Sukses

5 Organisme Tertua yang Masih Ada di Bumi dan 5 Tempat untuk Melihatnya

Para pengembara Bumi mungkin mempertimbangkan menghabiskan waktu dengan 5 'duta organisme' tertua dunia yang hidup dari masa lalu, dan masih ada pada masa kini.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang baru lebih bagus dari yang lama?

Para pengembara Bumi, pencari petualangan, dan penikmat alam mungkin mempertimbangkan menghabiskan waktu dengan 5 'duta organisme' tertua dunia yang hidup dari masa lalu, dan masih ada pada masa kini.

Termasuk di antaranya adalah burung yang telah terbang sejauh jutaan mil ke berbagai benua Bumi, mawar yang selamat dari pemboman udara, pohon yang terhubung dengan Buddha, lumut hijau kuno di Andes, dan gerombolan besar spesies porifera laut di Antartika.

Berikut 5 organisme tertua yang masih hidup di Bumi dan 5 tempat untuk melihatnya, disadur dari artikel Richard Stenger untuk CNN Travel, dikutip pada Jumat (29/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Herba Liar, 3.000 tahun - Pegunungan Andes

Yareta atau llareta, gumpalan hijau terang yang menyerupai batu-batu besar yang tertutup lumut, adalah semak berbunga yang dirancang dengan sempurna untuk tahan terhadap kondisi ketinggian tinggi Pegunungan Andes di Peru, Bolivia, Chili utara, dan Argentina barat.

Angin, suhu beku, dan kekeringan bukan tandingan bagi Azorella compacta, kerabat, peterseli dan adas yang tak termakan, yang perlahan-lahan dan mampu hidup dan tumbuh sedikitnya satu meter per abad.

Karena laju pertumbuhannya yang lambat, kumpulan semak-semak terbesar diperkirakan berumur sekitar 3.000 tahun.

Mengingat kepadatannya --semak dapat dengan mudah menopang bobot manusia-- Yareta telah digunakan seperti gambut sebagai bahan bakar tradisional. Untungnya, pemerintah Amerika Selatan telah bersatu untuk melindungi spesies yang terancam punah.

 

3 dari 6 halaman

2. Pohon pinus, 5.000 tahun - California

Methuselah, pinus bristlecone di Pegunungan Putih California, berdiri pada usia tua sekitar 5.000 tahun, menjadikannya organisme non-kloning tertua yang dikenal di Bumi.

Dinamai sebagai tokoh Perjanjian Lama yang hidup 969 tahun, keberadaan Pinus longaeva menjadi rahasia ilmiah yang dijaga ketat, tetapi Anda dapat mengembara dan bertemu dengan rekan-rekan kuno-nya dan mungkin bertemu pohon itu sendiri pada jalur hiking 4,5 mil melalui Hutan Pinus Bristlecone Kuno di Hutan Nasional Inyo.

Entah orang menemukan yang paling kuno atau tidak, rumpun pohon pinus kusut bergerigi ini --yang jauh lebih tua dari piramida Mesir, berpegang teguh pada pegunungan gersang yang menjorok dari lantai gurun-- tetap menginspirasi.

4 dari 6 halaman

3. Anggota Kingdom Animalia tertua, 15.000 tahun - Laut Antarktika

Spons gunung berapi Antartika, Anoxycalyx joubini, adalah gumpalan porifera yang menyerupai tong bir raksasa atau gunung berapi mini. Mereka membumbui perairan dingin di sekitar McMurdo Sound dan perkiraan usia mereka didasarkan pada ukuran spons, yang hanya tumbuh sedikit setiap tahun.

Mereka tumbuh subur di kedalaman dari 50 hingga 500 kaki, penjaga dari dunia yang dalam yang mereka bagi dengan makhluk aneh lainnya, seperti krustasea kecil dan cacing yang bergerak di dalam spons, dan sekumpulan bintang laut beralaskan pin yang memakan monster tinggi setinggi dua meteran.

Hanya penyelam scuba paling berdedikasi yang dapat menjelajahi wilayah ini. Berkat para penjual pakaian laut yang ekstrem seperti Polar Trec, mereka dapat mengunjunginya, tentunya setelah mengebor es, yang pada akhirnya akan menyajikan pemandangan bawah air terbaik di dunia.

5 dari 6 halaman

4. Hutan di daratan tertua, 80.000 tahun - AS

Hutan the Trembling Giant di Utah terdiri dari hampir 50.000 pohon aspen, tetapi seluruh hutan Populus tremuloides itu identik secara genetik dan memiliki sistem akar tunggal, menjadikannya secara teknis sebuah organisme tunggal.

Koloni pohon itu mencakup lebih dari 100 hektar.

Daun dari satu aspen yang bergetar membuat kepakan angin yang lembut. Dengarkan efek merdu kali puluhan ribu saat Anda bermalam, tepat di jantung Pando, di sebuah perkemahan di Hutan Nasional Fishlake, Utah, Amerika Serikat.

6 dari 6 halaman

5. Hutan di lautan tertua, 200.000 tahun - Mediterania

Sebuah padang rumput laut luas sepuluh mil panjang dekat Spanyol merupakan organisme tunggal tertua yang diketahui di Bumi, menurut ahli genetika.

Posidonia oceanica, yang dikenal sebagai rumput Neptunus, adalah organisme yang endemik di Laut Mediterania. Tetapi sebidang tanah di dekat pulau Formentera, yang merupakan sebaran dari habitat asli awal mulanya, diperkirakan memiliki usia sekitar 200.000 tahun.

Untungnya pulau itu, pulau terkecil di Spanyol, tidak memiliki keramaian di dekat Ibiza, dari mana orang dapat naik feri ke Formentera. Selain melakukan petualangan dengan scuba atau snorkeling ke hutan laut purba, orang dapat menjelajahi mercusuar dan gua yang indah di pulau itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini