Sukses

Tidak Buruk, Melamun Ternyata Memiliki 4 Manfaat

Para ahli telah mengungkapkan bahwa melamun punya pengaruh baik terhadap kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah melamun. Bisa jadi karena pikiran yang kosong, atau ia berharap terhadap sesuatu.

Ekspetasi tersebut terkadang membuat senang, takut, sedih, ataupun berbagai emosi lainnya.

96 persen orang melamun setidaknya dalam sehari, mereka melihat dunia sebagai apa yang mereka fantasikan. Namun, hal ini hanyalah pelarian semata dari kenyataan atau mimpi tentang kehidupan.

Dan ternyata, para ahli telah mengungkapkan bahwa melamun punya pengaruh baik terhadap kehidupan. Dikutip dari Brightside pada Senin (11/11/2019) ini lah empat manfaat melamun yang baik bagi kehidupan:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membuat Lebih Pintar dan Kreatif

Menurut sebuah penelitian, orang yang melamun lebih sering melakukan lebih baik dengan tugas intelektual dan kreatif. Juga, MRI membantu untuk mengetahui bahwa fungsi otak mereka lebih efisien.

3 dari 5 halaman

2. Membantu Menyelesaikan Masalah Lebih Baik

Studi ini mengklaim bahwa selama melamun, aktivitas otak kita meningkat. Ini juga berlaku untuk area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah sulit. Otak kalian secara tidak sadar dapat beralih ke menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika kalian sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

4 dari 5 halaman

3. Membuat Rencana Lebih Baik

Orang-orang melamun lebih banyak tentang masa depan, daripada masa lalu atau masa kini. Ini membantu mereka menetapkan tujuan dan mencari cara untuk mencapainya. Mereka berpikir tentang bagaimana merencanakan masa depan dan bersiap-siap untuk itu. Dan ini tidak hanya berlaku untuk paket hari ini.

5 dari 5 halaman

4. Membuat Lebih Bahagia

Ketika kalian melamun tentang orang-orang yang dekat dengan kalian dan dengan siapa kalian memiliki hubungan yang kuat, hal ini secara positif memengaruhi kalian. Fantasi ini meningkatkan keadaan emosi kalian, membuat kalian lebih bahagia, dan memperkuat hubungan kalian dengan orang-orang ini.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.