Sukses

Dilema Para Pengecek Fakta Dunia, Kendala Bahasa hingga Budaya

Di panggung markas Facebook di Menlo Park, California, disimpulkan bahwa ada tiga tantangan terbesar yang dihadapi para fact checker atau pengecek fakta.

Liputan6.com, Menlo Park - Pengecekan fakta lintas negara, dalam zona waktu dan dalam bahasa yang berbeda, pada saat yang sama adalah rutinitas harian bagi segelintir organisasi pemeriksa fakta.

Dalam ajang global Fact-Checking Partner Summit Facebook pada 5-6 November 2019 lalu, yang juga dihadiri Liputan6.com, terkuaklah sejumlah kasus yang membuat para pengecek fakta dunia dilema.

Di panggung markas Facebook di Menlo Park, California, dapat disimpulkan bahwa ada tiga tantangan terbesar yang dihadapi para fact checker atau pengecek fakta: mempekerjakan orang, bekerja di zona waktu yang berbeda dan menerjemahkan verifikasi mereka.

Seorang editor dari organisasi pemeriksa fakta Afrika menekankan bahwa untuk memerangi kesalahan informasi di berbagai negara, penting untuk bekerja untuk mencerminkan pengetahuan lokal. Ini berarti tim harus terdiri dari jurnalis / peneliti lokal yang melekat dengan budaya lokal.

Dengan cara ini, lebih mudah untuk memahami konteks meme, memanipulasi video dan foto palsu - dan juga menolaknya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pemeriksaan fakta terakhir tidak terdengar jauh, internasional dan sulit dimengerti.

Pemeriksa fakta Prancis juga setuju dengan itu, dan bahkan menambahkan saran: Investasikan waktu dalam terjemahan. Di organisasinya, misalnya, pemeriksa fakta menghabiskan setidaknya tiga bulan bekerja dalam bahasa Inggris sebelum mereka mulai menerbitkan cek fakta dalam bahasa lokal mereka.

Dengan melakukan itu, banyak editor juga dapat mengevaluasi pekerjaan itu dan memastikan proses yang dilakukan perusahaan dipahami.

Pelatihan dan pengembangan metodologi yang ketat tentang bagaimana melakukan pemeriksaan fakta adalah dua poin yang diajukan oleh pemeriksa fakta India dan Sri Lanka di Fact-Checking Partner Summit Facebook di Menlo Park.

Mereka mengatakan ini adalah cara terbaik untuk memastikan semua pemeriksa fakta yang bekerja di luar negeri, dan dalam bahasa yang berbeda memiliki pengetahuan yang sama tentang alat dan juga pada halaman yang sama mengenai prosedur organisasi tentang bagaimana menyanggah sepotong konten palsu. Ini menjamin standar kualitas tertentu dan tingkat akurasi yang tinggi.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan Terbesar

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh organisasi-organisasi pengecekan lintas batas ini adalah bagaimana memastikan dua pemeriksa fakta tidak bekerja dalam cerita yang sama pada saat yang bersamaan. Dan satu-satunya cara untuk melakukannya adalah mengembangkan dan menjaga alur kerja yang ketat di zona waktu yang berbeda.

Pemeriksa fakta Afrika mengatakan bahwa organisasinya memutuskan untuk menyewa editor yang didedikasikan khusus untuk Program Pengecekan Fakta Pihak Ketiga Facebook. Orang ini bertanggung jawab untuk menengahi jika dua jurnalis atau peneliti mengangkat konten mencurigakan yang sama muncul di berbagai negara -- hal lumrah yang kerap dijadi.

Semua pemeriksa fakta yang berpartisipasi dalam sesi ini di Menlo Park menyetujui profil pemeriksa fakta baru. Mereka mengatakan orang ini harus bersedia meluangkan waktu melakukan penelitian mendalam dan menjadi ahli teknologi. Mereka juga harus siap bekerja dengan jurnalis yang lebih berpengalaman di bawah metodologi atau proses yang ketat.

Global Fact-Checking Partner Summit pertama adalah acara dua hari untuk pemeriksa fakta saja. Semua sesi tidak direkam atau di bawah Peraturan Chatham House.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.