Sukses

Mendagri Iran Ancam Tindak Keras Aksi Protes Pencabutan Subsidi BBM

Menteri Dalam Negeri Iran mengatakan, pemerintah akan meningkatkan tindakan penanggulangan terhadap gelombang demo yang dipicu oleh kebijakan BBM baru.

Liputan6.com, Teheran - Menteri Dalam Negeri Iran, yang mengimbau pejabat keamanan lokal, mengatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan tindakan penanggulangan terhadap gelombang demo yang dipicu oleh kebijakan BBM baru.

Protes meletus di Iran selama akhir pekan setelah pemerintah secara tak terduga mengumumkan penjatahan bensin dan menaikkan harganya pada Jumat 15 November 2019, demikian seperti dilansir BBC, Minggu (17/11/2019).

Setidaknya satu orang telah terbunuh dan yang lainnya terluka dalam kekerasan.

Para pejabat mengatakan bahwa kebijakan terbaru, yang telah melihat harga BBM naik setidaknya 50%, merupakan upaya untuk membebaskan beban subsidi dan mengalihkan uang tersebut untuk membantu orang miskin.

Iran sudah menderita secara ekonomi karena sanksi keras yang dijatuhkan AS setelah Washington memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

Protes meletus beberapa jam setelah kebijakan baru diumumkan pada hari Jumat - dengan demonstrasi baru kembali pecah pada Sabtu di beberapa kota.

Ada juga laporan bahwa akses ke internet mungkin telah dibatasi, menurut laporan Reuters, mengutip kelompok pemantau web.

Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani-Fazli, berbicara dalam wawancara dengan televisi negara pada hari Sabtu, memperingatkan bahwa para penegak hukum dan pejabat keamanan akan "tidak punya pilihan" selain untuk mengintervensi dan memulihkan ketenangan jika tindakan "ilegal" berlanjut.

Rahmani-Fazli mengkritik "sejumlah" orang yang ia tuduh menyalahgunakan suasana publik untuk menciptakan "intimidasi dan teror" di Iran.

Berbicara di TV pemerintah Iran, Jaksa Agung Mohammad Jafar Montazeri menyalahkan "beberapa pengganggu" atas protes tersebut. Dia mendesak orang-orang untuk menjauhkan diri dari mereka yang --dalam kata-katanya-- ingin menunjukkan penentangan mereka terhadap sistem Islam.

Dia juga menuduh para pemrotes memiliki "akar di luar negara".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu Orang Tewas dalam Demo di Iran pada Jumat Lalu

Setidaknya satu orang tewas dalam protes di pusat kota Sirjan pada Jumat 15 November 2019, para pejabat mengonfirmasi.

Kantor berita negara IRNA mengatakan ada bentrokan dengan polisi ketika para pemrotes menyerang gudang penyimpanan bahan bakar pada hari Jumat dan mencoba untuk membakarnya.

Protes baru pada Sabtu diadakan di kota Doroud, Garmsar, Gorgan, Ilam, Karaj, Khoramabad, Mehdishahr, Qazvin, Qom, Sanandaj, Shahroud dan Shiraz --IRNA melaporkan.

Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan orang lain mungkin terbunuh pada hari Sabtu.

Kantor berita semi-resmi ISNA melaporkan bahwa pejabat keamanan telah mengancam untuk secara para pengguna media sosial yang berbagi rekaman online.

Sebuah pernyataan, yang diakreditasi oleh Pusat Darurat Keamanan (SEC) Kementerian Dalam Negeri Iran, menuduh beberapa pengguna "penyebar gosip" telah "menyebarkan kebohongan" tentang protes tersebut.

Laporan itu juga mengklaim bahwa rekaman sedang didaur ulang dari insiden pada tahun-tahun sebelumnya untuk merusak kepercayaan publik dan mengganggu keamanan nasional.

Pada kedua hari itu ada laporan tentang pengendara yang marah memblokir beberapa jalan dengan mematikan mesin mobil atau meninggalkan kendaraan dalam lalu lintas.

Video yang diposting online menunjukkan pengendara di ibukota, Teheran, menghentikan lalu lintas di Jalan Raya Imam Ali dan meneriakkan agar polisi mendukung mereka.

Klip lain menunjukkan apa yang tampak sebagai penghalang jalan di jalan raya Teheran-Karaj, yang dilanda salju tebal pertama musim ini. Video lain yang menyebarkan bentrokan tayangan online antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa, dan bank-bank terbakar di beberapa kota.

Beberapa gambar tampak menunjukkan kantor polisi terbakar di selatan kota Shiraz.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Baru BBM Iran

Di bawah kebijakan baru, setiap pengendara hanya diperbolehkan membeli 60 liter bensin per bulan dengan 15.000 rial Iran (sekitar Rp 6.000) per liter. Setiap liter tambahan dikenakan biaya 30.000 rial.

Sebelumnya, pengemudi diizinkan hingga 250 liter dengan 10.000 real per liter, lapor Associated Press.

Pendapatan yang diperoleh dari menghapus subsidi bensin akan digunakan untuk pembayaran tunai kepada rumah tangga berpenghasilan rendah, kata pemerintah.

Kepala Organisasi Perencanaan dan Anggaran Iran, Mohammad Baqer Nobakht, mengatakan bahwa mulai bulan ini, 18 juta keluarga akan mendapat tambahan uang tunai menyusul pencabutan subsidi BBM.

Langkah baru ini diharapkan akan menghasilkan 300 triliun real per tahun, katanya di televisi pemerintah.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada Sabtu bahwa 75% dari warga Iran saat ini "di bawah tekanan" dan pendapatan tambahan dari kenaikan harga bensin akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan, bukan masuk ke dalam kas negara.

Iran memiliki beberapa harga bahan bakar termurah di dunia karena subsidi besar dan penurunan nilai mata uangnya.

Ini juga salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dengan ekspor bernilai miliaran dolar setiap tahun. Tetapi memiliki kapasitas penyulingan terbatas dan sanksi yang diterapkan Amerika Serikat membuatnya sulit untuk mendapatkan suku cadang untuk pabrik minyak.

Sanksi diberlakukan kembali tahun lalu setelah Presiden AS Donald Trump meninggalkan perjanjian nuklir penting antara Iran dan enam kekuatan dunia.

Di bawah perjanjian itu, Iran setuju untuk membatasi kegiatan nuklirnya yang kontroversial dan mengizinkan pengawas internasional masuk ke Iran, dengan imbalan pencabutan sanksi dari enam kekuatan dunia.

Sejak AS meninggalkan kesepakatan, Iran secara bertahap meningkatkan aktivitas nuklirnya dalam pelanggaran perjanjian, meskipun secara konsisten membantah keinginan untuk mengembangkan senjata nuklir.

Sanksi tersebut telah menyebabkan penurunan tajam dalam ekonomi Iran, mendorong nilai mata uangnya ke rekor terendah, melipatgandakan tingkat inflasi tahunan, mengusir investor asing dan memicu protes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini