Sukses

Kisah 'Kultus' Eksil Iran, Wajib Membujang Seumur Hidup demi Tumbangkan Revolusi

Selama enam tahun, Albania telah menjadi rumah bagi salah satu kelompok oposisi utama Iran, Mujahidin-e-Khalq (MEK) atau Mujahidin Iran.

Liputan6.com, Tirana - Selama enam tahun, Albania telah menjadi rumah bagi salah satu kelompok oposisi utama Iran, Mujahidin-e-Khalq (MEK) atau Mujahidin Iran.

Tetapi ratusan anggota telah keluar --beberapa mengeluh tentang aturan kaku organisasi yang mewajibkan hidup membujang (selibat) dan kontrol ketat yang meminimalisir kontak dengan keluarga.

Sekarang, puluhan orang merana di ibu kota Albania, Tirana, tidak dapat kembali ke Iran atau melanjutkan hidup mereka. Beberapa terasing dari keluarga dan darah daging mereka sendiri selama berdekade lamanya.

"Saya tidak berbicara dengan istri dan anak saya selama lebih dari 37 tahun - mereka pikir saya sudah mati. Tetapi saya mengatakan kepada mereka, 'Tidak, saya hidup, saya tinggal di Albania ...' Mereka menangis," kata Gholam Mirzai seperti diwartakan BBC, dilansir pada Senin (11/11/2019).

Kontak pertama melalui telepon dengan keluarganya setelah bertahun-tahun juga menyulitkan Gholam Mirzai. Dia berusia 60 tahun, dan melarikan diri dua tahun lalu dari perkemahan gaya militer MEK di luar Tirana.

Sekarang dia hidup prihatin di kota itu, penuh penyesalan dan dituduh oleh mantan rekan MEK-nya sebagai mata-mata untuk Republik Islam Iran (Iran dewasa ini).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah MEK

MEK memiliki sejarah yang bergejolak dan berdarah. Sebagai radikal Islamis-Marxis, para anggotanya mendukung Revolusi Islam Iran 1979 yang menggulingkan Syah Pahlevi --pemimpin monarki terakhir Irang sebelum Revolusi Islam.

Namun hubungan MEK dengan Ayatollah Khomeini, Bapak Revolusi Islam Iran segera memburuk ketika Teheran menindak keras kelompok yang berpotensi menggulingkan mereka suatu saat nanti.

Sejak itu, anggota MEK dan simpatisannya harus mengasingkan diri dari Iran demi hidup mereka.

Negara tetangga Irak menawarkan perlindungan, dan dari benteng gurun mereka selama Perang Iran - Irak (1980-1988), MEK bertempur di sisi Saddam Hussein melawan tanah air mereka sendiri.

Gholam Mirzai bertugas di militer Iran ketika dia ditangkap oleh pasukan Saddam Hussein pada awal konflik itu. Dia menghabiskan delapan tahun sebagai tawanan perang di Irak. Namun pada waktunya, tahanan Iran seperti Mirzai didorong untuk bergabung dengan rekan senegaranya sebagai MEK. Dan itulah yang dia lakukan selama puluhan tahun terakhir, hingga kini.

Mirzai sekarang menjadi "disasosiasi" - salah satu dari ratusan mantan anggota MEK yang telah meninggalkan organisasi sejak mereka pindah ke Albania.

Dengan bantuan dana dari keluarga, beberapa telah membayar penyelundup manusia untuk membawa mereka ke tempat lain di Eropa, dan satu-dua telah berhasil kembali ke tanah air. Tetapi, lusinan tetap di Tirana, tanpa kewarganegaraan dan secara resmi tidak dapat bekerja.

Jadi, bagaimana para anggota MEK yang berjuang keras --yang sebelumnya merupakan organisasi teroris terlarang di Amerika Serikat dan Eropa-- menemukan jalan mereka ke sudut Benua Biru seperti Albania?

3 dari 5 halaman

MEK di Albania dan Eropa

Pada 2003, invasi Sekutu pimpinan AS ke Irak membuat hidup para anggota MEK di ambang bahaya. Pelindung organisasi, Saddam Hussein, tiba-tiba hilang, dan Mujahidin Iran itu berulang kali diserang --dengan ratusan orang terbunuh dan terluka. Khawatir akan bencana kemanusiaan yang bahkan lebih buruk, Amerika mendekati pemerintah Albania pada 2013 dan membujuknya untuk menerima sekitar 3.000 anggota MEK di Tirana.

"Kami menawarkan mereka perlindungan dari serangan dan pelecehan, dan kemungkinan untuk menjalani kehidupan normal di negara di mana mereka tidak dilecehkan, diserang atau dianiaya," kata Lulzim Basha, pemimpin Partai Demokrat AS, yang berada di pemerintahan pada saat itu, dan sekarang dalam oposisi.

Di Albania, politik sangat terpolarisasi, di mana semuanya dipertentangkan. Tapi, uniknya, kehadiran MEK tidak demikian. Di depan umum, baik pemerintah dan partai oposisi mendukung tamu Iran mereka.

Bagi MEK, Albania adalah lingkungan yang benar-benar baru. Gholam Mirzai heran bahwa bahkan anak-anak memiliki ponsel. Dan karena beberapa Mujahidin awalnya ditampung di gedung-gedung apartemen di tepi ibukota, cengkeraman organisasi terhadap para anggotanya lebih longgar daripada sebelumnya.

Di Irak, MEK telah mengendalikan setiap aspek kehidupan mereka, tetapi di sini, untuk sementara, ada kesempatan untuk merasakan kebebasan yang relatif.

"Ada beberapa tanah kasar di belakang flat di mana komandan mengatakan kepada kami bahwa kami harus melakukan latihan setiap hari," kenang Hassan Heyrany, seorang disosiasi MEK lainnya.

Heyrany dan rekan-rekannya menggunakan sampul pohon dan semak-semak untuk menyelinap ke kafe internet di dekat kompleks tersebut dan melakukan kontak dengan keluarga mereka.

"Ketika kami berada di Irak, jika Anda ingin menelepon ke rumah, MEK menyebut Anda lemah --kami tidak memiliki hubungan dengan keluarga kami," katanya.

"Tetapi ketika kami datang ke Tirana, kami menemukan internet untuk penggunaan pribadi."

Namun, menjelang akhir 2017, MEK pindah ke markas baru. Kamp ini dibangun di atas bukit yang landai di pedesaan Albania, sekitar 30 km dari ibu kota Tirana.

Di balik gerbang besi yang besar, ada lengkungan marmer yang mengesankan di atasnya dengan singa emas. Sebuah bulevar berbaris pohon berjalan ke sebuah peringatan yang didedikasikan untuk ribuan orang yang kehilangan nyawa dalam perjuangan MEK melawan pemerintah Iran.

Wartawan yang tidak diundang tidak diterima di sini. Tetapi pada Juli 2019, ribuan orang menghadiri acara Free Iran MEK di kamp. Politisi dari seluruh dunia, orang-orang Albania yang berpengaruh dan orang-orang dari desa terdekat Manze, bergabung dengan ribuan anggota MEK dan pemimpin mereka, Maryam Rajavi, di auditorium mewah. Pengacara pribadi Presiden AS Donald Trump, Rudy Giuliani pun diberikan mimbar untuk berpidato.

"Mereka adalah orang-orang yang mengabdikan diri pada kebebasan," kata Giuliani, merujuk pada anggota MEK yang berpakaian seragam dan berpisah gender yang hadir di aula.

"Dan jika kamu berpikir itu adalah pemujaan, maka ada yang salah dengan dirimu," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Tak Tahan Membujang, Meninjau Kembali Loyalitas pada 'Kultus'

Politisi kuat AS seperti Rudy Giuliani mendukung tujuan perubahan rezim di Iran dengan MEK sebagai ujung tombaknya. Manifesto gerakan ini mencakup komitmen terhadap hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan demokrasi partisipatif untuk Iran.

Tapi Hassan Heyrany tidak meyakininya lagi. Tahun lalu dia meninggalkan MEK, menolak apa yang dia lihat sebagai kontrol opresif pimpinan atas kehidupan pribadinya. Heyrany bergabung dengan Mujahidin berusia 20-an, tertarik dengan komitmennya pada pluralisme politik.

"Itu sangat menarik. Tetapi jika Anda percaya pada demokrasi, Anda tidak dapat menekan jiwa para anggota Anda," katanya.

Titik terendah kehidupan Heyrany dengan MEK adalah pertemuan malam yang harus dia hadiri.

"Kami memiliki buku catatan kecil, dan jika kami memiliki momen seksual apa pun kami harus menuliskannya. Misalnya, 'Hari ini, di pagi hari, saya mengalami ereksi.'"

Hubungan romantis dan pernikahan dilarang oleh MEK. Dulu tidak seperti itu, di mana suami-istri, orang tua dan anak-anak mereka bergabung dengan Mujahidin.

Tetapi, setelah kekalahan berdarah MEK dalam sebuah serangan oleh Iran, kepemimpinan berpendapat bahwa hal itu terjadi karena Mujahidin terganggu oleh hubungan pribadi. Perceraian massal menyusul. Anak-anak diusir --seringkali ke rumah asuh di Eropa-- dan segelintir anggota MEK berjanji untuk tetap membujang.

Dalam buku catatan itu, Heyrany mengatakan mereka juga harus menulis lamunan pribadi.

"Misalnya, 'Ketika saya melihat bayi di televisi, saya merasa ingin memiliki anak atau keluarga sendiri.'"

Dan Mujahidin harus membaca dari buku catatan mereka di depan komandan dan kawan-kawan mereka pada pertemuan harian.

"Itu sangat sulit bagi seseorang," kata Heyrany.

Sekarang ia menyamakan kamp MEK di Manze dengan 'Animal Farm', literatur kritik karya George Orwell terhadap era Stalinis di Uni Soviet. "(MEK) Itu kultus," katanya sederhana.

Sumber diplomatik di Tirana menggambarkan MEK sebagai "kelompok budaya yang unik - bukan kultus, tetapi seperti kultus."

BBC tidak dapat mengonfirmasi langsung kepada MEK, karena organisasi menolak untuk diwawancarai.

Tetapi di Albania, sebuah negara yang pernah mengalami rezim Komunis yang punitif serta tertutup selama beberapa dekade, ada beberapa simpati untuk posisi kepemimpinan MEK --setidaknya pada larangan hubungan pribadi.

"Dalam situasi ekstrem, Anda membuat pilihan ekstrem," kata Diana Culi, seorang penulis, aktivis wanita dan mantan anggota parlemen untuk Partai Sosialis yang memerintah Albania.

"Mereka telah bersumpah untuk berjuang sepanjang hidup mereka untuk pembebasan negara mereka dari rezim totaliter. Kadang-kadang kita mengalami kesulitan menerima keyakinan yang kuat dalam suatu tujuan. Ini adalah pengorbanan pribadi, dan itu adalah mentalitas yang saya mengerti."

Meski begitu, beberapa warga Albania khawatir kehadiran MEK mengancam keamanan nasional.

Dua diplomat Iran diusir menyusul tuduhan tentang plot kekerasan terhadap Mujahidin, dan Uni Eropa menuduh Teheran berada di belakang konspirasi untuk membunuh lawan rezim, termasuk anggota MEK, di tanah Belanda, Denmark dan Prancis. (Kedutaan Besar Iran di Tirana menolak permintaan BBC untuk wawancara.)

Sumber yang sangat penting dalam Partai Sosialis juga prihatin bahwa badan intelijen tidak memiliki kapasitas untuk memantau lebih dari 2.500 anggota MEK yang dibekali pelatihan militer --nyaris menjadikan mereka efektif sebagai kelompok paramiliter.

"Tidak ada orang dengan otak yang akan menerimanya di sini," katanya.

Seorang diplomat mengatakan beberapa "disasosiasi" MEK jelas bekerja sebagai mata-mata untuk Iran. Gholam Mirzai dan Hassan Heyrany sendiri dituduh oleh MEK sebagai agen untuk Teheran. Itu adalah tuduhan yang mereka tolak.

Sekarang keduanya fokus pada masa depan. Dengan bantuan dari keluarga di Iran, Heyrany membuka kedai kopi, dan dia berkencan dengan seorang Albania. Pada usia 40, ia lebih muda dari kebanyakan kader MEK, dan ia tetap optimis.

5 dari 5 halaman

Rindu Keluarga

Situasi Gholam Mirzai lebih prihatin. Eks-MEK itu dalam kondisi yang tidak baik, dengan masalah kesehatan berlanjut setelah pemboman kamp MEK di Irak oleh Iran, serta kekurangan uang.

Mirzai tersiksa oleh kesalahan yang dia buat dalam hidupnya --dan sesuatu yang dia temukan ketika dia pertama kali berhubungan dengan keluarganya.

Ketika Mirzai pergi berperang melawan Irak pada 1980, ia memiliki seorang putra berusia satu bulan. Setelah Perang Iran-Irak berakhir, istri dan anggota keluarganya yang lain datang ke kamp MEK di Irak untuk mencari Mirzai. Tetapi MEK mengirim mereka pergi, dan tidak mengatakan apa-apa tentang kunjungan mereka.

Pria berusia 60 tahun itu tidak pernah tahu bahwa dia adalah ayah dan suami yang sangat dirindukan sampai dia menelepon ke rumah pertama setelah 37 tahun.

"Mereka tidak memberi tahu saya bahwa keluarga saya datang mencari saya di Irak. Mereka tidak memberi tahu saya apa pun tentang istri dan putra saya," katanya.

"Bertahun-tahun aku memikirkan istri dan putraku. Mungkin mereka meninggal dalam perang ... aku hanya tidak tahu."

Anak laki-laki yang belum pernah dilihatnya sejak ia masih bayi kini hampir berusia 40 tahun sekarang. Dan Mirzai dengan bangga menampilkan foto pria dewasa itu di id WhatsApp-nya. Tapi membuka komunikasi baru dengan keluarganya yang terasing juga menyakitkan.

"Saya bertanggung jawab atas situasi ini - perpisahan. Saya tidak bisa tidur terlalu banyak di malam hari karena saya memikirkan mereka. Saya selalu gugup, marah. Saya malu pada diri saya sendiri," kata Mirzai.

Menanggung malu bukanlah hal mudah bagi seorang pria yang telah bertubi-tubi mengalami getir lain dalam kehidupan. Dan dia hanya memiliki satu keinginan sekarang.

"Saya ingin kembali ke Iran, tinggal bersama istri dan putra saya. Itu adalah keinginan saya."

Gholam Mirzai telah mengunjungi Kedutaan Besar Iran di Tirana untuk meminta bantuan, dan keluarganya telah melobi pihak berwenang di Teheran. Dia tidak mendengar apa pun. Jadi dia menunggu --tanpa kewarganegaraan, tanpa paspor, dan memimpikan rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.