yang lebih kecil, Ko Phi Phi Leh.

Ko Phi Phi Don adalah satu-satunya pulau yang berpenghuni dan menawarkan wisata sehari ke pulau-pulau sekitarnya. Kegiatan populer lainnya termasuk berenang, snorkeling, dan menyelam juga bisa Anda lakukan di sini. Jangan pula lewatkan Monkey Beach yang terkenal.

15 dari 18 halaman

14. Whitsunday Islands, Australia

Whitsunday Islands, Australia
Whitsunday Islands, Australia. (Liputan6/Australia.com)

Kepulauan Whitsunday adalah versi Australia dari fantasi pulau tropis klasik.

Ke-74 pulau rimbun ini adalah puncak bukit tenggelam yang menjulang di atas Laut Koral yang berwarna biru. Berlayar adalah kegiatan yang populer di sini. Menyelam juga sangat baik di sepanjang terumbu karang yang kaya ikan di sini.

Tempat ini adalah ekosistem yang sangat rapuh dan dilindungi oleh enam taman nasional. Anda dapat menjelajahi beberapa pulau di jalur hiking.

Jangan lewatkan pasir silica yang bercahaya di Pantai Whitehaven, di Pulau Whitsunday. Pantai Airlie dan Shute Harbour adalah titik peluncuran utama untuk petualangan di Whitsunday.

16 dari 18 halaman

15. Sardinia, Italia

Sardinia, Italy
Sardinia, Italy. (Liputan6/NBC)

Pantai-pantai berpasir putih yang indah, puncak-puncak pantai yang kasar, masakan yang menggiurkan, perpaduan unik budaya, dan harta arkeologi kuno menjadi daya tarik utama pulau ini.

Sardinia adalah rumah bagi ngarai terbesar di Eropa. Saat Anda berada di sini, pastikan untuk berpesiar di sepanjang pesisir yang indah dan nikmati pemandangan spektakuler.

17 dari 18 halaman

16. St. Barts

St. Barts menawarkan cita rasa Prancis yang menarik
St. Barts menawarkan cita rasa Prancis yang menarik. (Liputan6/Forbes/LE BARTHÉLEMY HOTEL & SPA)

Cantik dan bersahaja, St. Barts berhasil memikat bintang film dari seluruh dunia.

Pulau cantik ini menawarkan cita rasa Prancis yang lezat di daerah tropis, dengan pesona santai yang disukai pelancong. Pantai pirang yang glamor melengkung di sekitar garis pantainya, didukung oleh perbukitan hijau yang menggulung.

Privasi dan pengasingan tempat adalah poin penjualan teratas di tempat ini, tetapi tentu saja semua itu ada harganya. Pulau memikat ini adalah salah satu tempat termahal di Karibia, tetapi jika uang bukan masalah, Anda dapat tinggal di vila pribadi atau hotel butik, makan di tempat masakan Prancis gourmet sampai puas, dan menjalani gaya hidup orang kaya dan terkenal.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

18 dari 18 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓