Sukses

Perhatikan, 5 Tanda Ini Menunjukkan Rumah Penuh Kutu Busuk

5 tanda yang menunjukkan rumah yang dihuni oleh kutu busuk.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun kutu busuk tidak benar-benar menyebarkan penyakit menular, namun serangga ini dianggap sebagai gangguan dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada manusia apabila berada di dalam rumah.

Mulai dari reaksi fisik, seperti ruam atau alergi, hingga efek psikologis, seperti kecemasan, stres, dan insomnia, ada banyak alasan mengapa kutu busuk harus dimusnahkan dari rumah.

Sebelum membasmi kutu busuk, perhatikan 5 tanda-tanda berikut yang menunjukkan bahwa hunian Anda 'ditinggali' oleh hewan kecil itu, seperti dikutip dari Bright Side, Senin (11/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bintik Merah yang Gatal

Jika Anda memiliki iritasi kulit atau jika tubuh Anda gatal dan ada bentolan kecil berwarna merah di wajah, lengan, kaki, dada, atau punggung, itu adalah salah satu tanda badan Anda dihinggapi kutu busuk.

Itu adalah gigitan yang nantinya bisa meradang. Menggaruk hanya memperparah kondisi, menyebabkan perdarahan dan infeksi.

Untuk memastikan kalau gatal itu disebabkan kutu busuk dan bukan jenis serangga lainnya, lihat pola gigitannya. Kutu busuk kerap muncul dalam bentuk kelompok, baris lurus, dan zig-zag.

Namun, beberapa orang mungkin tidak memiliki reaksi fisik terhadap kutu busuk, sehingga kulit mereka tidak akan berbintik-bintik merah atau gatal.

3 dari 6 halaman

2. Bercak Darah atau Karat

Periksa bintik-bintik merah di tempat tidur Anda. Jika Anda tak sengaja membunuh kutu busuk saat atau setelah hewan ini makan, maka bekasnya adalah berupa noda darah.

Anda mungkin juga menemukan bintik-bintik berwarna karat, yang merupakan kotoran kutu busuk. Biasanya ada di seprai atau di tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau, seperti permukaan kasur, pegas kasur, dan ranjang kayu.

Periksa pula dinding dan bawah wallpaper tembok Anda, karena kutu busuk dapat meninggalkan kotoran di sana.

4 dari 6 halaman

3. Bau Apek

Kutu busuk memiliki kelenjar aroma yang melepaskan feromon, dan jika jumlah mereka banyak, maka baunya bisa sangat kuat dan tidak menyenangkan.

Jadi, jika kamar Anda berbau seperti pakaian berjamur atau makanan busuk, maka Anda harus waspada.

5 dari 6 halaman

4. Cangkang Kutu Busuk

Kutu busuk melepaskan cangkang atau kulit mereka ketika mereka tumbuh. Periksa bantal tempat tidur Anda, jahitan kasur, kursi, dan sofa, dan di antara bantal. Pastikan juga untuk memeriksa laci dan pakaian Anda.

6 dari 6 halaman

5. Noda Putih di Furnitur

Jika Anda melihat bintik-bintik atau noda putih pada furnitur Anda, itu mungkin telur atau cangkang telur kutu busuk. Mereka berbentuk seperti butiran beras dan berwarna transparan atau putih --terkadang mengkilap.

Terkadang bisa dilihat dengan mata telanjang di jahitan kasur dan furnitur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini