Sukses

Indonesia-Fiji Sepakat Memajukan Kerja Sama Ekonomi di Pasifik

Kedua negara, Indonesia dan Fiji akhirnnya sepakat akan berupaya memajukan kerja sama ekonomi konkret di kawasan Pasifik di sela Bali Democracy Forum ke-12.

Liputan6.com, Bali - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Fiji Inia Batikoto Seruiratu, di sela-sela kegiatan Forum Demokrasi Bali (Bali Democracy Forum) ke-12 di Nusa Dua, Bali. Keduanya sepakat akan berupaya memajukan kerja sama ekonomi konkret di kawasan Pasifik.

Menurut keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Jumat (6/12/2019), seperti dikutip dari Antara News, pada kesempatan itu, Menlu Fiji menegaskan dukungan terhadap komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan. Langkah itu sebagai bentuk kontribusi Indonesia pada stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran di kawasan.

Berkaca dari kesuksesan pelaksanaan Pacific Exposition di Auckland, Selandia Baru pada Juli 2019 lalu, Pemerintah Indonesia kembali mengajak pemerintah Fiji untuk berkolaborasi dalam Pacific Fair 2020 yang akan diselenggarakan Indonesia.

Pacific Fair 2020 itu diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak kemitraan konkret di bidang ekonomi untuk mempertahankan momentum positif yang telah terbangun antara Indonesia dengan negara-negara Pasifik Selatan saat Pacific Exposition.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Perjanjian Dagang Istimewa

Selanjutnya, Menlu RI dan Menlu Fiji juga mendiskusikan persiapan awal pembentukan perjanjian dagang istimewa antarkedua negara (Indonesia-Fiji Preferential Trade Agreement/IF-PTA).

Perjanjian dagang tersebut diharapkan akan dapat memperluas peluang kerja sama ekonomi kedua negara di bidang investasi, infrastruktur dan konektivitas.

Untuk itu, kedua pihak berharap agar tahap awal negosiasi IF-PTA dapat dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2020.

Pemerintah Indonesia selama ini terus berkomitmen dan berupaya untuk lebih berperan dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi negara-negara di kawasan Pasifik yang sebagian besar merupakan negara kepulauan. Tantang tersebut, antara lain dampak perubahan iklim, isu kelautan dan bencana alam.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga ingin berkontribusi dalam upaya pengembangan kawasan Pasifik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini