Sukses

Tahi Lalat hingga Jenggot, 10 Fitur Unik Tubuh yang Punya Manfaat Tersendiri

Kerap dianggap sepele, 10 fitur tubuh berikut sebenarnya memiliki manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasakah bahwa tubuh Anda diciptakan dengan penuh keajaiban? Ketika Anda bercermin, Anda bisa saja menemukan sesuatu yang istimewa, misalnya, fitur tubuh yang bahkan mungkin tidak Anda ketahui fungsi dan mengapa itu ada di sana.

Seperti rambut kepala yang Anda cukur setiap ini panjang dan masih terus tumbuh, misalnya. Namun, tahukah Anda bahwa rambut bisa membantu menarik lawan jenis? Fitur tubuh ini ada karena suatu alasan dan tujuannya mungkin akan mengejutkan Anda.

Berikut 10 fitur tubuh yang tamaknya tidak berguna, tetapi punya manfaat tersendiri, seperti mengutip dari Bright Side, Rabu (27/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Tahi Lalat

Tahi lalat muncul ketika sel-sel di kulit tumbuh dalam kelompok, bukannya menyebar ke seluruh kulit. Biasanya, tahi lalat tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang ini mungkin pertanda bahwa ada masalah di dalam tubuh kita, seperti kanker.

Pemetaan tahi lalat adalah metode yang dapat digunakan untuk melacak perubahan tahi lalat, sehingga kanker dapat diatasi lebih awal untuk menyelamatkan hidup kita.

3 dari 11 halaman

2. Bulu Ketiak

Fungsi utama rambut tubuh adalah melepaskan feromon, hormon yang mampu menarik perhatian lawan jenis, menurut sebuah penelitian. Termasuk di antaranya adalah bulu ketiak yang mengeluarkan bau badan.

Sama seperti binatang, setiap insan mengeluarkan aroma tubuh yang berbeda pula yang bisa menarik lawan jenis. Ini mungkin yang menjadi alasan mengapa beberapa orang suka mencium baju kotor pasangan mereka.

4 dari 11 halaman

3. Gigi Bungsu

Gigi bungsu sebenarnya adalah set gigi ketiga yang tumbuh di mulut Anda. Pada zaman dahulu, konon, nenek moyang kita membutuhkan gigi ini untuk mengunyah makanan keras seperti akar, daun, daging, dan kacang-kacangan, terutama ketika gigi lain akan tanggal. Jadi pada dasarnya, gigi bungsu seperti gigi cadangan kita.

5 dari 11 halaman

4. Alis

Alis adalah bulu tubuh halus yang berada di atas mata kita. Bentuknya pun beraneka ragam. Rambut ini tumbuh sebagai bentuk perlindungan tubuh, untuk mata, dari kelembaban hujan dan keringat di jidat, sehingga kita dapat mempertahankan penglihatan kita.

Selain itu, alis dapat digerakkan untuk mengekspresikan emosi, yang kemudian digunakan sebagai alat komunikasi (bahasa isyarat tubuh).

Sebuah studi yang dilakukan pada 2003 menunjukkan, alis sangat vital bagi kita untuk mengenali wajah. Sebanyak 46 persen responden menyebut, mereka tidak bisa mengenal muka orang-orang yang dikenali mereka ketika alis mereka dicabut atau dihilangkan total.

6 dari 11 halaman

5. Kuku Jari Tangan dan Kaki

Kuku jari tangan dan kaki melindungi ujung jari tangan dan ujung jari kaki dari cedera. Fitur tubuh ini membantu kita untuk memegang benda dengan lebih baik dan memotong barang-barang tertentu.

Setiap kali Anda merasa gatal, kuku terkadang bisa sangat berguna. Tidak hanya itu, kuku pun dapat menjadi cerminan kesehatan tubuh kita dengan berasas pada warna kuku.

7 dari 11 halaman

6. Uvula

Uvula adalah jaringan kecil berbentuk menyerupai tetesan air mata, yang menggantung di atas pangkal lidah. Fitur tubuh ini hanya ada pada manusia dan sebuah penelitian menunjukkan, uvula memungkinkan kita untuk minum sambil membungkuk dan membantu kita berbicara.

8 dari 11 halaman

7. Rambut Kaki

Dahulu kala, nenek moyang kita sengaja menumbuhkan rambut kaki agar tubuh mereka tetap hangat, terutama karena belum adanya celana.

Ketika dingin, otot-otot kecil yang mengelilingi folikel (kantong kelenjar yang kecil dan sempit (misalnya pada rambut)) menyebabkan rambut berdiri dan menjebak lebih banyak panas di dekat tubuh. Ini berfungsi sebagai selimut alami di kaki kita.

9 dari 11 halaman

8. Apendiks

Apendiks adalah kantong kecil di dekat tempat bertemunya usus besar dan kecil. Meski kerap dianggap sebagai bagian tubuh yang tidak berguna, sebenarnya apendiks bekerja untuk melindungi bakteri baik di usus.

Jika kita mengalami diare, bakteri baik akan membantu menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan sembuh.

10 dari 11 halaman

9. Bintik-bintik Cokelat

Bintik-bintik (freckless) atau angel kisses muncul karena genetika dan paparan sinar matahari. Fitur tubuh ini umumnya timbul pada tubuh (biasanya wajah) mereka yang memiliki kulit terang, tetapi beberapa orang mendapatkannya karena berjemur di bawah terik matahari.

Freckless adalah respons sel-sel tubuh yang berusaha melindungi diri kita dari kerusakan akibat paparan sinar mentari. Bintik-bintik cokelat tersebut bak tabir surya alami yang melawan sinar UV matahari.

11 dari 11 halaman

10. Jenggot, Kumis, dan Brewok

Jenggot, kumis dan brewok kini dianggap sebagai tren gaya. Namun dalam sebuah penelitian, diperkirakan bahwa fitur tubuh ini sangat mirip surai (bulu pada tengkuk kuda atau singa) --singa jantan.

Ketiganya mungkin bertindak sebagai semacam kamuflase untuk melindungi rahang kita, khususnya laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini