Pantau Komet dan Asteroid, Rusia Bangun Pangkalan di Bulan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 27 Nov 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 20:16 WIB
Bulan Purnama Penuh

Liputan6.com, Jakarta - Rusia berencana membangun pangkalan di Bulan. Pangkalan itu akan digunakan untuk memantau komet dan asteroid, serta mempersiapkan penerbangan ke planet-planet lain.

Direktur Eksekutif Badan antariksa Rusia Roscosmos untuk Ilmu Pengetahuan dan Program Jangka Panjang Alexander Bloshenko mengatakan, pihaknya akan mengajukan sebuah program untuk meneliti dan mengeksplorasi Bulan kepada pemerintah pada akhir 2019.

"Sebuah rencana mendetail tengah dibuat untuk diimplementasikan setelah 2025," ujar Bloshenko kepada kantor berita TASS, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (27/11/2019).

Menurut Bloshenko, peralatan untuk meneliti angkasa luar serta teleskop khusus untuk melacak asteroid dan komet yang mengancam keamanan Bumi, akan ditempatkan di pangkalan Bulan.

 

2 dari 3 halaman

Dibangun di Kutub Selatan Bulan

Mengintip Lebih Dekat Tekstur Permukaan Bulan
Foto-foto permukaan Bulan itu diklaim beberapa pihak menjadi foto paling 'jernih' yang diperlihatkan oleh Badan Antariksa Tiongkok, CNSA.

Pangkalan itu akan dibangun di kutub selatan satelit alami Bumi tersebut.

Roscosmos juga berencana akan mendirikan tempat uji coba di sana untuk berbagai teknologi yang akan diperlukan dalam penerbangan lebih jauh ke angkasa luar.

Bloshenko mengatakan, sistem robotik akan menangani pemeliharaan infrastruktur di pangkalan tersebut, sedangkan manusia akan melakukan kunjungan berkala untuk menyelesaikan berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan robot.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓