Sukses

Bangga, Remaja Perempuan dari Bekasi Sabet Gelar Juara Menyanyi di Swedia

Maria Sinaga berhasil raih juara 1 ajang menyanyi tingkat internasional, I-Sing World 2019 pada 10-13 November 2019 di Stockholm, Swedia

Liputan6.com, Jakarta - Nama Indonesia kembali harum di dunia melalui kejuaraan menyanyi tingkat internasional, I-Sing World 2019 pada 10 hingga 13 November 2019 di Stockholm, Swedia. Terdapat dua penyanyi asal Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetesi junior, dengan salah satunya menyabet gelar juara tersebut. 

Untuk juara 1 berhasil diraih oleh Maria Sinaga. Kemudian, untuk juara 3 berhasil diraih oleh Namie. Kedua orang tersebut merupakan remaja asal Indonesia. 

Maria yang berumur 14 tahun berasal dari Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan, Namie yang berumur 9 tahun berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Kedua remaja perempuan tersebut berhasil menyisihkan banyak peserta dari negara lain seperti Belgia, India, dan Selandia Baru.

Maria terpilih sebagai wakil Indonesia untuk kategori junior pada I-Sing World 2019 usai memenangkan Asian Dreamerz yang merupakan kompetisi tingkat Asia pad Juni 2019 lalu. 

Pada babak final, Maria Sinaga membawakan lagu Bunga Citra Lestari, "Tundukkan Dunia."

Tak hanya bernyanyi dengan apik, Maria juga memiliki misi lain dalam ajang tersebut, yaitu memperkenalkan budaya Indonesia. Hal itu dibuktikan Maria dengan mengenakan pakaian adat dari Kalimantan.

Selain mendapat gelar Juara 1, Maria juga mendapat Special Awards, yaitu "Best Vocal Technique."

Capaian Maria yang membanggakan tersebut tak lepas dari campur tangan guru vokalnya, Ronald Misael Pakiding.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Positif Dubes Indonesia untuk Swedia

Duta Besar Indonesia untuk Swedia, Bagas Hapsoro juga turut memberi sambutan positif atas capaian yang diraih anak bangsa tersebut.

Melalui pernyataannya, Dubes Indonesia untuk Swedia menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi dari Maria serta Namie.

Dubes tersebut juga berharap kedua putri terbaik Indonesia tersebut dapat terus meningkatkan prestasi mereka. Serta, mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Dari ajang perlombaan I-Sing World Junior 2019 ini, para juara memperoleh uang tunai, piala, medali, dan piagam. Selain itu, Maria yang merupakan juara 1 juga mendapat kesempatan untuk mengikuti training di Seoul, Korea Selatan dan bergabung dengan salah satu entertainment company di Seoul. 

Hal tersebut tentu menjadi pencapaian yang luar biasa untuk Maria. Namun lebih dari itu, Maria sangat bangga karena negara Indonesia menjadi no.1 di ajang ini. 

3 dari 3 halaman

I-Sing World

I-Sing World adalah kompetisi menyanyi tingkat dunia yang diselenggarakan setiap tahun oleh I-Sing Academy. 

Pada tahun 2019, I-Sing diikuti oleh 26 negara yang terbagi dalam kategori dewasa dan junior. Penyelenggara I-Sing Academy bekerjasama dengan Oʼlearys, Stockholm, Swedia untuk ajang I-Sing 2019 ini. 

Kompetisi junior ini baru pertama kali diperkenalkan di tahun 2019, dengan kategori usia anak-anak antara 6-16 tahun. 

Sementara itu, I-Sing World pada tahun 2020 rencananya akan diadakan di Negeri Jiran, Malaysia. 

 

Reporter: Hugo Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.