Tidak Buruk, Melamun Ternyata Memiliki 4 Manfaat

Oleh Liputan6.com pada 11 Nov 2019, 11:31 WIB
Awas, Terlalu Sering Melamun Kualitas Hidup Retan Menurun

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah melamun. Bisa jadi karena pikiran yang kosong, atau ia berharap terhadap sesuatu.

Ekspetasi tersebut terkadang membuat senang, takut, sedih, ataupun berbagai emosi lainnya.

96 persen orang melamun setidaknya dalam sehari, mereka melihat dunia sebagai apa yang mereka fantasikan. Namun, hal ini hanyalah pelarian semata dari kenyataan atau mimpi tentang kehidupan.

Dan ternyata, para ahli telah mengungkapkan bahwa melamun punya pengaruh baik terhadap kehidupan. Dikutip dari Brightside pada Senin (11/11/2019) ini lah empat manfaat melamun yang baik bagi kehidupan:

2 of 6

1. Membuat Lebih Pintar dan Kreatif

Ternyata, 'Melamun' Bisa Membuat Memori Lebih Baik
Ternyata, beristirahat dan membebaskan pikiran bisa menjadi kunci memori yang lebih baik. Bahkan menbantu pengidap amnesia. (foto: NY Mag)

Menurut sebuah penelitian, orang yang melamun lebih sering melakukan lebih baik dengan tugas intelektual dan kreatif. Juga, MRI membantu untuk mengetahui bahwa fungsi otak mereka lebih efisien.

3 of 6

2. Membantu Menyelesaikan Masalah Lebih Baik

manfaat melamun
Manfaat melamun./Copyright shutterstock.com/g/Vanatchanan+Buahom

Studi ini mengklaim bahwa selama melamun, aktivitas otak kita meningkat. Ini juga berlaku untuk area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah sulit. Otak kalian secara tidak sadar dapat beralih ke menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika kalian sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

4 of 6

3. Membuat Rencana Lebih Baik

Melamun. Foto: mnn
Melamun. Foto: mnn

Orang-orang melamun lebih banyak tentang masa depan, daripada masa lalu atau masa kini. Ini membantu mereka menetapkan tujuan dan mencari cara untuk mencapainya. Mereka berpikir tentang bagaimana merencanakan masa depan dan bersiap-siap untuk itu. Dan ini tidak hanya berlaku untuk paket hari ini.

5 of 6

4. Membuat Lebih Bahagia

[Bintang] 3 Hal yang Biasa Terjadi Beberapa Hari Setelah Putus Cinta
Bangun tidur, melamun dulu di kasur sambil mainin rambut. (Via: youtube.com)

Ketika kalian melamun tentang orang-orang yang dekat dengan kalian dan dengan siapa kalian memiliki hubungan yang kuat, hal ini secara positif memengaruhi kalian. Fantasi ini meningkatkan keadaan emosi kalian, membuat kalian lebih bahagia, dan memperkuat hubungan kalian dengan orang-orang ini.

 

Reporter: Windy Febriana

6 of 6

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓