Sukses

Top 3: Suara Badai Matahari Hingga Korban Teror di Jembatan London Mencuri Perhatian

Suara yang ditimbulkan ketika badai matahari menyapu Bumi ternyata terdengar mengerikan. Simak selengkapnya di kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena yang terjadi di Bumi ini memang tak akan ada habisnya.

Belakangan sekelompok peneliti menguak suara yang ditimbulkan ketika badai matahari tengah menyapu Bumi. Menariknya, suara yang ditimbulkan terdengar sangat mengerikan. 

Artikel menarik lainnya mengenai fakta tentang Planet Saturnus yang sangat unik sekaligus memusingkan. Bahkan, ilmuwan Galileo Galilei pun kebingungan dibuatnya. Hal ini lantaran adanya cincin yang tak dimiliki oleh kebanyakan planet lainnya.

Tak kalah menarik perhatian, berita mengenai teror yang terjadi di jembatan London membuat masyarakat dunia jadi prihatin. Hal itu disebabkan korban yang meninggal dalam kejadian tersebut masih sangatlah muda.

Simak ketiga artikel paling populer kanal Global Liputan6.com edisi Selasa, 3 Desember 2019:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Suara Mengerikan Ketika Badai Matahari Menyapu Bumi

Tim peneliti dari Finlandia menguak suara bumi ketika terjadi badai matahari (solar storm). Suara ini diambil dari aktivitas yang terjadi di lapisan magnetosfer.

Dilansir dari Science Alert, suara di magnetosfer muncul dalam bentuk gelombang magnetoakustik yang terjadi ketika lapisan tersebut melindungi planet dari angin matahari. Semakin kuat anginnya, maka makin kencang suara di magnetosfer.

Baca Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 5 Fakta Saturnus, Planet yang Membuat Galileo Galilei Bingung

Nama Planet Saturnus berasal dari nama dewa Romawi yang menguasai waktu.

Saturnus merupakan bapak dari para dewa-dewi Yunani seperti Jupiter, Neptunus, serta Pluto. Nama-nama mereka semua pun digunakan sebagai nama planet.

Kehadiran Planet Saturnus sebetulnya sudah diketahui sejak zaman kuno, namun para penikmat langit dulu tidak mengetahui bahwa planet ini memiliki cincin yang indah. Barulah ilmuwan Galileo Galilei menemukan cincin tersebut pada 1610 berkat menggunakan teleskop.

Namun, NASA mencatat Galileo sempat bingung oleh kehadiran cincin tersebut, maklum teleskop zamannya belum modern. Alhasil,  ia hanya menyebut Saturnus memiliki "lengan" di kedua sisinya. 

Baca Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Sosok Gadis Lucu dan Baik, Identitas Korban Kedua Teror Jembatan London Terkuak

Teror di Jembatan London menewaskan dua orang. Korban pertama dari aksi penusukan itu adalah Jack Merritt (25), pria lulusan S2 dari Universitas Cambridge pada 2017.

Korban kedua dalam teror itu juga telah diungkap Polisi Metropolitan, yakni Saskia Jones (23) wanita yang juga lulusan Universitas Cambridge dari Stratford-upon-Avon.

Baca Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.